KUATKAN DAN TEGUHKAN HATIMU

RENUNGAN HARIAN 6182 Kali Dibaca

Renungan harian hari ini 13 Januari 2014 adalah “Kuatkan Dan Teguhkan Hatimu”. Sebelum membaca renungan ini mari kita berdoa.

Doa: Tuhan Yesus saat kami membaca renungan ini, buatlah kami mengerti akan kebenaran FirmanMu, supaya oleh kebenaran FirmanMu kami tetap kuat dan teguh berdiri dengan pengharapan yang hanya tertuju kepadaMu, tolong kami Tuhan supaya supya hidup kami terus berkenan dihadapanMu, dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa dan kami bersyukur, haleluya. Amin.

Ada peringatan Tuhan yang harus ditanggapi dengan serius oleh setiap orang percaya, atau oleh setiap anak-anak Tuhan sebab bila peringatan ini tidak ditanggapi dengan serius maka akan berdampak pada kehidupan anak-anak Tuhan yang bisa menjadi lemah dan jatuh kedalam berbagai-bagai pencobaan.

Firman Tuhan katakan dalam Mazmur 31:25 Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu, hai semua orang yang berharap kepada TUHAN!, kebenaran inilah yang saya maksudkan menjadi peringatan untuk semua orang percaya, dimana setiap orang percaya harus meresponi peringatan ini dengan serius.

Kenapa harus ditanggapi atau diresponi dengan serius ?. Karena hidup sebagai orang percaya adalah hidup yang seharusnya hanya memiliki satu fokus yaitu berharap kepada Tuhan. Berharap kepada Tuhan itu bukan berarti perjalanan hidup kita sebagai orang bercaya akan berjalan mulus tanpa hambatan apapun, sebab dalam kebenaran ini kita juga sudah diingatkan pada kalimat sebelumnya bahwa, Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu, artinya hambatan masih tetap ada, persoalan masih tetap ada tetapi kita tahu benar kepada siapa kita berharap dan kita percaya. Di dalam berharap kepada Tuhan Fokus hidup orang percaya harus benar yaitu memiliki fokus hidup yang hanya ditujukan kepada Tuhan.

Orang percaya yang berharap kepada Tuhan dengan fokus hidup yang hanya ditujukan hanya kepada Tuhan, bukan berarti semata-mata hanya mengharapkan mujizat Tuhan dan berkat-berkat Tuhan yang bisa memenuhi setiap kebutuhan jasmani yang diuperlukan, dalam hal ini makan minum dan segala kesenangan hidup. Tetapi fokus hidup sebagai orang percaya yang ditujukan kepada Tuhan adalah bagaimana kita bisa hidup hanya untuk melakukan apa yang menjadi kehendak Tuhan. Jadi arah hidup setiap orang percaya seharusnya sudah tidak lagi tertuju kepada hal-hal yang menyangkut kepentingan diri sendiri, tetapi yang harus di dipikirkan oleh setiap orang percaya atau orang kristen adalah setiap langkah hidup kita, baik itu tindakan, perbuatan, perkataan, sikap hati, pikiran dan perasaan kita, semuanya itu hanya untuk menyukakan Tuhan atau dengan kata lain hidup kita harus sesuai dengan selera Tuhan.

Hidup sesuai dengan selera Tuhan ini adalah hidup yang benar-benar benar, dan itu bukan hal yang mudah. Kenapa ?, karena sudah terlalu lama kita dibentuk oleh dunia dengan cara hidup dunia, baik itu pola pikir, perkataan, sikap, tindakan, perbuatan, pikiran serta perasaan, semuanya begitu kental dengan gaya hidup dunia. Cara hidup seperti inilah yang membuat seringkali tindakan kita melukai orang lain, merugikan orang lain, menyinggung orang lain, sakit hati terhadap orang lain, dan masih banyak hal lainnya yang kita lakukan, semuanya tidak sesuai selera Tuhan tetapi hal itu kita menganggapnya sebagai sesuatu yang wajar, dan cara hidup seperti inilah yang melukai hati Tuhan.

Hal inilah yang membuat seringkali saya katakan berulangkali bahwa hidup sebagai orang percaya sesungguhnya bukanlah sebuah kehidupan yang mudah, karena saat seseorang telah mengaku percaya kepada Kristus berarti ia sudah harus memindahkan fokus hidupnya, artinya fokus hidupnya saat ini sudah tidak lagi tertuju kepada perkara-perkara dunia dengan segala kepentingannya, tetapi segenap hidupnya harus berfokus pada Tuhan dan KerajaanNya.

Kalau fokus hidup setiap orang percaya sudah diarahkan kepada Tuhan dan kerajaanNya, berarti setiap orang percaya harus  melepaskan dirinya dari ikatan dunia, baik itu cara berpikirnya, sikap hidupnya, perkataannya, perbuatannya, pikiran perasaannya, semuanya harus dimatikan. Kenapa ?, karena kalau kita masih terikat dengan dunia ini berarti pengharapan kita bukan kepada Tuhan tetapi kepada dunia. Jadi sekali lagi saya harus katakan dengan jujur bahwa hidup seperti ini tidaklah mudah, itulah sebabnya Firman Tuhan ingatkan kita untuk tetap memandang kepada Tuhan, untuk tetap ingat kepada penderitaan Tuhan Yesus, Ibrani 12:3 Ingatlah selalu akan Dia, yang tekun menanggung bantahan yang sehebat itu terhadap diri-Nya dari pihak orang-orang berdosa, supaya jangan kamu menjadi lemah dan putus asa.

Ketika pengharapan setiap anak-anak Tuhan hanya diarahkan kepada Tuhan, maka apapun yang Tuhan mau, apapun yang Tuhan kehendaki, apapun yang menjadi selera Tuhan, harus kita turuti, dan hal ini tidak mudah, itulah sebabnya Firman Tuhan katakan kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu hai semua orang yang berharap kepada Tuhan. Kenapa ?, karena Tuhan tahu benar bahwa manusia itu memiliki kehendak bebas, jadi akan sulit melepaskan dirinya dari ikatan dunia yang sudah begitu kuat mengikat setiap kita, setiap orang percaya, setiap anak-anak Tuhan.

Dikatakan kuatkanlah, artinya kalau kita mau mengikut Tuhan jangan lemah tetapi kita harus memaksa diri kita untuk menjadi kuat dan tetap bertahan dari berbagai godaan dunia yang datang. Teguhkanlah hatimu, artinya kita harus tetap percaya dan jangan bimbang saat kita sudah mengambil keputusan untuk mengikut cara hidup Kristus, kita harus teguhkan hati kita, artinya tetap pada pendirian untuk berani percaya bahwa mengikut Tuhan pada akhirnya kita akan keluar sebagai pemenang. Inilah sebenarnya perlombaan yang diwajibkan untuk semua orang percaya itu.

Kenapa Tuhan mau supaya kita harus tetap kuatkan dan teguhkan hati kita ?. Karena Tuhan tahu benar bahwa saat kita mengambil keputusan untuk memindahkan fokus hidup kita dari dunia ini dan mengarahkan fokus hidup kita hanya kepada Tuhan dan kerajaanNya, maka kita akan selalu ada didalam bahaya dimana iblis akan selalu berusaha untuk mencari cela dari setiap gerak hidup kita yang salah supaya ia bisa menjatuhkan kita bahkan menyeret kita kedalam kebinasaan.

Orang yang berani percaya kepada Kristus dan mau mengikuti cara hidup Kristus adalah orang-orang yang berani untuk hidup dalam penderitaan sama seperti Kristus, berani untuk menyangkal diri dan memikul salib, dan tidak lagi tertarik kepada dunia ini dengan segala keingin dan kesenangannya. Inilah fokus hidup orang percaya yang benar, karena walaupun untuk sementara waktu kita harus masuk dalam penderitaan ringan, tetapi akhir dari semua itu ada sukacita dan damai sejahtera Allah yang akan kita terima.

Firman Tuhan katakan dalam Yohanes 16:33 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.” Jadi walaupun kita harus menderita untuk seketika lamanya, tetapi kita tahu bahwa kita pasti menjadi orang-orang yang berkemenangan didalam Kristus.

Ingat pesan ini:

  1. Berdirilah teguh dan jangan goyah, sebab Tuhan itu setia dengan janjiNya.
  2. Kalau kita harus masuk dalam penderitaan ringan untuk seketika lamanya, ingat bahwa dalam perjuangan kita melawan dosa belum sampai mencucurkan darah.
  3. Hanya orang yang kuat serta berpegang teguh pada pengharapan didalam Tuhan akan keluar sebagai pemenang dalam perlombaan yang diwajibkan kepada semua orang percaya.

Jika engkau diberkati dengan kebenaran ini, maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi. renunganhariini.com

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , , ,

Related For KUATKAN DAN TEGUHKAN HATIMU