MENYUCIKAN DIRI SAMA SEPERTI YESUS

RENUNGAN HARIAN 1115 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan HarianMenyucikan Diri Sama Seperti Yesus. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Renungan hari ini adalah, Menyucikan Diri Sama Seperti Yesus.

Saudaraku, ada hal yang terpenting yang harus kita persoalkan dengan serius selama kita masih hidup di dunia ini yaitu, kita harus terus menjaga kesucian hidup atau dengan kata lain kita harus menyucikan diri sama seperti Yesus.

Menyucikan diri sama seperti Yesus, adalah hal yang tidak dapat ditawar-tawar lagi, artinya ini adalah sebuah keharusan yang harus dimiliki oleh setiap orang pecaya, sebab tanpa kesucian hidup maka tidak mungkin kita akan bisa melihat Allah, tidak mungkin kita bisa menyatu dengan Allah, tidak mungkin kita bisa berkenan kepada Allah, sebab Allah itu suci, Allah itu kudus, tidak bercacat dan tidak bercela.

Jadi setiap orang yang ingin hidup bersama-sama dengan Allah di dalam KerajaanNya, harus berkeadaan sama seperti Allah yaitu, suci, kudus, dan tidak bercela. Itulah kenapa firman Tuhan katakan di dalam;

Matius 5:8 Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.

Disini kita bisa mengerti bahwa, setiap orang yang percaya kepada Allah di dalam Yesus Kristus, tidak boleh lagi hidup dalam dosa, sebab bila masih tetap hidup dalam dosa maka iman percayanya menjadi sia-sia, karena dosa tidak akan mendapat bagian didalam di dalam Kerajaan Allah.

Menyucikan Diri Sama Seperti Yesus

Renungan Harian Kristen : Menyucikan Diri Sama Seperti Yesus

Sudah sering saya jelaskan bahwa, dosa (Yun. “hamartia”) adalah merupakan semua perbuatan yang tidak tepat sesuai dengan yang Allah kehendaki. Banyak perbuatan-perbuatan seperti ini melingkupi seluruh gerak hidup manusia dan itu dilakukan setiap hari oleh setiap manusia termasuk di dalamnya dilakukan oleh banyak orang-orang percaya atau anak-anak Tuhan.

Ada beberapa gambaran perbuatan manusia yang tidak sesuai dengan kehendak Allah, di tulis dengan jelas oleh firman Tuhan, dan pada bagian tersebut firman Tuhan dengan tegas mengatakan bahwa perbuatan-perbuatan seperti ini tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

I Korintus 6:9 Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, 6:10 pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

Kebenaran ini merupakan gambaran dari perbuatan-perbuatan yang tidak tepat sesuai dengan apa yang Allah kehendaki. Dan tentu orang-orang yang melakukan perbuatan-perbuatan ini, atau orang percaya yang masih hidup dan melakukan perbuatan-perbuatan ini, jelas tidak akan mendapat bagian di dalam Kerajaan Allah. Itulah kenapa dalam kitab Wahyu juga, hal ini di jelaskan.

Wahyu 21:8 Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua.”

Ini artinya betapa sucinya setiap kita sebagai orang percaya harus hidup. Jadi jika saat ini kita tidak mulai untuk sungguh-sungguh menjaga kesucian hidup, maka itu artinya iman percaya kita kepada Allah di dalam Yesus Kristus akan menjadi sia-sia, sebab kita tidak akan pernah mendapat bagian di dalam Kerajaan Sorga jika kita tetap hidup dalam dosa, jika kita tetap melakukan hal-hal yang tidak tepat sesuai dengan yang Allah kehendaki.

Pengharapan setiap orang percaya di dalam Tuhan Yesus Kristus baru akan menjadi nyata, bila kita mau benar-benar menjaga kesucian hidup, karena hanya dengan menjaga kesucian hidup sama seperti Kristus, barulah kita bisa menjadi anak-anak Allah yang berkenan. Itulah kenapa firman Tuhan katakan di dalam;

I Yohanes 3:2 Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya. 3:3 Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci. 3:4 Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah.

Perhatikan kalimat yang saya garisbawahi diatas yaitu “menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci”. Jadi kalau kita menaruh pengharapan di dalam Kristus maka kita wajib hidup menyucikan diri sama seperti Yesus yang adalah suci, kudus, dan tidak bercela. Dan ini merupakan standar hidup yang harus dimiliki oleh setiap orang percaya bila kita benar-benar ingin pada akhirnya tinggal bersama-sama dengan Yesus di dalam KerajaanNya.

Kalau kita benar-benar menaruh pengharapan di dalam Kristus, maka sebagai hamba Allah saya meminta dengan segala kerendahan hati, BERTOBATLAH saudaraku dari segala hal yang tidak berkenan di hadapan Tuhan, sebab Allah sekali-kali tidak akan melepaskan seorangpun dari hukuman jika ia tetap berbuat dosa. Ingat firman Tuhan katakan;

I Yohanes 3:8 barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu. 3:9 Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah.

Galatia 6:7 Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya. 6:8 Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.

Jadi bila kita benar-benar rindu hidup di dalam KerajaanNya dalam kekekalan nanti, maka tidak ada pilihan lain bagi kita, selain kita harus hidup menyucikan diri sama seperti Yesus, sebab inilah hidup yang sempurna itu, supaya kita didapatkan sempurna sama seperti Allah Bapa di Sorga yang adalah sempurna. Tuhan Yesus memberkati kita semua.Amin.

Jangan Lupa Baca Juga Renungan :

Tidak Lagi Hidup Untuk Diri Sendiri Tetapi Untuk Dia

Artikel by Frank Tutu | Copyright © 2015 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: , ,

Related For MENYUCIKAN DIRI SAMA SEPERTI YESUS