MASUK MELALUI PINTU YANG SEMPIT

RENUNGAN HARIAN 1963 Kali Dibaca

Syalom sahabat renunganhariini.com yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Sebagai orang percaya kita tentu memiliki pengharapan untuk suatu saat nanti bisa berada dalam kerajaan Bapa di Sorga. Untuk merealisasikan keinginan kita ini tentu semua orang percaya akan mengarahkan pandangannya kepada apa yang dinamakan kasih karunia, sehingga pada umumnya orang akan berpikir keslamatan itu sudah ia miliki.

Benar bahwa orang yang percaya pada Allah didalam Tuhan Yesus Kristus menerima janji keselamatan karena kasih karunia yang Bapa berikan, tetapi yang perlu digarisbawahi bahwa ternyata masih ada pernyataan Tuhan Yesus yang seharusnya membuat orang percaya harus berpikir dengan jernih apakah semua orang percaya akan otomatis masuk kedalam Kerajaan Bapa di Sorga ?.

Firman Tuhan katakan didalam Lukas 13:20 Dan Ia berkata lagi: “Dengan apakah Aku akan mengumpamakan Kerajaan Allah? 13:21 Ia seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya.” 13:22 Kemudian Yesus berjalan keliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa sambil mengajar dan meneruskan perjalanan-Nya ke Yerusalem. 13:23 Dan ada seorang yang berkata kepada-Nya: “Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?” 13:24 Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: “Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat.

Mari perhatikan perkataan Tuhan Yesus pada ayat 24 bahwa “berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu” ini artinya ada sebuah pesan dibalik kalimat ini bahwa tidak akan semua orang bisa masuk begitu saja kedalam Kerajaan Sorga, dan untuk masuk kedalam Kerajaan Sorga ternyata butuh perjuangan.

Lalu pada kalimat terakhir dikatakan lagi “Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat” artinya tidak semua orang akan dengan mudah masuk Kerajaan Sorga?.

masuk melalui pintu yang sempit

Sekarang mungkin bagi orang-orang yang tidak mau menerima pernyataan ini, karena sudah beranggapan bahwa kasih karunia itu sudah cukup untuk masuk Sorga akan timbul pertanyaan: “bukankah firman Tuhan sudah katakan bahwa barang siapa yang percaya kepada Tuhan Yesus tidak binasa, melainkan memperoleh hidup yang kekal?” Benar, akan tetapi yang dimaksudkan dengan siapa yang percaya kepada Tuhan Yesus, itu artinya orang tersebut harus hidup sama seperti cara hidupnya Tuhan Yesus.

Itulah kenapa firman Tuhan katakan bahwa, kerjakanlah keselamatanmu dengan takut dan gentar. Inilah yang berulangkali saya ingatkan supaya kita tidak bermain-main dengan keselamatan, karena untuk perkara yang satu ini merupakan hal yang sangat mengerikan.

Sebagai orang percaya kita harus menyadari bahwa ada model manusia yang Bapa inginkan bisa masuk dalam kerajaan Sorga, dan model manusia yang Bapa inginkan adalah model manusia seperti Tuhan Yesus, dan inilah harga mati dan tidak bisa ditawar lagi, itulah kenapa firman Tuhan katakan “kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak ada seorangpun yang bisa melihat Tuhan”.

Ini adalah kebenaran yang harus kita patuhi, artinya kita tidak bisa mengambil hanya ayat per ayat saja yang seakan-akan memberi gambaran bahwa masuk Kerajaan Sorga itu gampang. Kalau masuk Kerajaan Sorga itu gampang firman tidak akan pernah berkata “kuduslah kamu sebab Aku kudus”.

Saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, saya harus berani berkata jujur saat ini walaupun mungkin saudara akan merasa terganggu dan tidak ingin menerima perkataan ini, bagi saya bukan masalah karena sebagai hamba Tuhan tugas dan tanggung jawab saya adalah mengingatkan saudara dengan menyampaikan kebenaran yang murni.

saya ingin katakan bahwa kalau kita tidak sungguh-sungguh hidup sama seperti Kristus hidup maka pasti kita akan menjadi sampah abadi didalam neraka di kekekalan, dan itu yang membuat sampai saat ini saya gentar, bahkan saya terus memaksa diri saya untuk berjuang supaya setiap saat didapatkan berkenan.

Saya mengerti ini berat karena kita manusia yang masih memiliki keinginan daging dan hawa nafsu, tetapi kalau orang percaya tidak berani mengambil keputusan untuk mematikan kedagingannya dan hawa nafsunya, maka ia tidak akan mungkin bisa hidup sama seperti Kristus hidup.

Sebaliknya orang percaya yang mau meresponi perintah Tuhan ini, mungkin sebagai manusia hal itu tidak mungkin akan dicapai, tetapi karena Tuhan yang katakan “kuduslah kamu sebab Aku kudus” itu artinya Tuhan akan menolong memberikan kekuatan bagi mereka yang mau hidup dalam kekudusanNya, supaya pada akhirnya akan didapatkan berkenan dihadapan Bapa di Sorga.

Jangan lupa untuk membaca juga renungan harian tentang Kanvas Kehidupan Baru

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: , ,

Related For MASUK MELALUI PINTU YANG SEMPIT