MODEL ANAK-ANAK ALLAH

RENUNGAN HARIAN 1655 Kali Dibaca

Sahabat renunganhariini.com yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus, setiap orang percaya akan mengaku sebagai anak-anak Allah, dan firman Tuhan menegaskan itu didalam I Yohanes 3:1 Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia. 3:2 Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.

Jadi menjadi anak-anak Allah itu karena kasih karunia yang Allah Bapa berikan, sehingga sebagai orang percaya kita disebut sebagai anak-anak Allah. Persoalannya sekarang adalah pada ayat yang ke 2, firman Tuhan katakan “tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak” artinya apakah kita anak-anak yang akan diakui oleh Bapa di Sorga sebagai anakNya, keadaan itu baru akan diketahui kelak.

Kata “kelak” artinya nanti, jadi sekarang ini belum nyata apa keadaan kita. Kenapa demikian ?, karena sebagai anak-anak Allah setiap orang percaya masih harus mempertanggungjawabkan apapun yang ia lakukan selama ia masih hidup di dunia ini yaitu baik maupun jahat.

Itulah yang dikatakan didalam II Korintus 5:10 Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.

Kenapa sebagai anak-anak Allah setiap orang percaya masih tetap harus menghadap Takhta penghakiman?, karena setiap orang percaya harus memberi pertanggungjawaban dihadapan Allah Bapa di Sorga, apakah keadaan hidupnya didunia ia hidup sama seperti Kristus hidup atau tidak, sebab model anak-anak Allah yang Bapa kehendaki adalah model anak-anak Allah seperti Tuhan Yesus.

Model Anak-Anak Allah
Jadi kalau saat ini kita tidak benar-benar serius untuk memperkarakan hal ini dengan serius, artinya kita tidak benar-benar mau memaksa diri kita supaya mengikuti cara hidup Kristus, maka kelak kita tidak akan bisa diterima sebagai anak-anak Allah didalam Kerajaan Bapa di Sorga.

Kok begitu?, ya begitu sebab firman Tuhan katakan, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat, artinya kalau yang kita lakukan adalah segala sesuatu yang baik itu berarti kita melakukan apa yang Tuhan kehendaki, tetapi sebaliknya kalau selama hidup didunia ini kita ,melakukan segala sesuatu yang jahat itu artinya kita bukanlah anak-anak Allah.

Firman Tuhan katakan segala sesuatu yang baik itu berasal dari Allah, sedangkan segala sesuatu yang jahat itu berasal dari iblis, jadi kalau kita melakukan apa yang jahat dimata Tuhan itu artinya kita bukan anak Allah tetapi kita adalah anak iblis.

Itulah yang firman Tuhan katakan dalam. I Yohanes 3:8 barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu. 3:9 Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah. 3:10 Inilah tandanya anak-anak Allah dan anak-anak Iblis: setiap orang yang tidak berbuat kebenaran, tidak berasal dari Allah, demikian juga barangsiapa yang tidak mengasihi saudaranya.

Disini jelas bahwa orang menerima kasih karunia tidak bisa lagi hidup didalam dosa, itulah tujuan dari kasih karunia yang Tuhan berikan, karena firman Tuhan katakan, barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu.

Jadi orang percaya yang sudah menerima kasih karunia harus melepaskan diri dari segala perbuatan dosa, atau perbuatan yang dipandang jahat dimata Tuhan, oleh sebab itu kalau orang percaya tidak mau sama seperti Kristus, sepeikiran dengan Kristus, kudus seperti Kristus, maka jangan pernah bermimpi akan bisa diterima menjadi anak Allah didalam Kerajaan Bapa di Sorga.

Jadi setiap orang yang tidak berbuat kebenaran tidak berasal dari Allah, tetapi dari iblis.Pilihan hidup selalu ada pada kendak setiap pribadi karena manusia memiliki kehendak bebas. Allah telah menyediakan fasilitas untuk bisa masuk kedalam kerajaan Sorga yaitu kasih karunia, tetapi apakah kita mau menjaganya dengan takut dan gentar atau tidak, sebab firman Tuhan katakan kerjakanlah keselamatanmu dengan takut dan gentar.

Simak juga kebenaran firman Tuhan tentang Masuk Melalui Pintu Yang Sempit

Biarlah kebenaran ini menyadarkan kita untuk mengambil sebuah pilihan hidup apakah kita mau menjadi anak Allah atau anak iblis. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: , ,

Related For MODEL ANAK-ANAK ALLAH