MENGERTI ARTI KEKUDUSAN

RENUNGAN HARIAN 2195 Kali Dibaca

Renungan harian – Minggu,11 Januari 2015.

Syalom saudaraku yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus. Renungan harian hari ini adalah, Mengerti Arti Kekudusan.

Saudaraku firman Tuhan katakan didalam, II Timotius 2:20 – 21 2:20 Dalam rumah yang besar bukan hanya terdapat perabot dari emas dan perak, melainkan juga dari kayu dan tanah; yang pertama dipakai untuk maksud yang mulia dan yang terakhir untuk maksud yang kurang mulia. 2:21 Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia.

Sesungguhnya tidak ada yang lebih bernilai bagi manusia, selain daripada manusia itu dipakai Tuhan untuk memenuhi rencana Tuhan, sebab sesungguhnya manusia diciptakan untuk melakukan kehendak Tuhan.

Seperti perabot yang dipakai untuk tujuan yang mulia, setiap orang yang dipakai oleh Tuhan harus hidup didalam kesucian dan kekudusan hidup, sebab semakin kudus dan bersih hidup seseorang maka hidupnya akan makin efektif dipakai oleh Tuhan.

Lalu apa sebenarnya kekudusan itu?. Didalam bahasa Ibrani, “kudus” ditulis (קָדוֹשׁ – QADOSY/ QADOSH/ KADOSH) yang artinya “dipisahkan dari yang lain untuk digunakan” atau dalam bahasa Yunani (ἅγιος – HAGIOS) yang artinya “berbeda dari yang lain”.

Kekudusan dalam kekristenan harus dipahami dalam konteks berbeda dengan agama-agama pada umumnya. Kita harus tahu bahwa kekudusan Kristen berawal dari penebusan oleh darah Tuhan Yesus yang tidak bercacat dan tidak bernoda.

Oleh penebusan Yesus maka manusia yang berdosa diampuni, dan segala dosa yang pernah dilakukan diperhitungkan tidak pernah terjadi, karena Tuhan Yesus sudah memikulnya diatas kayu salib. Ini adalah kekudusan secara pasif, dimana manusia menerima pengampunan dosa tanpa usaha sama sekali.

Yang Tuhan kehendaki adalah, setiap manusia yang sudah dikuduskan oleh darah Tuhan Yesus, atau yang sudah menerima pengampunan dosa, harus menjadi pribadi yang benar-benar kudus dan tidak berbuat dosa lagi. Tentu dalam hal ini perlu adanya sebuah persekutuan yang terus menerus dibangun oleh manusia dengan Tuhan didalam pimpinan kuat kuasa Roh Kudus.

Mengerti Arti Kekudusan

Ilustrasi : Renungan Harian – Mengerti Arti Kekudusan

Dinilah setiap manusia yang percaya kepada Allah didalam Tuhan Yesus Kristus, harus memiliki kesedian untuk hidup benar dan tidak dikuasai dosa lagi, dan Tuhan akan menolong manusia dengan menyediakan firmanNya, seperti yang ditulis dalam (Yohanes 17:17).

Dalam perjalanan kehidupan ini setiap peristiwa yang terjadi dalam hidup manusia sebagai orang percaya, itulah yang akan msemakin mendewasakan setiap orang percaya, dan didalam proses pendewasaan ini Allah akan turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan, (Roma 8:28). Inilah kekudusan secara aktif. Proses pengudusan ini harus harus dialami oleh setiap orang percaya atau setiap anak-anak Tuhan secara nyata.

Yang perlu dipahami bahwa “kudus” yang berarti dipisahkan dari lain, bukan berarti kekudusan itu hanya tidak melakukan dosa-dosa moral secara umum saja, akan tetapi juga dipisahkan atau tidak lagi terikat dengan keindahan dunia, atau percintaan dunia.

Disinialah orang percaya dituntut untuk benar-benar hidup dalam ketertundukan penuh kepada Allah, supaya bisa dipakai sesuai dengan tujuanNya.

Orang yang bersedia dikuduskan berarti harus juga bersedia dimatikan setiap hari dari penurutan akan kehendak diri yang merupakan manusia lama dan masuk dalam penurutan akan kehendak Allah sepenuhnya, dan disinilah diperlukan penyangkalan diri bahawa hidupku bukan aku lagi tetapi Kristus yang hidup didalamku.

Proses inilah yang membawa setiap orang percaya untuk mengenakan manusia baru yang terus dibaharui setiap hari dan semakin membuat setiap orang percaya atau anak-anak Tuhan semakin dewasa didalam Tuhan, dan hidup hanya untuk melakukan kehendak Tuhan, serta akan semakin menjadi pribadi yang terus dipakai Tuhan hanya untuk hormat kemuliaan namaNya.

Tuhan yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: , ,

Related For MENGERTI ARTI KEKUDUSAN