MENYADARI KESALAHAN

RENUNGAN HARIAN 2461 Kali Dibaca

Renungan hari ini 23 Januari 2014 adalah “ Menyadari Keslahan”. Sebelum membaca renungan ini mari kita berdoa.

Doa : Bapa yang baik, saat kami membaca renungan ini ya Tuhan, ajar kami mengerti akan kebenaran FirmanMu, supaya oleh kuasa FirmanMu kami semakin menyadari akan cara hidup kami yang salah dan sering melukai hatiMu, baharui kami Tuhan supaya kami boleh hidup sesuai kebenaranMu. Didalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa, haleluya. Amin.

Setiap manusia pada umumnya selalu memiliki karakter yang berbeda, dan dengan karkter yang berbeda ini maka maka pola pikir setiap orang juga berbeda. Tentu hal ini akan mempengaruhi cara hidup setiap orang, baik itu dalam berkata-kata, dalam bertindak, dalam bersikap, dan dalam setiap apapun yang diperbuatnya pasti ikut dipengaruhi oleh karakter orang tersebut.

Seseorang yang mau belajar akan kebenaran Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh maka cepat atau lambat akan memiliki karakter yang berbeda dengan karakter orang yang tidak belajar Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh, atau berbeda dengan orang-orang dunia pada umumnya. Orang yang belajar kebenaran Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh akan memiliki kepekaan atau kecerdasan roh untuk menyadari setiap perbuatannya sekecil apapun.

Kecerdasan roh yang dimiliki oleh setiap orang yang sungguh-sungguh mau hidup sesuai Firman Tuhan inilah yang membuat ia akan cepat menyadari setiap kesalahannya dalam bentuk apapun, baik itu yang diperbuatnya secara sengaja atau tidak, baik itu yang dilakukan lewat pikiran atau sikap hati ia akan menyadarinya. Hal ini akan berbeda dengan orang yang tidak memiliki kecerdasan roh atau kepekaan, karena bagi orang yang seperti ini, setiap perbuatannya yang salah, baik perkataannya, pikirannya, atau sikap hatinya, akan tetap dianggap sebagai sesuatu yang biasa saja atau yang wajar. Hal ini dikarenakan orang tersebut menganggap bahwa apapun yang ia perbuat itu yang benar. Jadi dalam hal ini sekalipun apang yang diperbuatnya itu salah tetapi tidak pernah menyadari kalau itu sebuah kesalahan.

Kalau cara hidup seperti ini masih dimiliki oleh anak-anak Tuhan maka ia harus segera menyadarinya dan mengambil keputusan untuk berubah, karena sebagai anak-anak Tuhan setiap orang percaya harus mencerminkan pribadi Kristus. Oleh sebab itu saya katakan diatas bahwa bila seseorang mau sungguh-sungguh belajar Firman Tuhan maka karakternya akan berbeda dengan orang dunia pada umumnya, karena dalam setiap kebenaran Firman itu semua yang disampaikan adalah sebuah cara hidup yang Tuhan kehendaki yang mencerminkan cara hidup Kristus dan pribadi Kristus.

Setiap orang yang belajar Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh akan cepat menyadari setiap kesalahannya, baik itu kesalahan secara moral umum atau kesalahan didalam bersikap, berpikir, berkata-kata, atau bertindak. Dasar dari kesadaran akan sebuah kesalahan adalah karena Firman Tuhan yang diam didalam setiap kita sebagai orang percaya menerangi mata hati kita untuk menyadari setiap gerak hidup kita yang salah, apalagi kalau kita mau hidup sesuai Firman dan takut akan Tuhan.

Firman Tuhan katakan didalam Amsal 9:10 Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian. Jadi bila seseorang belajar Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh maka ia akan semakin hidup takut akan Tuhan, sebab ia akan semakin mengenal dan mengerti akan kehendak Tuhan. Dengan mengenal Tuhan semakin dalam maka hati dan pikirannya akan dipenuhi oleh hikmat Tuhan, sehingga sekecil apapun kesalahan dilakukan, ia akan sangat merasa tersiksa dengan perasaan bersalah. Pertanyaannya kenapa timbul perasaan bersalah ?. Karena sesungguhnya ia telah mengerti bahwa apa yang diperbuatnya itu tidak sesuai kehendak Tuhan, jadi Firman itu akan menjadi pribadi yang selalu mengingatkan atau menyadarkan setiap orang percaya atau anak-anak Tuhan, bahwa perbuatannya salah.

Dengan menyadari setiap kesalahan maka sebagai orang yang hidup takut akan Tuhan  akan selalu memohon pengampunan Tuhan, karena sikap hatinya, pikirannya atau perbuatan sudah melukai hati Tuhan. Ini adalah sebuah cara hidup yang membuat setiap orang percaya akan selalu merasa dikurung oleh rasa takut untuk berbuat salah. Bila kita menjadi orang tidak pernah mau menyadari setiap tindakan hidup kita yang salah maka sesungguhnya kita sedang berjalan menuju kebinasaan yang berakibat pada maut. Namun karena hidup takut akan Tuhan lalu kalau kita cepat untuk menyadari kesalahan yang kita perbuat maka Firman Tuhan katakan dalam Amsal 14:27 Takut akan TUHAN adalah sumber kehidupan sehingga orang terhindar dari jerat maut.

Dengan mengerti kebenaran ini maka kita tahu benar bahwa sebagai anak-anak Tuhan betapa pentingnya kita belajar Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh, supaya kita memiliki kecerdasan roh dan memiliki kepekaan untuk membedakan mana yang menjadi kehendak Allah apa yang baik yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna (Roma 12:2).

Seringkali ada begitu banyak orang percaya atau orang kristen yang tidak mau sungguh-sungguh belajar akan kebenaran Firman Tuhan hanya karena ia takut kehilangan sahabat-sahabatnya yang masih menjadi anak-anak dunia. Jujur saya harus katakan bahwa ini adalah ketakutan yang salah, dan sebagai anak Tuhan kita harus cepat untuk menyadari akan kesalahan ini, sebab walaupun nantinya kita harus ditolak oleh dunia ini karena kita mau hidup takut akan Tuhan, maka Firman Tuhan katakan dalam Mazmur 25:14 TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka. Ini yang terpenting, jadi kita tidak perlu takut kehilangan sahabat-sahabat yang masih menjadi anak-anak dunia. Karena  bersahabat dengan Tuhan itu lebih dari segala-galanya dan akan membuat kita semakin peka untuk membatasi diri dalam pergaulan, karena kita tahu mana yang baik dan mana yang tidak baik.

Jadi mari mulai saat ini sebagai orang percaya kita mau untuk sungguh-sungguh belajar Firman Tuhan supaya kita akan semakin memiliki kecerdasan roh serta kepekaan yang akan membuat kita semakin menyadari setiap gerak hidup kita ini apakah sudah berkenan dihadapan Tuhan atau belum.

Ingat pesan ini:

  1. Penting untuk memiliki kecerdasan roh serta kepekaan supaya kita bisa menyadari setiap gerak hidup kita yang salah.
  2. Jangan menjadi orang yang bodoh dengan mengabaikan waktu-waktu yang Tuhan berikan dengan tidak belajar Firman Tuhan.
  3. Orang yang hidup takut akan Tuhan telah berada pada sumber kehidupan yang sesungguhnya.

Kiranya kebenaran ini memberkati kita semua. Dan jika engkau diberkati dengan kebenaran ini, maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi. renunganhariini.com. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , , ,

Related For MENYADARI KESALAHAN