MEMAHAMI KEBENARAN BATINIAH

RENUNGAN HARIAN 2175 Kali Dibaca

Renungan Harian – Kamis, 5 Februari 2015. Memahami Kebenaran Batiniah.

Syalom saudaraku yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus. Kita harus benar-benar mengerti dan memahami kebenaran batiniah yang dikehendaki oleh Allah. Lalu sebenarnya apa tujuan yang sesungguhnya dari pemahaman kita tentang kebenaran batiniah ini. Tujuannya hanya satu yaitu, supaya manusia batiniah kita ini ditemukan atau didapatkan Tuhan berkenan dihadapan-Nya.

Firmana Tuhan katakan didalam, I Petrus 3:4 tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah.

Berbicara mengenai manusia batiniah artinya berbicara mengenai sikap hati yang benar, sikap hati yang berkenan dihadapan Tuhan, sikap hati yang tidak lagi memusingkan segala perkara-perkara duniawi yang dapat binasa. Sebab yang Tuhan mau kita harus memiliki sikap hati yang berkenan sesuai kehendak-Nya. Inilah yang harus menjadi perhiasan kehidupan kita selama kita masih menumpang didunia ini.

Manusia modern saat ini selalu berusaha untuk menghiasi kehidupan mereka dengan berbagai hal yang dapat dilihat oleh mata setiap orang, perhiasan-perhiasan yang hanya bersifat sementara dan akan musnah. Sebagai orang percaya kita harus menyadari bahwa perhiasan manusia batiniah kita yang berkenan dihadapan Allah lebih berharga dari apapun, sebab inilah perhiasan yang tidak binasa dan berharga dimata Tuhan.

Untuk memahami kebenaran batiniah yang berkenan dihadapan Tuhan bukanlah hal yang mudah, sebab selama kita masih terikat dengan percintaan dunia maka pemahaman kita akan manusia batiniah yang berkenan menjadi tersembunyi. Satu-satunya cara supaya kita bisa memahami kebenaran batiniah yang berkenan dihadapan Tuhan adalah:

  1. Kita harus melepaskan diri dari keterikatan dengan percintaan dunia.
  2. Kita harus menjadikan Tuhan sebagai satu-satunya sumber kesenangan kita.
  3. Kita harus rela memberi diri dibelenggu oleh Tuhan setiap saat.
  4. Kita harus menempatkan Tuhan sebagai yang terutama dalam seruluh aspek kehidupan kita.
Memahami Kebenaran Batiniah

Ilustrasi : Renungan Harian – Memahami Kebenaran Batiniah

Firman Tuhan katakan didalam, II Korintus 4:16 Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.

Memiliki sikap hati seperti inilah yang Tuhan mau, artinya dari hari ke hari kita hanya berusaha terus untuk memperbaharui manusia batiniah kita, dan untuk memperbaharui manusia batiniah tidak ada cara lain, selain kita harus terus mengisi bejana hati dan pikiran kita dengan kebenaran Allah.

Kebenaran Allah akan membuka mata hati kita untuk mengerti akan kehendak-Nya, sebab selama kita hidup didunia ini kita harus hidup hanya untuk melakukan kehendak-Nya dan menyelesaikan pekerjaan-Nya. Hal inilah yang telah Tuhan Yesus tunjukan kepada kita selama Ia berada didunia sebagai manusia.

Hidup manusia didunia ini tidak abadi, karena masa hidup manusia didunia ini sangat singkat yaitu hanya tujuh puluh tahun, sebab bila lebih dari tujuh puluh tahun maka kebanggaannya hanyalah kesukaran dan penderitaan.

Firman Tuhan katakan dalam Mazmur 90:10 Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan; sebab berlalunya buru-buru, dan kami melayang lenyap.

Ini artinya disinggkat umur hidup kita di dunia ini betapa kita harus sungguh-sungguh memperkarakan seganap hidup kita dengan Tuhan, dimana kita mau terus belajar mengerti apa yang menjadi kehendak Tuhan, sebab untuk mengerti akan kehendak Tuhan bukan persoalan yang mudah, tetapi sebaliknya Tuhan akan memampukan kita untuk mengerti akan kehendakNya jika kita terus melekat pada Dia.

Sebagai orang percaya kita harus memandang hidup ini dengan satu tujuan yaitu dalam hari-hari hidup kita yang masih tersisa ini, tidak ada lagi keinginan hati yang melekat kepada dunia karena tujuan hidup kita sebagai orang percaya hanyalah diterima dalam Kerajaan Bapa di sorga.

Inilah yang harus menjadi fokus utama kehidupan kita, sebab pada akhirnya kita akan masuk dalam kehidupan yang tak berujung yaitu kehidupan kekal. Jadi mulai saat ini berhentilah menaruh hati kepada kesenangan dunia, tetapi berjuanglah supaya hari-hari hidup kita yang masih tersisa ini kita ditemukan Tuhan layak dan berkenan menjadi anak-anakNya didalam Kerajaan-Nya di sorga.

Jangan lupa untuk simak juga : Harus Terus Menguji Diri

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: , ,

Related For MEMAHAMI KEBENARAN BATINIAH