MENYEMPURNAKAN KEKUDUSAN

RENUNGAN HARIAN 1256 Kali Dibaca

Renungan Harian – Selasa, 17 Februari 2015. Menyempurnakan Kekudusan.

Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Setiap kita sebagai orang percaya seharusnya benar-benar menyadari bahwa seluruh gerak kehidupan kita harus didapatkan kudus di hadapan Tuhan, oleh sebab itu kita tidak punya pilihan lain selain harus menyempurnakan kekudusan kita secara pribadi lepas pribadi, supaya pada akhirnya kita bisa menjadi sempurna sama seperti Allah Bapa di sorga yang adalah sempurna.

Inillah yang Tuhan kehendaki atas hidup orang percaya, dan firman Tuhan katakan di dalam Matius 5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.” Bila kita perhatikan apa yang firman Tuhan katakan maka disitu ada kata “haruslah kamu sempurna” yang artinya tidak boleh tidak sempurna.

Setiap orang percaya akan menjadi sempurna jika ia benar-benar menjaga hidupnya supaya kudus dihadapan Tuhan. Jadi kekudusan inilah yang harus dikejar oleh setiap kita sebagai orang percaya, karena kita tahu benar bahwa Allah itu adalah Allah yang kudus yang tidak dapat menyatu dengan segala sesuatu yang tidak kudus.

Firman Tuhan katakan di dalam, II Korintus 7:1 Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.

Kalau kita memperhatikan kebenaran firman Tuhan diatas maka Tuhan mau supaya kita harus menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani.

Pencemaran Jasmani

Kenapa dikatakan pencemaran jasmani?. Sebagai orang percaya kita harus menyadari bahwa tubuh kita ini adalah milik Allah, jadi kita tidak berhak atas tubuh kita ini, sebab kita sudah dibeli dan harganya lunas dibayar, oleh sebab itu kita tidak berhak dan tidak boleh mencemari tubuh jasmani kita dengan berbagai hal yang tidak berkenan dihadapan Tuhan, karena tubuh kitapun merupakan bait Roh Kudus.

Firman Tuhan katakan di dalam, I Korintus 6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, — dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? 6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Tujuan utama dari tidak boleh melakukan pencemaran jasmani atas tubuh kita adalah supaya kita bisa memuliakan Allah dengan tubuh jasmani kita ini.

Kalau masih ada orang percaya yang mencemari tubuhnya dengan berbagai hal yang tidak berkenan dihadapan Allah, itu artinya ia telah mencuri hak milik Allah, karena dikatakan oleh firman Tuhan bahwa, kita sudah dibeli dan harganya lunas dibayar, artinya kepemilikan hidup ini sudah bukan milik kita lagi, tetapi milik Allah.

Mencuri milik Allah yaitu bila kita mencemari tubuh kita dengan berbagai hal-hal yang tidak berkenan dihadapan Allah maka dampaknya adalah kita tidak akan menjadi bagian dari orang-orang yang menerima janji-janji Allah, seperti yang firman Tuhan katakan di atas bahawa “Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu”.

Janji yang mana?. Janji keselamatan didalam Kristus Yesus dan janji menjadi ahli waris jika kita hidup berkenan, maka kita bukan lagi hamba tetapi anak-anak Allah.

Menyempurnakan Kekudusan

Ilustrasi : Renungan Harian – Menyempurnakan Kekudusan | renunganhariini.com

Firman Tuhan katakan didalam, Galatia 4:6 Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: “ya Abba, ya Bapa!” 4:7 Jadi kamu bukan lagi hamba, melainkan anak; jikalau kamu anak, maka kamu juga adalah ahli-ahli waris, oleh Allah.

Jadi betapa pentingnya kita sebagai orang percaya harus menjaga tubuh jasmani kita agar tidak dicemari dengan apapun.

Pecemaran Rohani

Pencemaran rohani sangat sering terjadi dalam kehidupan banyak orang percaya. Sebagai orang percaya kita mengaku percaya kepada Allah didalam Tuhan Yesus Kristus, tetapi seringkali dari tindakan hidup kita yang dipenuhi dengan kecemasan, ketakutan, kekuatiran, mengeluh, bersungut-sungut, ini semua menunjukan bahwa kita sebenarnya belum percaya kepada Allah.

Kalaupun kita tetap berkata bahwa kita percaya kepada Allah didalam Tuhan Yesus Kristus, tetapi masih melakukan hal-hal diatas maka sesungguhnya kita telah melakukan pencemaran rohani, artinya kita telah memiliki cara berpikir yang salah, sebab orang percaya tidak perlu takut terhadap apapun yang akan terjadi dengan hidupnya, karena ia tahu benar kepada siapa ia percaya.

Sebagai orang percaya kita harus tetap menyadari bahwa Allah selalu melakukan yang terbaik bagi anak-anakNya.

Firman Tuhan katakan didalam Roma 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. 8:30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. 8:31 Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?

Hidup sesuai dengan kebenaran firman Tuhan itu artinya kita sedang berusaha untuk menyempurnakan kekudusan, itu juga artinya kita sedang mengejar kekudusan Allah, sebab tanpa kekudusan tidak ada seorangpun yang dapat melihat Allah.

Jangan lupa untuk menyimak juga : Kedahsyatan Kekekalan.

Tuhan Yesus memberkati kita semua.Amin.

tags: ,

Related For MENYEMPURNAKAN KEKUDUSAN