MANUSIA LAMA DAN MANUSIA BARU

RENUNGAN HARIAN 8390 Kali Dibaca

Renungan Harian Kristen – Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Manusia Lama Dan Manusia Baru, akan menjadi tema renungan kita saat ini. Tanpa kita sadari, dalam menjalani hidup ini sebagai orang percaya atau sebagai anak-anak Tuhan yang terus bertumbuh didalam pengenalan akan Tuhan dengan benar, maka kita akan sampai pada satu titik dimana kita selalu diperhadapkan pada dua gairah yang berbeda yang ada didalam diri setiap kita sebagai orang percaya, yaitu gairah manusia lama dan manusia baru.

Gairah Manusia Lama

Gairah manusia lama kita akan selalu identik dengan keinginan dagaing, atau manusia daging, dimana hasrat hati dan pikiran kita akan selalu dikuasai oleh kedagingan. Hal ini yang sering dikatakan “dikuasai oleh keinginan daging”.

Gairah manusia lama yang dikuasai oleh keinginan daging inilah yang seharusnya tidak boleh lagi ada dalam kehidupan kita sebagai orang percaya, jika kita mau terus bertumbuh di dalam Tuhan. Jelas hal ini menjadi sebuah medan peperangan rohani bagi kita, karena untuk mematikan segala bentuk kedagingan yang sudah terlanjur tertanam dalam hati dan pikiran kita atau di dalam kehidupan kita selama bertahun-tahun, tidak akan mungkin bisa dimatikan dalam waktu yang singkat, jadi perlu perjuangan keras.

Paulus sendiri mengungkapkan pergumulannya untuk melepaskan manusia lama ini dalam II Korintus 5:4 Sebab selama masih diam di dalam kemah ini, kita mengeluh oleh beratnya tekanan, karena kita mau mengenakan pakaian yang baru itu tanpa menanggalkan yang lama, supaya yang fana itu ditelan oleh hidup.

Didalam tulisannya yang lain Paulus mengungkapkannya di dalam Roma 7:21 Demikianlah aku dapati hukum ini: jika aku menghendaki berbuat apa yang baik, yang jahat itu ada padaku. 7:22 Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah, 7:23 tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku.

Itulah kenapa sebagai anak-anak Tuhan yang mau bertumbuh terus dalam pengenalan akan Tuhan dengan benar, maka kita harus berjuang dengan keras untuk bisa menanggalkan manusia lama kita, yang hanya akan membawa kita kepada kebinasaan, sebab segala sesuatu yang berasal dari keinginan daging pada akhirnya akan binasa.

Itulah kenapa firman Tuhan katakan di dalam Efesus 4:22 yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan,

Disinilah sebagai orang percaya kita harus benar-benar menyadari akan hal ini. Dan hal inilah yang seharusnya menjadi pergumulan berat bagi setiap kita sebagai orang percaya, dan pergumulan ini biasanya akan dihadapi oleh orang-orang yang benar-benar haus dan lapar akan kebenaran Allah.

Manusia Lama Dan Manusia Baru

Renungan Harian Kristen : Manusia Lama Dan Manusia Baru | renunganhariini.com

Gairah Manusia Baru

Perjuangan melawan segala bentuk gairah manusia lama yang penuh dengan keinginan daging memiliki tujuan, supaya manusia lama kita, bisa kita tanggalkan dan kita hidup mengenakan manusia baru atau menjadi ciptaan baru, dimana kita hidup didalam Kristus, artinya kita harus mulai mengenakan pikiran dan perasaan Kristus didalam seluruh gerak hidup kita.

Firman Tuhan katakan didalam II Korintus 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Artinya untuk bisa hidup menjadi manusia baru maka kita tidak punya pilihan lain, selain harus menanggalkan manusia lama kita, dan mulai mengenakan manusia baru yang dipimpin oleh Roh, dan saat kita ada dalam pimpinan Roh, maka kita akan dimampukan untuk mengenakan pikiran dan perasaan Kristus.

Saat kita memberi diri hidup dalam pimpinan Roh, maka pembaharuan pikiran akan terjadi dalam hidup kita. Kalau di dalam Efesus 4:23, dikatakan kita harus menanggalkan manusia lama, supaya kita bisa dibaharui.

Inilah yang dimaksudkan Firman Tuhan di dalam Efesus 4:23 supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, 4:24 dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.

Kalau kita mau dibaharui di dalam Roh, maka kita harus mau menyerahkan seluruh hidup kita menjadi milik Tuhan sepenuhnya, dimana kita tidak lagi berhak atas hidup kita tetapi Allah berhak sepenuhnya atas hidup kita, dan disinilah kita baru bisa menyadari bahwa kita telah menjadi milik Kristus.

Firman Tuhan katakan di dalam Galatia 5:24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. 5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,

Menyalibkan daging yang dimaksudkan didalam ayat ini adalah, kita harus menanggalkan atau melepaskan segala bentuk hasrat hati dan keinginan, serta hawa nafsu dunia dan kesenangannya yang hanya akan menuntun kita kepada kebinasaan.

Itulah kenapa jika kita ingin diselamatkan di dalam Kristus, maka kita tidak boleh lagi hidup penuh dengan gairah manusia lama, tetapi harus hidup dalam gairah manusia baru yang selalu memberi diri untuk hidup dalam pimpinan Roh.

Ingat kalau kita masih mau hidup dalam gairah manusia lama yang dikuasai oleh keinginan daging maka pada akhirnya kita akan binasa, tetapi apabila kita memberi diri terus dipimpin oleh Roh, dan mengenakan manusia baru maka pada akhirnya kita akan dilayakkan masuk dalam kerajaan Bapa di Sorga.

Jangan lupa untuk membaca juga : Memiliki Pribadi Kristus

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: ,

Related For MANUSIA LAMA DAN MANUSIA BARU