MENGHARGAI HIDUP YANG BENAR

RENUNGAN HARIAN 6595 Kali Dibaca

Renungan hari ini 22 November 2014 adalah Menghargai hidup yang benar. Irama hidup manusia pada umumnya sudah terlanjur mengakar kuat dalam jiwa dan sudah terlanjur menjadi standar bahwa hidup itu harus sesuai dengan tuntutan zaman, apalagi zaman modern saat itu dengan perkembangan teknologi yang semakin maju membuat manusia tanpa disadari telah terikat dengan tuntutan zaman, sehingga tanpa teras juga ada begitu banyak keinginan yang terus mengerogoti hati dan pikiran manusia.

Keinginan biasanya selalu berkaitan dengan kebutuhan jasmani, seperti rumah mewah, mobil, deposito, barang bermerk, kekuasaan, kehormatan, dan lain sebagainya sudah menjadi faktor utama yang harus diperjuangkan mati-matian supaya bisa tercapai dan apabila keinginan seseorang sudah tercapai maka ia akan merasa derajat hidupnya semakin meningkat.

Gaya hidup modern saat ini membuat ada begitu banyak orang tanpa terasa sudah terbelenggu oleh keinginannya, bahkan keinginan itu telah dianggap sebagi sesuatu yang wajar karena mereka beranggapan bahwa “kita kan masih hidup didunia”.

Pertanyaan penting yang harus dijawab dengan jujur oleh kita adalah, hanya untuk itukah manusia hidup . . ?.

Manusia sudah tidaklagi menyadari bahwa tubuh jasmani yang ia diami ini hanya bersifat sementara, dimana firman Tuhan katakan hanya 70 tahun, dan kalau sampai 80 tahun maka kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan. Ini yang dikatakan firman Tuhan dalam Mazmur 90:10.

Mazmur 90:10 Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan; sebab berlalunya buru-buru, dan kami melayang lenyap.

Kalau kenyataannya seperti ini maka seharusnya manusia dalam hal ini orang percaya lebih menghargai hidup yang Tuhan berikan ini dengan benar. Kenapa demikian . ?, karena segala sesuatu yang tersedia dibumi ini sifatnya hanya sementara, sedangkan manusia adalah mahluk kekal yang akan mempertanggungjawabkan semua perbuatannya selama ia hidup didunia ini suatu saat nanti, yaitu semua manusia akan diperhadapkan pada penghakiman Allah.

Berkaitan dengan kehidupan kekal maka dalam Daniel 12 : 2 Firman Tuhan katakan:

Daniel 12:2 Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal.

Artinya setelah kematian manusia maka diakhir zaman nanti semua orang mati akan dibangkitkan untuk menuju pengadilan Allah, dan sebagian akan menerima kehidupan kekal tetapi yang lainnya akan mengalami kebinasaan kekal.

Bersyukurlah bila saat ini sebagai orang percaya kita hidup di jaman perjanjian baru dimana setiap orang percaya diberi kesempatan untuk memiliki hidup yang luar biasa yaitu hidup sebagai anak-anak Allah, karena telah menerima janji keselamatan di dalam Tuhan Yesus Kristus, dan inilah kesempatan dimana setiap orang percaya harus hidup sebagai anak-anak Allah yang tunduk dalam kedaulatan Allah, karena anak-anak Allah akan dikembalikan kepada rancangan-Nya semula.

Firman Tuhan katakan dalam Matius 13:17 Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.

Ini artinya tidak banyak orang bahkan nabi dan orang benar pada zaman sebelumnya ingin melihat dan mendengar tentang cara hidup yang luar biasa yang diajarkan oleh Tuhan Yesus, tetapi mereka tidak melihat dan mendengarnya.

Persoalannya adalah seberapa besar kita menghargai hidup yang sudah Tuhan berikan ini, yaitu hidup sebagai anak-anak Allah. Dan hidup sebagai anak-anak Allah berarti kita harus hidup sesuai dengan perintah Allah, karena bila kita masih hidup tidak sesuai dengan perintah Allah maka kita bukanlah anak-anak Allah, tetapi anak iblis.

Orang yang sudah terlanjur terikat dengan dunia berarti ia telah memilih untuk menjadi anak iblis, karena dunia ini ada dalam penguasaan iblis. Tetapi orang yang mau menjadi anak-anak Allah akan menghargai hidup dengan benar yaitu hidup sesuai kehendak Tuhan.

Inagat pesan ini:

  • Hargailah hidup yang Tuhan berikan saat ini dengan cara meninggalkan cara hidup dunia.
  • Belajarlah untuk tidak mengingini apapun yang hanya bersifat fana dan memberi kesenangan yang hanya sementara.
  • Ingatlah bahwa manusia adalah kekal yang akan mempertanggungjawabkan semua cara hidupnya didunia.
  • Menjadi anak iblis berarti akan masuk dalam kerajaan iblis yang akhirnya akan dibuang kedalam api kekal. Amin.

Bila engkau merasa diberkati dengan renungan ini, maka bagilah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasih. renunganhariini.com

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , ,

Related For MENGHARGAI HIDUP YANG BENAR