MENJADI GARAM DAN TERANG

renungan hari ini

Renunganhariini.com: Renungan Harian – Sebagai orang percaya kita harus menyadari bahwa kita di panggil untuk menjadi garam dan terang bagi dunia ini, selama kita masih hidup. Oleh sebab itu, ketika Firman Tuhan berkata, seperti yang tertulis di dalam;

Matius 5:13 “Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang. 5:14 Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. 5:15 Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. 5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

Kebenaran Firman ini adalah perkataan Tuhan Yesus sendiri. Ketika kita membaca ayat Firman Tuhan ini maka seharusnya kita menempatkan diri sebagai pribadi yang Tuhan Yesus maksudkan. Jadi kalau dikatakan bahwa “Kamu adalah garam dunia” maka kita harus menyadari akan kehidupan kita sebagai orang percaya yang harus memberi dampak kepada dunia ini di mana pun kita berada.

Berbicara mengenai garam berarti berbicara mengenai manfaatnya yang bukan saja bisa merubah rasa dari tawar menjadi asin, tetapi lebih dari itu garam memiliki manfaat yang sangat luar biasa yaitu dapat mencegah kebusukan terhadap makanan.

Kita hidup saat ini di dunia yang telah rusak, dunia yang dapat dikatakan semakin busuk. Oleh sebab itu kalau Tuhan katakan “Kamu adalah garam dunia” itu artinya seluruh gerak hidup kita harus bisa menjadi garam untuk mencegah kebusukan supaya tidak semakin busuk, tidak semakin rusak.

renungan hari ini
Renungan Hari Ini : Menjadi Garam Dan Terang

Tentu menjadi garam yang dimaksudkan disini adalah bagaimana cara hidup kita bisa mempengaruhi, bisa berdampak, bisa mengubah orang-orang yang ada di lingkungan dimana kita hidup, mulai dalam keluarga kita, sahabat kita, tetangga yang ada di lingkungan dimana kita tinggal, lingkungan dimana kita bekerja atau kuliah, maupun sekolah, disitulah hidup kita harus berdampak, sehingga orang-orang yang melihat cara hidup kita, mereka melihat kita berbeda dengan dunia ini.

Baca Juga Renungan : Segenap Hidup Untuk Tuhan

Kalau cara hidup kita tidak berbeda dengan dunia ini, maka kita sama dengan dunia ini. Sama dengan dunia ini berarti kehidupan kita juga semakin hari semakin membusuk dan tidak berarti apa-apa. Dan itu yang Firman Tuhan maksudkan sebagai garam yang menjadi tawar. Artinya kehidupan kita sebagai orang percaya tidak ada artinya. Percaya kita kepada Allah pun tidak ada artinya, karena kita tidak menjadi pribadi seperti yang Tuhan inginkan yaitu bisa menggarami dunia ini.

Firman Tuhan juga mengatakan bahwa kita harus menjadi terang. Dan itu jelas, sebab kita saat ini hidup di dunia yang penuh kegelapan, dunia yang penuh dengan kejahatan. Menjadi terang artinya, apa pun yang kita lakukan semuanya haruslah kebenaran sesuai dengan yang Tuhan kehendaki.

Tentu kebenaran  itu harus terlihat nyata mulai dari, perkataan, sikap, tindakan, gerak pikiran, dan seluruh perbuatan kita harus benar seperti yang Allah kehendaki. Kebenaran itu juga yang akan membuat kita terlihat berbeda dengan dunia ini. Dan dengan dengan cara hidup yang demikian, maka kita akan mempermuliakan Bapa di Sorga.

Jika kita mau menyadari akan panggilan kita untuk menjadi garam, untuk menjadi terang, maka kita akan menjauhkan diri dari segala bentuk cara hidup dunia yang penuh dengan kejahatan. Kita tidak akan gampang menyakiti orang lain dengan cara hidup kita, tidak gampang melukai orang lain dengan cara hidup kita, tidak mengorbankan orang lain dengan cara hidup kita, memfitnah, membenci, dendam, sampai kepada menyimpan kepahitan.

Dengar Renungan Audio : Apa Yang Dicari Di Dunia

Menjadi garam, menjadi terang, akan membuat kehidupan kita terlihat berbeda dengan cara hidup orang-orang dunia. Karena kita tahu bukan dunia ini yang kita inginkan, bukan dunia ini tujuan hidup kita, sebab tujuan hidup kita hanya satu yaitu Tuhan dan Kerajaan-Nya. Dan selama kita hidup di dunia ini, kita tahu bahwa panggilan hidup kita adalah menggarami dunia ini, menerangi dunia ini dengan kebenaran, dan membawa jiwa-jiwa datang kepada Bapa lewat cara hidup kita. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin

Baca Juga Renungan : Merenungkan Firman Siang Dan Malam

Renungan Oleh, Pdt.Franky Tutuhatunewa | Original Content Renunganhariini.com     

You might like

About the Author: RHI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *