MENYERAHKAN DIRI SEPENUHNYA KEPADA TUHAN

RENUNGAN HARIAN 2200 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan Harian – Menyerahkan Diri Sepenuhnya Kepada Tuhan. Shalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan kita saat ini adalah; Menyerahkan Diri Sepenuhnya Kepada Tuhan.

Saudaraku, satu hal yang harus kita sadari adalah, setelah manusia jatuh ke dalam dosa pada mulanya, maka manusia terpisah dari Allah. Oleh kasih karunia Allah, manusia boleh menerima anugerah keselamatan di dalam Tuhan Yesus kristus.

Anugerah keselamatan inilah yang dapat membawa manusia dikembalikan kepada rancangan Allah semula, sehingga kita bisa menjadi manusia seperti yang Allah kehendaki, yaitu manusia saat pertama kali diciptakan oleh Allah dan ada dalam keadaan sempurna sama seperti Allah dalam kesucian dan kekudusan Allah.

Persoalannya sekarang adalah anugerah keselamatan ini harus dikerjakan. Artinya kita harus meresponi anugerah keselamatan ini dengan benar. Tentu kita sudah seringkali mendengarkan firman Tuhan yang berkata “Kerjakanlah keselamatanmu dengan takut dan gentar.” Ini artinya kita dituntut untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah.

Jadi meresponi anugerah keselamatan yang Allah berikan, tidak cukup hanya dengan menjadi orang percaya, atau menjadi orang kristen. Sebab kita harus menyadari bahwa setiap orang yang telah menerima anugerah keselamatan di dalam Tuhan Yesus Kristus, itu artinya hidupnya, sepenuhnya telah menjadi milik Tuhan. Firman Tuhan katakan di dalam;

1 Korintus 6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, — dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? 6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Menyerahkan Hidup Kepada Tuhan

Atas kesadaran bahwa hidup kita sepenuhnya adalah milik Tuhan, maka kita harus menyerahkan sepenuhnya hidup kita ini, untuk hidup di dalam pengaturan Tuhan. Hidup di dalam pengaturan Tuhan artinya, kita harus hidup melakukan apapun yang menjadi kehendak Tuhan, dalam ketaatan penuh, sama seperti cara hidup Tuhan Yesus yang taat sepenuhnya melakukan kehendak Bapa-Nya di sorga.

Dengan demikian, untuk kembali menjadi manusia seperti yang Allah kehendaki, maka kita harus hidup sama seperti Tuhan Yesus telah hidup. Atau dengan kata lain, kita harus hidup mengenakan karakter Kristus dalam sepanjang kehidupan kita, selama kita masih hidup di dunia ini.

Menyerahkan Diri Sepenuhnya Kepada Tuhan

Renungan Harian Kristen : Menyerahkan Diri Sepenuhnya Kepada Tuhan | Renunganhariini.com

Orang percaya yang telah menerima anugerah keselamatan dari Allah, dimana ia menyadari bahwa dirinya sudah ditebus oleh darah Tuhan Yesus Kristus, dan sekarang hidupnya sudah sepenuhnya menjadi milik Tuhan, maka ia tidak berhak lagi atas hidupnya.

Pikiran Dan Perasaan Kristus

Dalam hal ini setiap kita yang telah menyerahkan diri sepenuhnya menjadi milik Tuhan, sudah tidak boleh lagi menggunakan pikiran, dan perasaan atau tubuh fisik yang kita miliki ini untuk kepentingan kesenangan diri sendiri. Hal ini juga tentu termasuk setiap sikap, tindakan, dan perkataan yang terucap dari mulut kita, harus kita pikirkan, apakah ini sesuai dengan kehendak Tuhan atau tidak.

Itulah kenapa firman Tuhan mengingatkan kita, supaya dalam hidup ini kita harus mengenakan pikiran dan perasaan Kristus. Sebab dengan mengenakan pikiran dan perasaan Kristus, maka semua yang akan kita lakukan hanya memiliki satu tujuan yaitu, menyukakan dan menyenangkan hati Allah Bapa di sorga, dan semua itu untuk kepentingan Kerajaan Allah.

Bejana Jiwa

Kalau kita mau jujur, selama ini bejana jiwa kita sudah terlanjur terisi penuh dengan berbagai gaya hidup dunia. Sehingga ekspresi gaya hidup kita yang nampak dalam kehidupan kita setiap hari adalah gaya hidup dunia. Olehnya dengan menyadari bahwa hidup kita sudah sepenuhnya milik Tuhan, maka kita harus membuang atau mengosongkan bejana jiwa kita yang penuh dengan gaya hidup dunia, dan mulai mengisi bejana jiwa kita dengan gaya hidup Tuhan Yesus, sehingga kita dapat mengekspresikan gaya hidup Tuhan Yesus dalam kehidupan kita. Tujuannya adalah supaya setiap orang dapat melihat Kristus hidup di dalam kita.

Galatia  2:20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.

Hidup memperagakan gaya hidup Tuhan Yesus ini bukan tanpa tujuan, sebab dengan hidup sama seperti Kristus telah hidup, maka hidup kita bisa menggarami orang lain yang ada disekitar kita, di lingkungan dimana kita berada, supaya mereka juga bisa mengalami perubahan gaya hidup dan memiliki hidup yang sama seperti Kristus.

Orang yang telah memiliki gaya hidup Tuhan Yesus, sesungguhnya tidak akan lagi tertarik dengan gaya hidup dunia, sebab orang-orang seperti ini akan memiliki kesadaran bahwa dunia tidak dapat memberikan kebahagiaan abadi bagi dirinya.

Orang percaya yang mau hidup sama seperti Kristus, akan selalu menjadikan Tuhan satu-satunya kebahagiaan hidupnya. Atau dengan kata lain ia akan merasa, ia tidak dapat hidup tanpa Tuhan.

Dengan prinsip hidup seperti ini maka setiap gerak pikiran dan perasaannya sudah tidak lagi tertuju kepada dunia ini dengan segala kesenangannya. Sebab yang dipikirkan adalah perkara-perkara yang di atas dan bukan yang di bumi. Dan itulah yang firman Tuhan katakan di dalam;

Kolose 3:1 Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. 3:2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.

Dengan terus mengarahkan pikiran kita hanya untuk perkara-perkara yang di atas, yaitu perkara-perkara sorgawi, maka seindah apapun daya tarik dunia akan menjadi pudar dimata kita, dan hanya Sorga satu-satunya yang menjadi kerinduan hidup kita.

Tidak ada cara lain kalau kita mau hidup mengikuti gaya hidup Kristus, selain kita harus menyerahkan diri kita sepenuhnya kepada Tuhan, dan terus membangun persekutuan dengan Tuhan hari lepas hari, terus mencari Tuhan dengan cara belajar kebenaran firman Tuhan yang murni, hingga kita pada akhirnya bisa mengalami Tuhan secara nyata dalam setiap gerak kehidupan kita.

Dengan memiliki prinsip hidup seperti ini, maka semua irama hidup kita akan berjalan sesuai atau seirama dengan Tuhan. Dan irama hidup seperti inilah yang dikehendaki oleh Allah Bapa di sorga, dan itu bisa memuaskan perasaan-Nya, menyukakan dan menyenangkan hati-Nya. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca Juga : Orang Percaya Harus Berbuah

Artikel by Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2016 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: ,

Related For MENYERAHKAN DIRI SEPENUHNYA KEPADA TUHAN