MENJADI TERANG DALAM KEGELAPAN

RENUNGAN HARIAN 3790 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan Harian – Menjadi Terang Dalam Kegelapan. Shalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan kita saat ini adalah; Menjadi Terang Dalam Kegelapan.

Saudaraku, kita harus menyadari bahwa sebagai orang percaya kita terpanggil untuk menjadi terang, supaya lewat hidup kita banyak orang bisa diselamatkan di dalam Tuhan Yesus Kristus. Hal itu seperti yang firman Tuhan katakan di dalam;

Kisah Para Rasul  13:47

13:47 Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi.”

Persoalannya sekarang adalah, bagaimana mungkin kita bisa menjadi terang kalau kita sendiri masih berjalan dalam kegelapan. Orang yang memimpin orang lain berjalan dalam kegelapan pasti akan tersesat, sehingga akan berpotensi juga menyesatkan orang lain, dengan demikian tidak mungkin akan sampai pada tujuan.

Kalau firman Tuhan katakan; “supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi” artinya setelah kita berada dalam terang keselamatan, maka kita harus menyatakan keselamatan itu bagi banyak orang. Supaya orang-orang yang masih tinggal dalam kegelapan dunia bisa diselamatkan di dalam Tuhan Yesus Kristus.

Setiap orang yang mau menjadi terang bagi orang lain, itu berarti seluruh hidupnya sudah tidak berada lagi dalam kegelapan, barulah ia bisa menjadi terang untuk orang lain. Itulah kenapa setelah kita menerima keselamatan di dalam Tuhan Yesus Kristus, kita harus keluar dari kegelapan dunia, dan tinggal di dalam terangnya Tuhan.

Saat ini ada begitu banyak orang yang mengaku percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat, tetapi mereka tetap memilih untuk tinggal dalam kegelapan dunia. Artinya mulut mereka mengaku percaya kepada Yesus, namun hati mereka tetap terikat dengan dunia.

Orang-orang seperti ini hidup mereka tidak berbeda dengan orang yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus. Sebab kalau kita percaya kepada Tuhan Yesus, maka hidup kita juga harus seperti hidupnya Tuhan Yesus. Kalau kita tidak hidup sama seperti Tuhan Yesus, itu artinya kita masih tinggal dalam kegelapan. Firman Tuhan katakan di dalam;

Matius 6:22 – 23

6:22 Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu;

6:23 jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

Menjadi Terang Dalam Kegelapan

Renungan Harian : Menjadi Terang Dalam Kegelapan | Renunganhariini.com

Kita harus mengerti bahwa kata mata yang dimaksudkan dalam ayat firman Tuhan ini berbicara tentang hati nurani kita. Sebagai orang percaya kita tidak boleh lagi dipimpin oleh hati nurani kita yang gelap, sebab kalau kita sudah berada di dalam Kristus, itu artinya kita harus memiliki hati nurani yang baru yaitu hati nurani ilahi.

Hati nurani ilahi yang dimaksudkan disini adalah hati nurani yang telah dibaharui, hati nurani yang telah diterangi oleh kebenaran injil Kristus, hati nurani yang tidak dicemari lagi oleh berbagai hawa nafsu daging dan berbagai keinginan dunia.

Jadi dari pernyataan Tuhan Yesus dalam ayat firman Tuhan diatas maksudnya adalah, kalau hati nurani kita tidak diisi dengan kebenaran firman Tuhan yaitu injil Kristus, maka kita akan tetap hidup dalam kegelapan dunia.

Kenapa dikatakan kita tetap hidup dalam kegelapan?. Karena kita sekalipun mengaku percaya kepada Kristus, namun kita tidak pernah mengenakan pikiran Tuhan, tahu apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Itulah kenapa kita harus tetap menyadari bahwa sebagai orang percaya kita harus terus berjuang untuk hidup mengenakan pikiran dan perasaan Kristus. Dan memang hal ini tidak mudah, kalau kita tidak mau berjuang dengan sungguh-sungguh.

Orang yang tidak mengenakan pikiran Kristus dalam hidupnya, maka ia tidak akan mungkin mengerti akan kehendak Allah Bapa. Dan orang yang tidak mengerti akan kehendak Allah tidak mungkin hidup melakukan kehendak Allah. Padahal firman Tuhan bahwa hanya orang yang melakukan kehendak Allah Bapa yang akan diterima dalam kerajaan Sorga.

Matius 7:21

7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

Itulah kenapa kita harus berjuang untuk terus hidup dalam terang Tuhan atau hidup dalam kebenaran injil Kristus, artinya hidup seturut dengan firman Tuhan, supaya seluruh hati kita bisa diterangi oleh firman Tuhan, sehingga kita bisa mengerti akan kehendak Allah.

Kalau kita mau tetap tinggal dalam terang firman Tuhan, maka kita bisa menjadi terang bagi orang lain yang ada di dalam kegelapan, supaya lewat hidup kita orang lain juga bisa keluar dari kegelapan untuk tinggal di dalam terang kebenaran injil Kristus.

Sesungguhnya menjadi terang bagi orang lain itu adalah panggilan kita sebagai orang percaya, seperti yang firman Tuhan katakan, kita harus menjadi terang bagi bangsa-bangsa.

Kiranya kebenaran ini semakin membuat kita menyadari bahwa kita tidak akan mungkin bisa menjadi terang kalau kita sendiri masih hidup dalam kegelapan. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca Juga : Semua Yang Hidup Seperti Rumput

Renungan oleh Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2017 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: ,

Related For MENJADI TERANG DALAM KEGELAPAN