MENGALAHKAN DIRI SENDIRI

RENUNGAN HARIAN 3643 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan Harian KristenMengalahkan Diri Sendiri. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Renungan hari ini adalah “mengalahkan diri sendiri”.

Sebagai orang percaya tentu kita harus menjalankan hidup ini sesuai dengan kehidupan yang Allah kehendaki, atau yang sering disebut sebagai tata laksana kehidupan sesuai dengan kehendak Allah.

Tentu untuk menjalankan hidup sesuai dengan kehendak Allah maka ada halangan, rintangan yang akan kita hadapi, karena menjalankan hidup supaya sesuai kehendak Allah itu berarti, kita harus menanggalkan semua cara hidup yang lama, yang selalu mengikuti kehendak diri atau keinginan sendiri dan mengenakan cara hidup yang baru yaitu hidup sama seperti Kristus hidup.

Halangan yang terbesar dalam menjalankan hidup sesuai dengan apa yang Allah kehendaki sebenarnya terletak pada diri kita sendiri, yang menyangkut keinginan hati, pikiran, perasaan, atau semua hal yang merupakan kehendak diri sendiri. Dan semuanya itu telah terbentuk menjadi sebuah karakter diri yang telah berubah menjadi filosofi hidup yang permanen dalam diri kita. Inilah yang menjadi halangan yang terbesar yang harus kita kalahkan, barulah kita bisa menjalankan hidup sesuai kehendak Allah.

Kenapa saya katakan semuanya itu telah terbentuk menjadi filosofi hidup yang permanen?. Karena tanpa kita sadari, itu semua telah kita bangun melalui sebuah perjalanan hidup yang panjang, melalui hari-hari hidup yang kita lewati selama ini.

Mengalahkan Diri Sendiri

Ilustrasi : Renungan Harian Kristen | Mengalahkan Diri Sendiri | renunganhariini.com

Lalu tanpa terasa dan hal itu tidak disadari, bahwa kita telah mengisi hati dan pikiran kita penuh dengan hasrat dan berbagai keinginan daging yang penuh dengan hawa nafsu dunia, termasuk didalamnya persoalan makan, minum, pakai, dan lain sebagainya.

Saudaraku, kalau kita sudah terlanjur terikat dengan keadaan ini, maka akan sulit untuk melepaskan diri dari semua hal yang sudah menjadi karakter diri ini. Itulah kenapa saya selalu katakan bahwa untuk melepaskan diri dari itu semua memerlukan perjuangan berat.

Keinginan daging itu selalu berlawanan dengan keinginan Roh, dan selama kita belum sungguh-sungguh bertobat maka yang kita rawat, atau yang kita perhatikan dengan tekun selama kita hidup adalah memanjakan diri kita dengan selalu mengikuti hasrat keinginan daging tersebut, dan itu akan terus bertumbuh menjadi besar dan akan menguasai seluruh gerak pikiran kita. Hal ini kan menjadi seperti candu yang selalu merongrong kita untuk terus menikmatinya dan terus hidup didalamnya.

Disinilah banyak orang percaya akan sulit untuk melepaskan diri dari keterikatan ini. Dan inilah yang menjadi tantangan terberat yang harus kita kalahkan, bila kita ingin benar-benar hidup sesuai dengan kehendak Allah, atau hidup sesuai dengan tata laksana kehidupan yang Allah Bapa di Sorga kehendaki.

Kalau kita tidak berusaha untuk mengalahkan diri kita sendiri, yaitu mematikan berbagai keinginan diri dengan hawa nafsunya, maka kita akan terus dirongrong oleh keinginan tersebut, untuk terus mengikuti apa yang menjadi hawa nafsu diri. Sampai pada titik yang terakhir dimana kita ingin menjadi orang yang sangat terhormat, atau orang yang selalu ingin dihormati.

Itulah kenapa firman Tuhan mengajarkan kita untuk meninggalkan cara hidup kita yang lama, dan harus mengenakan hidup yang baru. Hidup yang baru ini adalah hidup dalam pimpinan Roh, hidup yang membuat kita dibaharui baik dalam roh maupun pikiran.

Efesus 4:21 Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus, 4:22 yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, 4:23 supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, 4:24 dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.

Jadi mengapa kita harus berjuang untuk mengalahkan diri sendiri yang sudah terlanjur dipenuhi dengan berbagai keinginan dan hawa nafsu dunia?. Karena semua yang kita turuti selama ini adalah merupakan hawa nafsu yang menyesatkan dan yang pada akhirnya akan menemui kebinasaan.

Kita tidak akan mampu hidup sesuai dengan kehendak Tuhan, bila kita masih membiarkan diri kita tetap terikat dengan cara hidup kita yang lama. Kita mengaku sebagai orang yang percaya kepada Allah namun kita tetap tinggal dalam manusia lama yang memiliki potensi menyeret kita kedalam kebinasaan kekal.

Kalau kita benar-benar mau mengikut Kristus, maka kita harus mengalahkan diri kita sendiri dengan cara menanggalkan manusia lama, dan mengenakan manusia baru, dan hidup dalam pimpinan Roh, sebab bila kita hidup dalam pimpinan Roh, maka Roh akan menuntun kita untuk melakukan segala sesuatu sesuai dengan kehendak Allah.

Matius 16:24 Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.

Kiranya kebenaran ini memberi pengertian baru buat kita semua, bahwa untuk menjalankan hidup sesuai dengan tata laksana hidup yang Allah kehendaki, maka kita harus berjuang untuk mengalahkan diri kita sendiri, dari berbagai keinginan dan hawa nafsu dunia yang menyesatkan, jika kita tidak ingin binasa. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Jangan Lupa Baca Juga Renungan :

Dalam Dia Ada Hidup

Artikel by Frank Tutu | Copyright © 2015 – Original Content | renunganhariini.com

tags: ,

Related For MENGALAHKAN DIRI SENDIRI