MENJADI MURID TUHAN

RENUNGAN HARIAN 4543 Kali Dibaca

Renungan hari ini 27 november 2013 adalah, Menjadi Murid Tuhan. Saat Tuhan Yesus datang kedunia, Ia memilih 12 orang menjadi murid-Nya yang selalu mengikuti Dia kemanapun Ia pergi untuk melayani sesuai dengan tugas mulia yang Ia terima dari bapa di Sorga, dan pelayanan itu Ia lakukan dengan taat sampai pada akhirnya, yaitu sampai Ia mati diatas kayu salib sebagai sebuah bentuk pengorbananNya untuk menebus semua manusia dari tangan kuasa kegelapan supaya semua manusia ciptaanNya bisa dikembalikan menjadi milik Allah.

Setelah Tuhan Yesus kembali ke Sorga maka tongkat estafet pelayanan itu diserahkan kepada murid-muridnya untuk melanjutkan pelayanan yang sudah Ia lakukan selama Ia berada bersama-sama dengan mereka, tentu dengan satu tujuan yaitu semua bangsa harus menjadi murid Tuhan. Dan ini merupakan sebuah perintah yang Tuhan berikan kepada mereka seperti yang ditulis didalam Matius 28:19-20.

28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Menjadi seorang murid berarti seseorang harus masuk didalam proses belajar samapai  tiba waktunya ia dinyatakan lulus dari proses belajar tersebut. Hal ini sama dengan murid-murid Tuhan Yesus yang saat itu juga masuk dalam proses belajar, dimana proses belajar itu adalah saat mereka berjalan keliling bersama-sama dengan Tuhan Yesus untuk melayani, sampai Tuhan Yesus kembali ke Sorga, artinya sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan oleh Bapa di Sorga tugas Tuhan Yesus sudah selesai, lalu Ia memberikan tugas kepada murid-muridnya untuk melanjutkan pelayananNya supaya menjadikan semua bangsa menjadi muridNya.

Pertanyaannya kapan murid-murid Tuhan Yesus itu dinyatakan lulus sehingga mereka bisa menjadi guru untuk mengajarkan orang lain sebagai murid sesuai perintah Tuhan untuk pergi dan jadikan semua bangsa menjadi murid Tuhan . . ?. Jawabnya, mereka juga belum lulus tetapi dipandang Tuhan sebagai murid yang telah mengerti apa yang menjadi kehendak Tuhan dan itulah yang harus mereka ajarkan kepada orang lain supaya orang lain juga bisa diterima menjadi murid Tuhan. Jadi dalam hal ini mereka masih tetap murid yang dipandang telah layak untuk memuridkan orang lain.

Kelulusan seorang murid Tuhan adalah nanti pada waktunya dimana ia harus berjumpa dengan Tuhan muka dengan muka, dan disitulah ia akan mendengar pengakuan Tuhan, apakah ia dikenal oleh Tuhan atau tidak. Murid yang dikenal oleh Tuhan berarti ia akan diperkenankan tinggal bersama-sama dengan Tuhan didalam kerajaanNya didalam kekekalan, yaitu sebuah kehidupan yang tidak pernah berakhir.

Saudara yang dikasihi Tuhan, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh setiap orang percaya barulah seseorang bisa diakui menjadi murid Tuhan, dan kritreria itu harus dijalankan dengan benar supaya nantinya bila ia sudah melakukan kriteria yang Tuhan inginkan ia juga bisa memuridkan orang lain, perhatikan beberapa kriteria yang tertulis dalam firman Tuhan ini.

Lukas 14:26-27

14:26 “Jikalau seorang datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapanya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.

14:27 Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.

Lukas

14:33 Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku.

Dari kriteria sesuai kebenaran Firman Tuhan ini, yang harus kita lakukan adalah:

  1. Sekalipun kita mengasihi keluarga dan orang-orang yang kita cintai, bahkan nyawa kita sendiri, tetapi selama kita menjalani hidup ini, kepentingan Tuhan harus diatas segala-galanya, atau dengan kata lain kita harus mengutamakan Tuhan diatas segala-galanya. Kalau tidak kita tidak bisa menjadi murid Tuhan.
  2. Kalau kita berkata kita adalah orang percaya yang percaya kepada Kristus, maka kita harus turut mengambil bagian dalam penderitaan kristus, yaitu memikul salibNya, dan hidup didalam ketaatan melakukan perintah Tuhan, sama seperti Kristus yang telah taat sampai mati diatas kayu salib. Kurang dari ini berarti kita tidak pantas menjadi murid Tuhan.
  3. Harus melepaskan diri dari segala keterikatan dengan kesenangan dunia, yaitu segala sesuatu yang kita miliki dan dipandang bisa memberikan kenyamanan hidup dan kesenangan bagi diri kita. Karena bila kita masih terikat dengan semuanya itu berati kita tidak dapat menjadi murid Tuhan.

Sebagai orang percaya, setiap orang harus melakukan semuanya itu dengan sungguh-sungguh selama ia  hidup di dunia ini, sebab bila tidak melakukan semua kriteria yang sudah Tuhan katakan, maka siapapun ia tidak akan bisa menjadi murid Tuhan, artinya pada akhirnya ia juga tidak akan dikenal oleh Tuhan, yang berarti akan ikut terbuang kedalam api kekal bersama iblis dan pengikutnya.

Ingat pesan ini:

  1. Utamakanlah Tuhan diatas segala-galanya.
  2. Lakukanlah perintahNya.
  3. Jadilah murid yang taat, supaya engkau bisa memuridkan orang lain untuk menjadi murid Tuhan.

Bila engkau melakukan semua ini dengan sungguh-sungguh maka tanda kelulusan itu akan engkau terima pada saat Tuhan datang yaitu, engkau akan menerima mahkota kehidupan dan tinggal bersama Tuhan didalam KerajaanNya. Amin.

Bila engkau diberkati dengan renungan ini, maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi. renunganhariini.com

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , ,

Related For MENJADI MURID TUHAN