MATA HATI ROHANI YANG DIBUTAKAN OLEH KEKAYAAN DUNIA

RENUNGAN HARIAN 1810 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan HarianMata Hati Rohani Yang Dibutakan Oleh Kekayaan Dunia. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan hari ini adalah, Mata Hati Rohani Yang Dibutakan Oleh Kekayaan Dunia.

Saudaraku, sebagai orang percaya kita harus sungguh-sungguh waspada terhadap keinginan hati kita akan kekayaan dunia, sebab apabila kita tidak mewaspadainya maka akibat dari berbagai keinginan yang timbul dalam hati kita tersebut, yang terjadi kemudian adalah berbagai keinginan hati itu akan membuat mata hati rohani kita dibutakan oleh kekayaan dunia.

Akibat dari mata hati rohani kita yang dibutakan oleh kekayaan dunia, akan membuat kita menjadi orang yang tamak. Hal ini saya sampaikan karena ketamakan itu biasanya timbul dari ambisi dan keinginan hati yang tidak dapat dibendung, karena ingin memiliki kekayaan dunia.

Sebagai orang percaya kita harus tetap sadar bahwa hidup kita tidaklah tergantung terhadap kekayaan tersebut, karena kekayaan itu tidak akan dapat membawa kita ke sorga. Itulah kenapa Tuhan Yesus menesehatkan kita untuk berjaga-jaga dan harus waspada, dan hal itu ditulis dalam kebenaran firmanNya di dalam;

Lukas 12:15 Kata-Nya lagi kepada mereka: “Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu.”

Mata Hati Rohani Yang Dibutakan Oleh Kekayaan Dunia

Mata Hati Rohani Yang Dibutakan Oleh Kekayaan Dunia

Kalau dikatakan hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu , kalimat ini sesungguhnya sedang berbicara bukan tentang kehidupan saat ini, akan tetapi yang dimaksudkan dari kalimat ini adalah menunjuk kepada kehidupan yang akan datang atau kehidupan kekal.

Dalam kebenaran ini Tuhan Yesus mengingatkan kita karena Ia tahu benar akan bahayanya bila orang percaya terpikat dengan keinginan kekayaan dunia yang akhirnya akan berdampak pada kebinasaan. Itulah kenapa Tuhan Yesus juga menyampaikan ini kepada murid-muridnya seperti yang ditulis di dalam;

Matius 19:23 Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sukar sekali bagi seorang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga.

Bahkan pada ayat yang lain digambarkan, lebih mudah seekor unta melewati lobang jarum, dari pada seorang kaya masuk Kerajaan Allah, dan itu ditulis di dalam;

Markus 10:25 Lebih mudah seekor unta melewati lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah.”

Seperti yang sudah katakan tadi bahwa kebenaran ini tidak sedang berbicara tentang hidup hari ini, tetapi menunjuk kepada kehidupan kekal, dan itulah yang dijelaskan dalam ayat di atas yaitu; sesungguhnya sukar sekali bagi seorang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga

Saudaraku, membaca kebenaran ini, dan mengerti kebenaran ini, seharusnya kita tidak boleh masa bodoh atau menutup mata terhadap kebenaran ini, karena kalau kita tidak memperhatikan kebenaran ini dengan serius maka pada akhirnya mata hati rohani kita akan tertutup atau dibutakan oleh karena ambisi dan keinginan akan kekayaan dunia, dan sekali lagi saya harus berkata dengan jujur bahwa ini sangat berbahaya.

Hal ini perlu kita wapadai, karena kekayaan dunia sesungguhnya memiliki tipu daya yang sangat kuat, dimana tanpa disadari akan mampu membuat banyak orang menjadi lupa diri termasuk didalamnya banyak orang percaya atau anak-anak Tuhan, sehingga akan sangat mudah untuk terbuai didalamnya, dan hal inilah yang akan membuat mata hati rohani kita dibutakan dan tidak akan mampu melihat kebenaran Allah.

Kalau orang percaya sudah tidak mampu lagi melihat akan kebenaran Allah maka seperti yang firman Tuhan katakan bahwa, injil itu tertutup untuk mereka yang akan binasa, dan itulah yang dikatakan dalam;

II Korintus 4:3 Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa, 4:4 yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.

Itulah kenapa orang percaya atau anak-anak Tuhan, harus sungguh-sungguh waspada terhadap hal yang satu ini, sebab akibat dari ambisi dan keinginan akan kekayaan dunia, akan membuat banyak orang tidak akan mampu lagi melihat cahaya injil tentang kemuliaan Kristus yang adalah gambaran Allah seperti yang firman Tuhan katakan diatas, dan bila hal ini terjadi maka dapat dipastikan perjalanan kehidupan orang-orang seperti ini sedang berada di jalur kebinasaan.

Orang percaya yang memiliki pengharapan akan keselamatan di dalam Tuhan Yesus Kristus seharusnya sudah tidak lagi mengarahkan pikirannya kepada perkara-perkara dunia, yang sifatnya hanya sementara dan sama sekali tidak memiliki nilai kekekalan.

Oleh sebab itu firman Tuhan mengingatkan kita bahwa jikalau kita akan dibangkitkan bersama dengan Kristus maka pikirkanlah perkara yang diatas dan bukan yang dibumi, seperti ditulis dalam;

Kolose 3:1 Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. 3:2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.

Jadi disini jelas bahwa sebagai orang percaya yang benar-benar merindukan Kerajaan Allah, maka kita harus mengambil keputusan untuk mematikan semua keinginan, dan kehendak diri yang sia-sia. Karena itu firman Tuhan juga mengingatkan kita didalam;

Amsal 23:4 Jangan bersusah payah untuk menjadi kaya, tinggalkan niatmu ini. 23:5 Kalau engkau mengamat-amatinya, lenyaplah ia, karena tiba-tiba ia bersayap, lalu terbang ke angkasa seperti rajawali.

Pada ayat firman Tuhan yang lain kita juga diingatkan bahwa ingin kaya hanya akan membuat kita jatuh kedalam pencobaan, ke dalam jerat, dan berbagai-bagai nafsu yang hampa.

I Timotius 6:9 Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.

Mengerti akan kebenaran ini seharusnya membuat kita lebih sungguh-sungguh dan serius untuk memeriksa diri, jangan-jangan mata hati rohani kita telah dibutakan oleh kekayaan dunia. Kiranya kebenaran ini memberkati kita semua. Amin.

Baca Juga Renungan :

Merasa Cukup Dengan Apa Yang Ada Pada Kita

Artikel by Frank Tutu | Copyright © 2015 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: ,

Related For MATA HATI ROHANI YANG DIBUTAKAN OLEH KEKAYAAN DUNIA