MENEMUKAN DAN MENGALAMI TUHAN

RENUNGAN HARIAN 1931 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan HarianMenemukan Dan Mengalami Tuhan. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Renungan kita saat ini adalah; Menemukan Dan Mengalami Tuhan.

Saudaraku, apalah artinya kita hidup sebagai orang percaya tetapi kita tidak pernah menemukan dan mengalami Tuhan secara pribadi di dalam hidup kita. Orang percaya yang tidak pernah menemukan dan mengalami Tuhan pada akhirnya tidak akan bisa mengerti apa yang menjadi kehendak Tuhan.

Jika demikian, maka orang-orang yang tidak mengerti akan kehendak Tuhan, tidak mungkin bisa hidup melakukan kehendak Tuhan. Kalau sebagai orang percaya kita tidak hidup melakukan kehendak Tuhan, itu atinya percaya kita akan menjadi sia-sia. Sebab pada akhirnya orang-orang yang tidak hidup melakukan kehendak Tuhan, tidak akan dikenal oleh Tuhan, atau tidak bisa masuk ke dalam Kerajaan-Nya.

Seharusnya kita menjadi gentar bila mengerti akan kebenaran ini. Kita juga harus jujur memerikasa diri, apakah kita sudah benar-benar menemukan Tuhan dan mengalami Tuhan, atau hanya sekedar menjalankan hidup sebagai orang percaya karena sejak lahir sudah menjadi kristen keturunan. Artinya lahir dari orang tua yang sudah kristen.

Keadaan kita sebagai orang kristen atau orang percaya sejak lahir, tidak boleh memberi rasa nyaman dalam hidup kita, hanya karena kita menganggap sudah percaya kepada Yesus sejak kecil. Apalah artinya kita percaya kalau cara hidup atau gaya hidup kita berbeda dengan pribadi yang kita percayai yaitu Yesus Kristus. Itulah kenapa firman Tuhan katakan dalam;

Mazmur  105:4 Carilah TUHAN dan kekuatan-Nya, carilah wajah-Nya selalu! (I Tawarikh  16:11)

Jadi kalau kita mengaku percaya kepada Allah di dalam Tuhan Yesus Kristus, maka setiap saat kita harus mencari Tuhan, bahkan firman Tuhan katakan “carilah Tuhan dan kekuatan-Nya”.

Mencari Tuhan supaya kita bisa menemukan Tuhan, bahkan menemukan Tuhan dan mengalami Tuhan, sehingga kita baru bisa menlihat dengan nyata akan kekuatan Tuhan, seperti yang firman Tuhan katakan.

Disini kita semakin mengerti bahwa mengaku percaya saja ternyata tidak cukup, sebab percaya kepada Tuhan itu bukan sesuatu yang mistik. Tuhan itu riil, Tuhan itu pribadi yang nyata, Tuhan itu pribadi yang agung, dan Tuhan bisa kita alami setiap hari dalam hidup kita, jika kita mau benar-benar mencari Dia. Itulah kenapa firman Tuhan katakan;

Yesaya  55:6 Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!

Persoalannya adalah, pada umumnya banyak orang percaya bermaksud mencari, menemukan, dan mengalami Tuhan, hanya untuk menyelesaikan berbagai persolan hidup yang sedang mereka hadapi dalam hidup ini. Dan ironinya hal ini jugalah yang diajarkan oleh banyak komunitas kristen saat ini, dan tentu hal ini sangat menyedihkan sekali.

Kenapa saya katakan hal ini sangat menyedihkan sekali?. Karena ternyata, orang-orang seperti ini mengaku percaya kepada Yesus, memiliki tujuan yang berbeda dengan apa yang Tuhan kehendaki. Mereka percaya kepada Yesus supaya bisa mengajak Tuhan kompromi, untuk menyelesaikan persoalan-persoalan hidup yang merupakan hal-hal yang fana.

Ada juga orang percaya yang ingin menemukan dan mengalami Tuhan untuk kebanggaan diri supaya memiliki legalitas . Kalau ini terjadi dalam hidup hamba-hamba Tuhan maka tujuannya supaya orang bisa memandangnya sebagai hamba Tuhan yang diurapi Tuhan, atau supaya dipandang sebagai hamba Tuhan yang benar.

Menemukan Dan Mengalami Tuhan

Renungan Harian Kristen : Menemukan Dan Mengalami Tuhan | Renunganhariini.com

Kalau ada orang percaya yang memiliki tujuan menemukan Tuhan hanya untuk hal-hal seperti itu, maka sesungguhnya orang-orang seperti ini sudah mempermainkan Tuhan. Kita harus sadar bahwa Tuhan itu adalah pribadi yang Maha Agung, suci dan kudus, dan sebagai orang percaya kita harus tunduk penuh dalam kedaulatan-Nya, bukan sebaliknya karena percaya, kita lalu bisa mengatur Tuhan.

Setiap kita sebagai orang percaya harus mengerti bahwa kalau Tuhan berkenan untuk ditemui dan kita bisa mengalami-Nya, tidak ada tujuan lain selain Tuhan mau supaya kita bisa belajar tentang kesucian dan kekudusan hidup-Nya, tentang pribadi-Nya, supaya kita juga bisa tinggal dalam kesucian dan kekudusan Allah, dan memperagakan itu dalam kehidupan kita setiap hari selama kita masih hidup di dunia ini.

Jadi menemukan dan mengalami Tuhan, tidak boleh untuk kepentingan yang lain. Kita harus menemukan dan mengalami Tuhan, hidup dalam kekudusan dan kesucian-Nya,  supaya pandangan hidup kita tidak lagi tertuju pada dunia ini dengan segala kesenangannya. Dengan menemukan dan mengalami Tuhan, maka kita akan semakin mengerti tentang dimensi hidup di kekekalan.

Itulah kenapa sebagai orang percaya pola pikir kita sudah tidak boleh sama lagi dengan pola pikir orang-orang dunia saat ini, atau sama dengan orang-orang yang tidak percaya kepada Yesus. Sebab kalau kita yang mengaku percaya kepada Yesus, maka peragaan hidup kita setiap hari harus sama dengan cara hidup Yesus.

Itulah kenapa sebagai anak-anak Tuhan, kita harus sungguh-sungguh berjuang untuk menemukan dan mengalami Tuhan setiap hari di dalam hidup kita. Kita harus mengerti bahwa Allah menyediakan berkat-berkat kekal yang tidak ternilai setiap hari bagi orang-orang yang sungguh-sungguh mau mencari dan mengalami-Nya. Itulah kenapa firman Tuhan katakan, carilah perkara yang diatas dimana Kristus ada. Pikirkanlah perkara yang diatas dan bukan yang di bumi.

Kolose 3:1 Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. 3:2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.

Kebenaran ini selaras dengan apa yang firman Tuhan katakan dan ajarkan kepada kita, supaya kita mengumpulkan harta di sorga dan bukan di bumi.

Matius 6:19 “Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. 6:20 Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. 6:21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

Orang yang memiliki cara hidup, hanya rindu menemukan dan mengalami Tuhan setiap hari, adalah orang yang memiliki kehidupan yang bermutu, atau kehidupan yang berkualitas tinggi untuk masuk kepada kehidupan kekal.

Itulah kenapa gereja harus memegang peran penting untuk mengajarkan jemaatnya supaya memiliki pertumbuhan rohani yang semakin dewasa, walaupun tentu hal ini akan sangat terbatas, tetapi kita harus menyadari bahwa Tuhan tidak pernah terbatas jikalau kita mau sungguh-sungguh mencari dan menemukan Tuhan serta mengalami-Nya setiap hari.

Kalau kita mau serius untuk menemukan dan mengalami Tuhan setiap hari, maka Roh Kudus akan menuntun, mengajarkan, serta memberi kekuatan, supaya kita bisa tetap hidup dala kesucian dan kekudusan Allah, sehingga kita akan terus dibawa sampai kepada titik kesempurnaan seperti yang Allah kehendaki.

Itulah kenapa seringkali saya selalu katakan dalam setiap renungan, bahwa hidup kekristenan itu tidak mudah. Sebab hidup kekristenan itu memerlukan perjuangan, untuk tetap hidup dalam kesucian Allah, dan hidup hanya untuk melakukan kehendak Allah. Kalau kita tidak bisa tetap tinggal dalam kesucian dan kekudusan hidup seperti yang Allah kehendaki, maka jangan pernah bermimpi kita akan bisa melihat Allah. Firman Tuhan katakan;

Ibrani  12:14 Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan.

Matius  5 :8 Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.

Sekarang kita semakin mengerti bahwa, percaya kita akan menjadi sia-sia kalau kita tidak menemukan dan mengalami Tuhan. Sebab orang yang tidak pernah menemukan dan mengalami Tuhan dalam hidupnya, maka ia tidak akan pernah mau berjuang untuk tinggal dalam kesucian dan kekudusan Allah.

Kiranya kebenaran ini semakin menyadarkan kita, beta kita harus memiliki gairah untuk menemukan dan mengalami Tuhan dalam hidup kita setiap hari. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca juga : Bersyukur Dengan Apa Yang Ada

Artikel by Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2016 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: , ,

Related For MENEMUKAN DAN MENGALAMI TUHAN