MENGASIHI TUHAN DENGAN BENAR

RENUNGAN HARIAN 8843 Kali Dibaca

Renungan hari ini 26 November 2013 adalah, Mengasihi Tuhan Dengan Benar. Setiap orang yang berkata bahwa ia mengasihi Tuhan harus menunjukan dengan perbuatannya apa yang ia katakan tersebut, karena kalau hanya sebatas perkataan saja maka sesungguhnya ia belum mengasihi Tuhan. Semua orang percaya bila ditanyakan “apakah engkau mengasihi Tuhan . . ?”, maka tanpa ragu ia akan menjawab bahwa saya mengasihi Tuhan.

Secara teori tidaklah sulit bila seseorang berkata saya sungguh mengasihi Tuhan, tetapi persoalannya untuk menunjukan kasih kepada Tuhan itu harus di praktekkan atau harus disertai dengan perbuatan.

Mari kita lihat pertanyaan Tuhan Yesus yang Ia tanyakan kepada Simon Petrus,  sebelum Tuhan Yesus akan meninggalkan murid-murid-Nya untuk kembali naik ke sorga.

Yohanes 21:15-17.

21:15 Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”

21:16 Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”

21:17 Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: “Apakah engkau mengasihi Aku?” Dan ia berkata kepada-Nya: “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.

Didalam kebenaran firman Tuhan bila ada perkataan yang berkali-kali diulang berarti menunjukan perkataan itu mendapatkan penekanan khusus dan tentu memiliki makna yang berbeda atau sesuatu yang harus dipahami secara mendalam.

Kalau Tuhan Yesus menanyakan  kepada Simon Petrus samapai tiga kali bukan karena Tuhan Yesus tidak yakin dengan perkataan Petrus, tetapi yang Tuhan mau adalah komitmen Petrus untuk membuktikan dengan perbuatan apakah benar ia mengasihi Tuhan Yesus atau tidak.

Saat Petrus berkata “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Tuhan Yesus tidak langsung mengatakan kalau begitu tunjukan kasihmu kepadaKu sekarang dengan cara berbuat baik kepadaKu dan layani Aku sekarang. Tetapi Tuhan katakan kepada Petrus “Gembalakanlah domba-domba-Ku”. Dengan kata lain Tuhan mau berbicara, kasih kepadaKu tidak cukup engkau ucapkan berulangkali, tetapi lakukanlah dengan perbuatan rasa kasihmu itu kepada semua orang yang ada disekitarmu, sebab jika engkau melakukannya untuk mereka itu berarti engkau sudah melakukannya untukKu.

Disini kita bisa melihat bahwa untuk menyatakan kasih kita kepada Tuhan itu jelas harus dilakukan dengan perbuatan. Kalau dibuat lebih sederhana lagi maka kalimatnya akan seperti ini “jangan asal ngomong, tapi berbuat”. Ini yang Tuhan mau dari hidup setiap orang percaya.

Terkadang ada begitu banyak orang percaya atau orang kristen dengan bangganya mengatakan dia anak Tuhan, dan dia sangat mengasihi Tuhan, tetapi dalam kenyataan hidupnya ia begitu sulit berbuat baik kepada orang lain, bahkan terhadap saudaranya sendiri, dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Kalu sikap hidup kita seperti ini apakah pantas kita disebut sebagai anak Allah, atau orang yang mengasihi Allah.

Firman Tuhan katakan dalam 1 Yohanes 4:20-21.

4:20 Jikalau seorang berkata: “Aku mengasihi Allah,” dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya.

4:21 Dan perintah ini kita terima dari Dia: Barangsiapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya.

Kata saudara yang dimaksudkan tidak hanya sebatas saudara sekandung, sedarah, satu golongan tertentu saja, tetapi semua manusia ciptaan Tuhan itu sama dihadapan Tuhan dan saudara didalam Tuhan.

Dipengadilan Tuhan untuk menentukan seseorang bisa masuk kedalam kehidupan kekal atau tidak, saat itulah Tuhan akan berterus terang kepada setiap orang, seperti apa yang dikatakan dalam Matius 25:40

25:40 Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.

Lalu apa dampaknya kalau orang percaya tidak menunjukan kasihnya kepda Allah lewat perbuatan selama ia hidup di dunia yang hanya sementara ini. ?.  Tuhan akan berkata kepadanya,Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.

Matius 25:41-45

25:41 Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.

25:42 Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum;

25:43 ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawat Aku.

25:44 Lalu mereka pun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau?

25:45 Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku.

Ingat pesan ini:

  1. Mengasihi Tuhan bukan sekedar diucapkan dengan kata-kata, tetapi harus ditunjukan lewat perbuatan.
  2. Mengasihi Tuhan tidak hanya terbatas untuk orang yang kita kasihi saja, tetapi harus untuk semua manusia yang adalah ciptaan Tuhan. Amin.

Jikalau engkau diberkati dengan renungan ini, maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi. renunganhariini.com

Tuhan memberkati kita semua.

tags: , , ,

Related For MENGASIHI TUHAN DENGAN BENAR