MEMPERAGAKAN IMAN PERCAYA

RENUNGAN HARIAN 2155 Kali Dibaca

Syalom sahabat renunganhariini.com yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus. Setiap manusia pasti mengalami apa yang disebut persoalan hidup dan terkadang persoalan hidup yang kita hadapi membuat hidup kita terasa sulit, dan biasanya sebagai orang percaya pada saat-saat seperti itu kita menanti-nantikan pertolongan Tuhan datang.

Yang menjadi persoalannya adalah bagaimana sikap kita dalam menanti pertolongan Tuhan, karena terkadang kita tidak sabar, sehingga seringkali dari sikap hidup kita dalam menantikan pertolongan Tuhan, menunjukan kita seperti orang yang tidak percaya dan seakan-akan memaksakan Tuhan supaya mengikuti apa yang kita kehendaki saat itu juga.

Sebagai orang percaya sesungguhnya kita harus tetap menyadari bahawa kita tidak dapat mengatur Tuhan tetapi sebaliknya kitalah yang harus hidup dalam pengaturan Tuhan, supaya bila pertolongan itu belum juga datang kita tidak berbuat dosa dengan sikap hati yang bersungut-sungut.

Satu hal yang harus terus tertanam dalam hati dan pikiran kita adalah setiap persoalan yang kita hadapi, Tuhan tidak akan membiarkan itu melebihi kekuatan kita. Namun terkadang kita menjadi putus asa dan lemah sehingga persoalan itu terasa semakin berat.

Firman Tuhan katakan dalam I Yohanes 3:19 Demikianlah kita ketahui, bahwa kita berasal dari kebenaran. Demikian pula kita boleh menenangkan hati kita di hadapan Allah, ini artinya kita harus menyadari bahawa sebagai orang percaya kita tetap punya pengharapan, karena orang percaya yang hidup sesuai kehendak Tuhan artinya ia berasal dari kebenaran, dan orang yang benar tidak akan ditinggalkan oleh Tuhan.

memperagakan iman percaya
Seharusnya dengan menyadari akan hal ini membuat kita semakin tenang dalam menghadapi setiap persoalan karena iman percaya kita tidak pernah goyah, sebab kita tahu pertolongan Tuhan itu pasti akan datang tepat pada waktunya.

Firman Tuhan katakan dalam, Amsal 10:3 TUHAN tidak membiarkan orang benar menderita kelaparan, tetapi keinginan orang fasik ditolak-Nya. Artinya selama kita mau tetap hidup dalam kebenaran Tuhan, selama kita mau tetap bersandar pada Tuhan maka kita akan melihat pertolongan Tuhan, sebab Tuhan tidak akan pernah membiarkan kita jatuh sampai tergeletak.

Jadi untuk menunggu pertolongan Tuhan datang, kita harus berani bersabar dalam menunggu datangnya pertolongan Tuhan tersebut. Seperti yang dikatakan firman Tuhan dalam, Ibrani 6:15 Abraham menanti dengan sabar dan dengan demikian ia memperoleh apa yang dijanjikan kepadanya.

Jadi sabar adalah kunci pertahanan hidup orang percaya yang sedang menantikan pertolongan Tuhan. Saudaraku yang Tuhan Yesus kasihi, selama ini kalau mau jujur kita lebih sering mendesak Tuhan supaya menyelesaikan persoalan kita sesuai dengan waktu yang kita mau, ini menggambarkan betapa kita belum dewasa didalam Tuhan, betapa kita sedanag tidak percaya pada Tuhan, sebab Tuhan itu bekerja sesuai dengan waktuNya sendiri.

Jangan pernah membuka mata dan hati kita kepada sumber yang lain, sebab sebagai orang percaya kita harus hanya menaruh harap kita kepada Tuhan saja. Dengan berharap kepada Tuhan saja maka dalam proses menanti pertolongan Tuhan itulah kita akan terus membangun persekutuan yang indah dengan Tuhan.

Berharap kepada sumber yang lain akan membawa malapetaka untuk kehidupan kita, sebab firman Tuhan katakan didalam Yeremia 17:5 Beginilah firman TUHAN: “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!, artinya dengan berharap pada sumber yang lain sama seperti kita menarik diri kita bahkan hati kita menjauh dari Tuhan.

Dalam menantikan pertolongan Tuhan datang tetaplah menjaga iman percaya kita kepada Tuhan, sebab seringkali terjadi dalam kehidupan kita sebagai orang percaya, saat pertolongan itu belum juga datang membuat iman kita mulai goya dan memudar sedikit demi sedikit. Ingat saat kita bersabar menanti pertolongan Tuhan datang itu sama dengan kita sedang memperagakan iman percaya kita kepada Tuhan.

Satu hal yang perlu dicatat bahwa tanpa iman maka kesabaran tidak akan pernah bertahan lama, hanya dengan iman yang teguh menantikan pertolongan Tuhan dan tetap hidup melakukan kehendak Tuhan maka pada akhirnya sebagai anak-anakNya, kita akan keluar sebagai pemenang dan mendapat Pujian Dari Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: , ,

Related For MEMPERAGAKAN IMAN PERCAYA