MEMPERHATIKAN PERINTAH TUHAN

RENUNGAN HARIAN 2263 Kali Dibaca

Keadaan dunia saat ini yang begitu banyak menawarkan berbagai hal yang menyenangkan keinginan hati telah membuat kita sebagai orang percaya atau anak-anak Tuhan begitu tergiur dengan apa yang dunia tawarkan, sehingga lebih banyak perhatian kita tertuju kepada tawaran-tawaran dunia.

Sebut saja tontonan televisi yang menawarkan berbagai macam acara mulai dari sinetron, film, sepakbola, berita politik, acara komedi, dan berbagai macam acara lainnya yang disajikan dengan tujuan dapat menarik banyak pemirsa yang menonton acara tersebut, dan harus diakui bahwa manusia pada umumnya termasuk orang percaya atau anak-anak Tuhan begitu tertarik kepada hal-hal semacam ini.

Dua puluh empat jam waktu dalam satu hari Tuhan berikan kepada kita, dan kalau mau jujur waktu tersebut lebih banyak kita pakai untuk hal-hal yang tidak berguna samasekali, hal-hal yang tidak penting dan tidak berdampak kepada kehidupan kekristenan kita, dibanding dengan waktu yang kita gunakan untuk datang kepada Tuhan dan membangun persekutuan dengan Tuhan.

Sebagai orang percaya seringkali kita lupa bahwa sesungguhnya sejak semula Tuhan sudah menawarkan kepada kita sebuah tawaran yang begitu berharga yaitu memperhatikan firmanNya siang dan malam, dan sesungguhnya ini bukan saja sebuah tawaran biasa tetapi adalah sebuah perintah, namun sayangnya begitu banyak diantara kita yang mengabaikan perintah Tuhan tersebut dan lebih memilih untuk menikmati tawaran dunia.

Kebenaran firman Tuhan didalam, Ulangan 6:6 Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, 6:7 haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun. 6:8 Haruslah juga engkau mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu, 6:9 dan haruslah engkau menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu.

Dikatakan bahwa, Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, mari kita koreksi diri kita apakah selama ini kita sudah memperhatikan apa yang Tuhan perintahkan ?, sebab firman Tuhan katakan haruslah engkau perhatikan. Bila demikian, dalam kehidupan kita selama 24 jam dalam sehari berapa banyak waktu yang kita berikan untuk memperhatikan firman Tuhan, belajar firman Tuhan, membaca firman Tuhan ?.

Kalau mau jujur kita juga harus mengakui bahwa seringkali dalam satu hari hampir-hampir kita tidak pernah meluangkan waktu untuk membaca firman Tuhan, dan sebaliknya begitu banyak waktu kita buang percuma hanya untuk hal-hal yang tidak berarti.

Kita bisa nonton sinetron berjam-jam, kita bisa nonton bola berjam-jam, nonton film berjam-jam, tetapi tidak punya waktu 30 menit saja untuk duduk diam di kaki Tuhan membangun persekutuan dengan Tuhan. Kalau cara hidup kita seperti ini apakah kita pantas disebut sebagai anak Tuhan ?. Anak harus menuruti apa yang menjadi perintah Bapanya, kalau anak tidak menuruti perintah Bapanya berarti ia adalah anak yang memberontak.

Ini yang sedang terjadi dalam kehidupan banyak orang percaya atau anak-anak Tuhan saat ini. Kalau kita tidak menyadari akan kesalahan kita mulai saat ini maka sangat besar kemungkinan bila waktu Tuhan tiba, Ia akan berterus terang bahwa Ia tidak pernah mengenal orang-orang yang seperti ini.

Firman Tuhan sudah mengingatkan dama Ulangan 6:7 haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.

Jadi sesungguhnya yang Tuhan mau segenap waktu hidup kita harus kita gunakan untuk terus memperhatikan firmanNya, bahkan mengajarkan firman itu kepada anak-anak kita, atau kepada orang lain, dan membicarakannya setiap saat dimanapun kita berada dan dalam keadaan apapun.

Kenapa Tuhan mau kita harus memperhatikan firmanNya setiap saat ?. Karena Tuhan tahu benar bahwa dunia ini sedang menuju kebinasaan, dan orang-orang yang tidak tinggal didalam firmanNya, tidak akan mungkin bisa menyatu dengan Tuhan, sebab Tuhan hanya mau ada bersama dengan orang-orang yang sehati dan sepikiran denganNya.

Kalau orang percaya tidak sungguh-sungguh memperhatikan fiman Tuhan, belajar firman Tuhan dengan serius, maka ia tidak akan mungkin mengenal isi hati Tuhan, bahkan akan sulit baginya untuk hidup melakukan kehendak Tuhan. Itulah kenapa firman Tuhan katakan bahwa orang yang berbahagia adalah orang yang memperhatikan firman Tuhan siang dan malam.

Dalam Mazmur 1:1 Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, 1:2 tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.

Mari tanyakan itu kepada diri kita masing-masing, “sudahkah kita memperhatikan firman Tuhan itu siang dan malam . . ?.” Jikalau jawabannya adalah “saya belum memperhatikan firman Tuhan siang dan malam”, maka sekarang ini waktunya untuk kita berubah, tinggalkan semua tawaran dunia yang sia-sia, dan mulailah memperhatikan perintah Tuhan, duduk diam merenungkan firman Tuhan siang dan malam.

Orang yang memperhatikan firman Tuhan siang dan malam ia akan menjadi orang-orang yang rendah hati, dan firman Tuhan katakan Tuhan mengasihani orang yang rendah hati. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: ,

Related For MEMPERHATIKAN PERINTAH TUHAN