MELEPASKAN DIRI DARI KETERIKATAN DENGAN DUNIA

RENUNGAN HARIAN 2954 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan HarianMelepaskan Diri Dari Keterikatan Dengan Dunia. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Renungan hari ini adalah, Melepaskan diri dari keterikatan dengan dunia.

Saudaraku, kita harus terus menyadari bahwa hidup kita ini sepenuhnya milik Tuhan, dan kalau kita sadar bahwa hidup kita ini sepenuhnya milik Tuhan maka sebagai orang percaya kita harus mengambil keputusan penting untuk masa depan kehidupan kita nanti di dalam kekekalan yaitu, kita tidak boleh lagi membiarkan diri kita terikat lagi dengan dunia yang kita pikirkan hal itu bisa memberi kesenangan hidup.

Orang percaya harus mengikatkan dirinya hanya dengan Tuhan, dan Tuhan harus menjadi satu-satunya pokok penyembahan, dan pokok kesenangan, selama kita masih hidup di dunia ini. Orang yang masih membiarkan dirinya terikat dengan berbagai kesenangan dunia, sama dengan orang yang hidup melakukan penyembahan berhala.

Keterikatan dengan dunia bisa dalam bentuk apapun, termasuk terikat dengan apa yang kita miliki, dan yang kita anggap itu yang paling berharga bagi kehidupan kita misalnya, uang, mobil, rumah, harta kekayaan yang lainnya, istri, anak-anak, serta berbagai kesenangan diri yang melingkupi hobi kita.

Melepaskan Diri Dari Keterikatan Dengan Dunia

Renungan Harian Kristen : Melepaskan Diri Dari Keterikatan Dengan Dunia

Hal-hal itu semua bisa menjadi jerat yang akan membuat kita semakin terikat dengan dunia, dan jikalau itu terjadi dan kita tidak pernah menyadarinya, maka itu sama halnya dengan kita telah menduakan Tuhan. Firman Tuhan katakan di dalam;

Lukas 14:26 “Jikalau seorang datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapanya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.

Kebenaran ini hendak mengajarkan kepada kita bahwa Tuhanlah yang harus diutamakan atau yang terutama dalam hidup kita, melebihi apapun yang kita sukai, yang kita cintai, yang kita sayangi, yang kita anggap itu bisa menyenangkan hati kita.

Mengutamakan Tuhan lebih dari apapun, sama dengan kita sedang merangkai masa depan kehidupan kita di dalam kekekalan. Itulah kenapa dari segala hal yang kita anggap itu menyenangkan, kita harus melepaskan diri dari semuanya itu, dan hanya mengarahkan hidup kita untuk terus belajar mengerti apa yang menjadi kehendak Tuhan yang harus kita lakukan selama kita masih hidup di dunia ini.

Bagi orang-orang yang masih membiarkan dirinya terikat dengan dunia ini, terikat dengan kesenangan diri, dengan harta kekayaan, dan tidak berusaha untuk melapaskan ikatan itu, maka dapat dipastikan bahwa hidupnya saat ini ada dalam bahaya. Itulah kenapa firman Tuhan katakan di dalam;

Markus 10:25 Lebih mudah seekor unta melewati lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah.”

Kebenaran ini seharusnya menyadarkan kita sebagai orang percaya supaya kita lebih mawas diri, artinya kita harus sadar bahwa semakin banyak kita memiliki apa yang merupakan kesenangan baik itu harta kekayaan dan lainnya, maka akan semakin sulit kita melepasakan diri dari semua ikatan itu. Itulah kenapa firman Tuhan menasehatkan kita seperti yang di tulis di dalam;

I Timotius 6:17 Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati. 6:18 Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi 6:19 dan dengan demikian mengumpulkan suatu harta sebagai dasar yang baik bagi dirinya di waktu yang akan datang untuk mencapai hidup yang sebenarnya.

Jadi saat ini sebagai orang percaya kita semakin mengerti bahwa lebih dari apapun yang menyenangkan bagi kita di dunia ini, semuanya itu hanya sementara. Oleh sebab itu kita harus benar-benar mengumpulkan bagi kita suatu harta yang tak dapat dirusak oleh apapun yaitu melepaskan diri dari keterikatan dengan dunia dan mengikatkan diri dengan Tuhan dalam seluruh gerak hidup kita, karena inilah harta kekal yang sangat berarti bagi kita menuju kehidupan yang sebenarnya. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Jangan lupa baca juga renunngan :

Dunia Hanyalah Tempat Persinggahan Sementara

Artikel by Frank Tutu | Copyright © 2015 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: ,

Related For MELEPASKAN DIRI DARI KETERIKATAN DENGAN DUNIA