MENGENAL TUHAN DENGAN BENAR

RENUNGAN HARIAN 3050 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan HarianMengenal Tuhan Dengan Benar. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Renungan kita saat ini adalah, Mengenal Tuhan Dengan Benar.

Saudaraku, banyak orang percaya yang merasa kalau sudah menjadi kristen itu artinya  sudah mengenal Tuhan. Ini adalah pemahaman yang sudah terlanjur mendarah daging dalam hidup orang percaya. Oleh karenanya banyak anak-anak Tuhan memiliki pola pikir yang salah tentang pemahaman dan pengenalan akan Tuhan dengan benar.

Keadaan ini bisa dilihat dari cara hidup kekristenan yang di jalani oleh banyak orang percaya saat ini. Mereka merasa bila sudah ke gereja setiap hari minggu dengan rajin, maka itu sudah cukup untuk mengenal Tuhan, padahal pemahaman tentang Tuhan dengan benar tidak cukup hanya ke gereja, lalu menyanyi, memuji dan menyembah Tuhan, serta mendengar Firman Tuhan, yang dilakukan secara rutinitas setiap hari minggu selama kurang lebih dua jam.

Dalam kebenaran firman Tuhan yang ditulis di dalam (Yohanes 3 : 1-21) ada sebuah percakapan antara Nikodemus dengan Tuhan Yesus. Nikodemus adalah seorang pemimpin agama Yahudi, artinya telah memiliki pemahaman tentang Tuhan. Hal itu terlihat dari apa yang ia  katakan kepada Tuhan Yesus, seperti yang ditulis di dalam;

Yohanes 3:1 Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus, seorang pemimpin agama Yahudi. 3:2 Ia datang pada waktu malam kepada Yesus dan berkata: “Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah; sebab tidak ada seorang pun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya.”

Tetapi apa yang dikatakan oleh Tuhan Yesus, saat mendengar perkataan yang disampaikan oleh Nikodemus?.

Yohanes 3:3 Yesus menjawab, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.”

Saat Tuhan Yesus menjawab tentang apa yang disampaikan oleh Nikodemus, maka ia pada akhirnya kembali bertanya kepada Tuhan Yesus.

Mengenal Tuhan Dengan Benar

Renungan Harian Kristen : Mengenal Tuhan Dengan Benar | Renunganhariini.com

Yohanes 3:4 Kata Nikodemus kepada-Nya: “Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?”

Dari pernyataan dan pertanyaan yang disampaikan oleh Nikodemus kepada Tuhan Yesus, dapat dimengerti bahwa ternyata apa yang Nikodemus pahami tentang Tuhan selama ini tidak cukup, atau belum membuatnya mengenal Tuhan dengan benar, sebab pemahamannya tentang Tuhan belum selaras dengan pikiran Tuhan Yesus.

Dengan kata lain, Tuhan Yesus seolah-olah ingin menyampaikan kepada Nikodemus saat itu bahwa, pengetahuan Nikodemus tentang siapa diri-Nya bukanlah prestasi puncak kerohanian seseorang, atau sebagai seorang pengajar Israel yang sesungguhnya. Hal ini dapat dilihat dari tanggapan Tuhan Yesus tentang apa yang disampaikan Nikodemus.

Yohanes 3:5 Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.

Dari apa yang Tuhan Yesus sampaikan ini, dapat memberi sebuah pengertian bahwa, ternyata pengetahuan kita tentang Allah, tidak cukup hanya sebatas pengetahuan agamani. Sebab pengetahuan dan pengenalan setiap orang percaya tentang Allah, harus bisa mendorong orang tersebut sampai ia masuk ke dalam Kerajaan Bapa di sorga.

Kalau firman Tuhan katakan “dilahirkan dari air dan Roh” artinya setiap orang percaya harus memiliki pemahaman dan pengenalan tentang Allah dengan benar, serta memiliki  cara hidup yang berbeda dengan cara hidupnya yang lama yang diwariskan oleh nenek moyang sejak dahulu.

Pemahaman dan pengenalan akan Tuhan, tidak boleh hanya sekedar pengenalan lengkap secara akali, tetapi pemahaman dan pengenalan akan Tuhan dengan benar, harus mengalami, mengecap, merasakan, serta bisa menikmati Tuhan secara pribadi.

Kalau dikatakan “dilahirkan dari air dan Roh”. Air berbicara atau dapat diartikan sebagai firman Tuhan, yang harus di isi terus menerus sehingga dapat membersihkan  tubuh kita, dalam hal ini hati dan pikiran kita. Sedangkan Roh berbicara tentang pimpinan Allah.

Artinya jika hidup kita sudah dibersikan oleh firman Tuhan, maka kita harus memberi diri, setiap saat hidup dalam pimpinan Roh Allah, sehingga roh kita yang telah mati akibat dari cara hidup yang lama itu bisa hidup kembali, dan dipimpin oleh Roh Allah yaitu Roh Kudus, supaya setiap kita akan dibawa sampai pada titik kesempurnaan sama seperti Allah Bapa di sorga yang adalah sempurna.

Cara hidup seperti inilah yang dikehendaki oleh Allah, dengan demikian seseorang dapat dikatakan dilahirkan kembali atau lahir baru. Jadi kelahiran baru itu harus nyata dalam setiap gerak hidup kita yang tidak lagi mengikuti cara hidup yang lama. Pola pikir dan perilaku kita harus total berubah seperti yang Allah kehendaki. Disinilah baru dapat dikatakan seseorang telah mengenal Tuhan dengan benar.

Pengenalan akan Allah dengan benar bukan hanya sekedar pembaharuan pengetahuan saja, tetapi itu harus nyata dari cara hidup, tindakan, perkataan, pikiran, yang semuanya itu harus nyata dalam setiap gerak hidup orang percaya. Sebab kalau hanya sekedar pengetahuan dan tidak nampak teraplikasi dalam hidup kita setiap hari, maka semuanya sia-sia. Itulah kenapa firman Tuhan katakan di dalam;

Yohanes 3:21 tetapi barangsiapa melakukan yang benar, ia datang kepada terang, supaya menjadi nyata, bahwa perbuatan-perbuatannya dilakukan dalam Allah.”

Inilah arti sebuah kelahiran baru dan pengenalan akan Tuhan dengan benar bagi setiap orang percaya. Jadi pengetahuan kita tentang Allah tidak boleh hanya sekedar pajangan di pikiran saja, tetapi harus nyata dalam setiap gerak hidup dan perbuatan kita setiap hari, supaya apa yang kita lakukan, semua itu akan memuliakan Allah Bapa di sorga. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca juga motivasi : Memiliki Hasrat Untuk Menemukan Tuhan

Artikel by Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2016 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: ,

Related For MENGENAL TUHAN DENGAN BENAR