MENOLAK PERINTAH ALLAH BERARTI MENOLAK KESELAMATAN

RENUNGAN HARIAN 975 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan Harian – Menolak Perintah Allah Berarti Menolak Keselamatan. Shalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan kita saat ini adalah; Menolak Perintah Allah Berarti Menolak Keselamatan.

Saudaraku, kita harus sungguh-sungguh menyadari bahwa manusia itu adalah makhluk kekal. Manusia tidak sama dengan binatang yang hidup hari ini dan setelah besok mati tidak memiliki kehidupan lagi di kekekalan. Tetapi manusia, hidup hari ini dan setelah mati akan masuk kepada kehidupan kekal. Hal itu karena di dalam diri manusia terdapat roh yang dari Allah, sehingga manusia memiliki unsur kekal.

Pada mulanya roh yang ditempatkan Allah di dalam diri manusia itulah yang membuat manusia disebut sebagai anak-anak Allah. Tetapi setelah manusia jatuh dalam dosa, maka manusia kehilangan kemuliaan Allah. Kehilangan kemuliaan Allah berarti tidak serupa lagi dengan Allah. Hal itu berarti manusia tidak bisa lagi disebut sebagai anak-anak Allah. Dengan demikian setelah mati maka semua manusia akan terbuang ke dalam kegelapan abadi di api neraka. Tentu akibat dosa yang diperbuat oleh manusia. Firman Tuhan katakan di dalam;

Roma  3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,

Roma 6:23 Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.  

Manusia jatuh ke dalam dosa karena menolak perintah Allah. Perintah Allah yang mana?. Firman Tuhan katakan di dalam;

Kejadian 2:16 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, 2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.”

Itulah kenapa menolak perintah Allah berarti menolak keselamatan. Tetapi syukur kepada Allah, sebab oleh kasih karunia Allah, manusia kembali diberikan anugerah keselamatan oleh Allah yang dikerjakan oleh Tuhan Yesus Kristus, lewat pengorbanan-Nya diatas kayu salib.

Setelah menerima anugerah keselamatan di dalam Tuhan Yesus, maka manusia kembali memiliki pengharapan untuk menjadi anak-anak Allah. Itu artinya, selama kita hidup di dunia ini, maka keselamatan itu masih harus dikerjakan, jadi bukan otomatis dibawa ke sorga. Itulah kenapa firman Tuhan katakan kerjakanlah keselamatanmu dengan takut dan gentar.

Kenapa keselamatan masih harus dikerjakan?. Karena selama kita masih hidup di dunia ini, kita harus berjuang untuk memerangi karakter dosa yang masih melekat pada tubuh kita, sebab tubuh yang kita diami saat ini adalah tubuh daging atau tubuh yang fana dan bukan tubuh kemuliaan. Itulah kenapa firman Tuhan katakan;

Roma  6:12 Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya.

Menolak Perintah Allah Berarti Menolak Keselamatan

Renungan Harian : Menolak Perintah Allah Berarti Menolak Keselamatan | Renunganhariini.com

Keselamatan masih harus diperjuangkan karena seperti yang firman Tuhan katakan, kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata. Itulah sifat dosa yang masih melekat pada tubuh manusia.

Di dunia inilah kita harus berjuang melawan dosa, artinya kita harus memaksa diri kita untuk tidak lagi hidup di dalam dosa. Sebab kalau kita tidak berjuang melawan dosa dan masih mau hidup dalam dosa, itu artinya kita melanggar perintah Allah, dan orang yang melanggar perintah Allah sama dengan menolak keselamatan dari Allah. Itulah kenapa firman Tuhan katakan di dalam;

Wahyu 21:7 Barangsiapa menang, ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Allahnya dan ia akan menjadi anak-Ku.

Jadi kalau selama di dunia ini kita tidak berjuang memerangi sifat dosa yang masih melekat dalam diri kita sebagai manusia, maka kita tidak mungkin bisa menang atas dosa. Tidak menang atas dosa berarti kita tidak akan diterima di dalam Kerajaan Allah Bapa di sorga, karena tidak akan diakui sebagai anak Allah.

Pada akhirnya, kita bisa mengerti sekarang kalau hidup kekristenan itu tidak mudah. Jadi kalau ada yang mengajarkan bahwa kita sudah ditebus oleh Tuhan Yesus, saat ini kita hidup sebagai anak-anak Tuhan pasti diberkati dan mati pasti masuk sorga, saya harus jujur katakan bahwa itu adalah penyesatan.

Sebab seperti yang firman Tuhan katakan diatas bahwa kita harus menang, baru kita bisa menjadi anak Allah, diakui oleh Allah sebagai anak-Nya. Jadi kalau kita tidak menang maka kita tidak akan mungkin dikenal oleh Allah.

Orang percaya yang mau menang atas dosa selama masih hidup di dunia ini tidak punya pilihan lain, selain harus hidup sama seperti cara hidupnya Tuhan Yesus. Sebab cara hidup Tuhan Yesus itu adalah cara hidup yang dikehendaki oleh Allah Bapa di sorga.

Oleh sebab itu kita harus menyadari bahwa kita hidup hari ini bukan untuk menikmati kenyamanan hidup dunia saat ini. Tetapi kita hidup hari ini untuk mempersiapkan masa depan hidup kita di kekekalan nanti, dan ini yang selalu saya katakan terus menerus.

Kalau kita tidak mempersiapkan masa depan hidup kita di kekekalan mulai sekarang, maka kita akan gagal hidup sebagai orang pecaya. Pada akhirnya di kekekalan nanti kita akan terpisah dari hadirat Allah dan terbuang ke dalam kegelapan abadi yang penuh kengerian dalam api neraka untuk selama-lamanya.

Itulah kenapa selagi masih ada kesempatan saat ini, kita harus bertobat dan mulai hidup menuruti perintah Tuhan yaitu melakukan kehendak-Nya. Dan orang yang hidup melakukan kehendak Tuhan selama di dunia ini, merekalah yang akan diterima di dalam Kerajaan Allah Bapa di sorga. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca Juga : Apa Gunanya Memperoleh Seluruh Dunia

Renungan oleh Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2017 – Original Content | Renunganhariini.com

Related For MENOLAK PERINTAH ALLAH BERARTI MENOLAK KESELAMATAN