MERASA CUKUP DENGAN APA YANG ADA PADA KITA

RENUNGAN HARIAN 2779 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan HarianMerasa Cukup Dengan Apa Yang Ada Pada Kita. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan hari ini adalah Merasa Cukup Dengan Apa Yang Ada Pada Kita.

Saudaraku, kita harus mulai belajar jujur pada diri sendiri, artinya didalam segala keadaan hidup ini kita tidak perlu melihat keadaan orang lain yang mungkin saja memiliki segala sesuatu yang lebih dari pada kita.

Kalau kita selalu melihat keadaan orang lain yang lebih dari pada kita, maka seringkali pada akhirnya akan menimbulkan rasa iri, dan bila itu terjadi maka hal itu sama dengan kita menuduh Tuhan, seolah-olah Tuhan tidak adil, dimana kita menganggap Tuhan lebih memberkati orang lain yang lebih dari pada kita, dan membiarkan kita hidup apa adanya.

Hendaknya sebagai orang percaya kita harus tetap berdiri diatas kebenaran firman Tuhan dan tetap percaya bahwa Allah itu setia dan adil, dan Ia tidak akan pernah meninggalkan anak-anakNya yang berharap kepadaNya.

Seringkali tanpa sadar kita telah menuduh Tuhan dan mempersalahkan Tuhan, hanya karena kita melihat keadaan hidup kita tidak lebih baik dari orang lain, padahal sebagai anak-anak Tuhan kita harus tetap berpikir bahwa apa yang Tuhan ajarkan dalam setiap kebenaranNya, semuanya itu harus menjadi pedoman hidup supaya kita bisa hidup sebagai anak-anak Tuhan yang berkenan.

Merasa Cukup Dengan Apa Yang Ada Pada Kita

Renungan Harian Kristen : Merasa Cukup Dengan Apa Yang Ada Pada Kita

Kalau ada orang lain yang taraf hidupnya lebih dari pada kita baiklah kita berpikir bahwa Tuhan Yesus telah mengajarkan kepada kita untuk meminta kepada Allah Bapa di sorga makanan yang secukupnya, seperti yang di ajarkan di dalam doa Bapa kami;

Matius 6:11 Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya

Kebenaran ini sesungguhnya hendak mengajarkan kita untuk merasa cukup dengan apa yang ada pada kita, sehingga kita tidak perlu merasa iri terhadap orang lain, karena kalau kita tetap merasa cukup dengan apa yang kita miliki, itu akan membuat kita menjadi orang yang bisa mengucap syukur di dalam segala keadaan hidup. Ingat firman Tuhan-pun telah mengingatkan kita seperti yang ditulis di dalam;

Ibrani 13:5 Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”

Kebenaran ini seharusnya membuat kita menjadi kuat dan tidak perlu takut terhadap apapun, sebab kita tahu bahwa Tuhan sekali-kali tidak akan pernah membiarkan kita dan sekali-kali Ia tidak akan pernah meninggalkan kita.

Kalau ternyata kita masih memiliki perasaan mengapa orang lain hidupnya lebih baik dari kita, maka itu artinya kita menjadi orang yang iri hati, cemburu, dan tidak pernah bersyukur. Keadaan ini akan membuat kita menjadi berdosa dihadapan Tuhan, karena firman Tuhan mengajarkan kita supaya jangan iri hati, tetapi kita iri hati.

Ingat segala sesuatu yang timbul di dalam hati kita, yang kita pikirkan, yang kita inginkan, apabila itu semua tidak sesuai dengan kehendak Tuhan, maka itu adalah dosa.

Disinilah setiap kita sebagai anak-anak Tuhan harus mampu untuk membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan, karena seringkali bila kita tidak bisa menguasai hati dan pikiran kita maka yang timbul adalah keinginan, sebab kalau hanya kebutuhan maka firman Tuhan sudah katakan dalam;

I Timotius 6:8 Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah.

Disini sebenarnya Tuhan hendak mendidik kita, menjadi anak-anakNya yang tidak menaruh hasrat hati kepada segala sesuatu yang fana, seperti harta, kekayaan, pangkat, jabatan, kehormatan, dan berbagai kesenangan dunia apapun, yang semuanya itu tidak memiliki nilai kekal.

Itulah sebabnya apapun yang kita miliki saat ini, kita harus tetap mengucap syukur didalam segala hal karena itulah yang Allah kehendaki, seperti yang firman Tuhan katakan dalam;

I Tesalonika 5 :18 Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Jadi hiduplah menuruti perintah Tuhan, mengikuti keinginan Tuhan dan harus merasa cukup dengan apa yang ada pada kita, karena itu yang Tuhan mau. Kiranya kebenaran ini memberkati kita semua. Amin.

Baca Juga Renungan :

Tersesat Dalam Rimba Kehidupan Dunia Yang Membinasakan

Artikel by Frank Tutu | Copyright © 2015 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: , ,

Related For MERASA CUKUP DENGAN APA YANG ADA PADA KITA