MEMBANGUN CARA BERPIKIR SEPERTI KRISTUS

RENUNGAN HARIAN 2685 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan Harian – Membangun Cara Berpikir Seperti Kristus. Shalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan kita saat ini adalah; Membangun Cara Berpikir Seperti Kristus.

Saudaraku kita harus benar-benar menyadari bahwa membangun mindset atau cara berpikir yang sama seperti Kristus bukanlah hal yang mudah. Saya katakan bukan hal yang mudah karena sudah terlalu lama kita memiliki mindset atau pola pikir dunia, dan untuk merubahnya tidak bisa secara instan atau otomatis.

Tetapi dalam hal ini kita tidak bisa menghindar dari hal yang satu ini, atau dengan kata lain kita tidak bisa hidup sebagai orang percaya tanpa mengenakan pikiran Kristus. Itulah kenapa firman Tuhan ingatkan kita supaya kita mengenakan pikiran dan perasaan Kristus.

Filipi 2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,

2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,

2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.

Untuk merubah mindset kita yang sudah terlanjur tercemari oleh cara berpikir dunia, lalu mengenakan pikiran dan perasaan yang sama seperti Kristus, perlu perjuangan dan kerja keras, dan proses pembaharuan pikiran itu harus terjadi setiap hari.

Itulah kenapa setiap orang percaya harus benar-benar mengenal kebenaran seperti yang Tuhan kehendaki, supaya proses pembaharuan itu bisa terjadi setiap hari. Untuk mengenal kebenaran yang benar sesuai dengan apa yang Tuhan kehendaki maka setiap kita harus masuk dalam proses belajar kebenaran dengan tekun setiap hari.

Renungan Harian Kristen : Membangun Cara Berpikir Seperti Kristus

Renungan Harian Kristen : Membangun Cara Berpikir Seperti Kristus | Renunganhariini.com

Kalau kita memperhatikan kebenaran firman Tuhan diatas, ada satu kebenaran yang menjadi landasan supaya kita bisa mengalami pembaharuan pikiran yaitu, kita harus menanggalkan cara hidup kita yang lama. Sebab cara hidup kita yang lama adalah cara hidup dunia yang tidak mungkin berjalan seiring dengan gaya hidup kita yang baru yaitu gaya hidup yang sama seperti Tuhan Yesus.

Cara hidup yang lama harus ditanggalkan, dilepaskan, dibuang. Dan untuk membuangnya itu harus dimulai dari merubah cara perpikir, sebab cara hidup yang kita miliki semuanya itu terbentuk dari pola pikir yang kita miliki.

Kita lihat dalam kebenaran firman Tuhan diatas, saat Tuhan Yesus harus menjalankan misi Allah Bapa di sorga, Ia rela menanggalkan semua yang dimiliki-Nya, kehormatan, kemuliaan, kekuasaan-Nya, semuanya itu ditanggalkan, seperti yang firman Tuhan katakan, tidak ada yang dipertahankan. Dan ini menjadi bentuk atau bagian dari ketaatan-Nya dalam melakukan kehendak Allah Bapa di sorga.

Hal yang sama juga harus nyata didalam hidup kita. Sebab mengenakan pikiran dan perasaan Kristus adalah berntuk dari penundukan diri secara penuh dalam kedaulatan dan dominasi Allah. Jadi kalau kita tidak menanggalkan cara hidup kita yang lama, itu artinya kita tidak mau tunduk dalam pengaturan Allah. Dengan kata lain dapat dikatakan, kita masih hidup suka-suka dendiri.

Untuk membangun mindset dan merubah cara berpikir sama seperti Tuhan Yesus maka kita harus menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah. Menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah, berarti kita tidak berhak lagi atas hidup kita. Disinilah kita baru bisa berjalan dalam pimpinan Roh Allah. Firman Tuhan katakan di dalam;

Roma  8 :14 Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.

Artinya kalau kita masih mau berjalan menuruti cara hidup kita yang lama, kita tidak termasuk bagian dari anak-anak Allah. Sebab Anak-anak Allah berjalan dalam pimpinan Roh Allah. Dan itu semua akan terlihat mulai dari sikap, perkataan, dan semua perbuatan kita setiap hari, harus berbeda dengan cara hidup kita yang lama, dan nyata sama seperti Kristus.

Berjalan didalam pimpinan Roh Allah inilah akan membuat kita mengerti apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. Dan hal itu bisa terjadi karena pembaharuan pikiran yang terjadi terus menerus dalam hidup kita setiap hari.

Kiranya kebenaran ini menyadarkan kita semua untuk sungguh-sungguh mau mengenakan pikiran dan perasaan Kristus dalam sepanjang perjalanan hidup kita di dunia ini. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca Juga : APA ITU ARTI HIDUP BAGI TUHAN

Artikel by Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2016 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: , ,

Related For MEMBANGUN CARA BERPIKIR SEPERTI KRISTUS