NILAI TERTINGGI

RENUNGAN HARIAN 1651 Kali Dibaca

Renungan harian hari ini 31 Januari 2014 adalah “Nilai Tertinggi”. Baiklah sebelum membaca renungan ini mari kita berdoa.

Doa: Bapa didalam nama Tuhan Yesus Kristus, ajar kami senantiasa mengerti akan kebenaran FirmanMu, mampukan kami untuk mengerti dan melihat sebuah nilai hidup yang sesungguhnya, supaya kami tidak terikat dengan nilai hidup yang sia-sia. Tolong kami Tuhan memahami akan kebenaranMu sesuai kehendakMu. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa, haleluya. Amin.

Biasanya dalam hidup ini setiap manusia akan memberi penilaian yang berbeda tentang sebuah tinggkat kehidupan, sehingga tak jarang kita akan melihat begitu banyak orang sering memberi nilai tertinggi terhadap segala sesuatu yang ia rasa bahwa apa yang ia miliki itu sangat berharga, mulai dari barang berharga seperti emas, berlian, rumah, mobil mewah, bahkan aset kekayaan yang dimiliki olehnya, ini semua dianggap mempunyai nilai tinggi yang bisa mengangkat derajat seseorang sehingga ia akan menjadi manusia yang terpandang serta terhormat dimata orang lain, dan tentu ini akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tersebut.

Memberi nilai tertinggi untuk hal-hal yang seperti ini juga tak jarang terjadi dalam kehidupan orang percaya atau anak-anak Tuhan saat ini, sehingga apa yang dimilikinya akan menjadi kebanggaan. Yang menjadi pertanyaannya sekarang, pantaskah orang percaya atau anak-anak Tuhan memiliki pandangan hidup seperti ini ?. Kalau sebagai orang percaya kita memberi nilai tertinggi untuk apa yang kita miliki, seperti rumah yang berharga miliaran rupiah, mobil yang berharga miliaran rupiah, hp yang berharga belasan juta atau puluhan juta, dan itu menjadi kebanggaan maka sesungguhnya, kita menjadi orang yang tidak menghargai Tuhan, sebab sebagai orang percaya atau anak-anak Tuhan yang hidup hanya karena anugerah, seharusnya diatas segala-galanya nilai tertinggi itu hanya bagi Tuhan, sedangkan semua fasilitas hidup yang kita miliki hanyalah berupa sampah yang tidak berharga apa-apa, sebab semuanya ini akan hilang lenyap dan tak berbekas.

Inilah yang Paulus katakan didalam Filipi 3:7 Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. 3:8 Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus, Jadi bila orang percaya selalu menaruh hatinya hanya kepada apa yang ia miliki dan menganggap semuanya itu bisa menambah nilai dirinya supaya ia bisa dihargai dan dihormatai oleh orang lain, maka ia tidak akan pernah bisa memperoleh Kristus.

renungan harian - nilai tertinggi

Dari kebenaran ini bisa memberi gambaran bagi kita bahwa apapun yang berharga yang kita miliki, apapun yang bisa memberi keuntungan bagi kita, semuanya itu akan menjadi tidak berharga jika kita boleh memiliki Kristus. Orang yang hari ini hanya mau memiliki Kristus dan memberikan hatinya digarap oleh Kristus, adalah orang-orang yang menyadari sungguh bahwa kekayaan, kelimpahan, kehormatan, yang dunia berikan adalah sampah yang tidak bernilai, sebab dengan memiliki Kristus dan menempatkan Dia diatas segala-galanya serta menjadikan Kristus sebagai satu-satunya nilai tertinggi dalam hidupnya, itu merupakan pertaruhan investasi hidup yang sesungguhnya dimana ia tahu benar bila ia berada dibalik kematian maka apa yang Kristus sediakan yaitu kehidupan kekal penuh dengan kemuliaan akan lebih mulia dari segala-galanya yang ia miliki di dunia ini.

Itulah sebabnya hidup sebagai orang percaya kita harus berani berkata seperti Firman Tuhan didalam Mazmur 73:25 Siapa gerangan ada padaku di sorga selain Engkau? Selain Engkau tidak ada yang kuingini di bumi. 73:26 Sekalipun dagingku dan hatiku habis lenyap, gunung batuku dan bagianku tetaplah Allah selama-lamanya.

Kalimat tidak ada yang ku ingini di bumi artinya setiap orang percaya harus berani mematikan setiap keinginan, hasrat, untuk segala hal yang hanya bersifat sementara, serta mulai memindahkan fokus hidupnya hanya kepada Allah Bapa di Sorga. Orang-orang seperti ini tidak akan lagi pernah berpikir “masih ada yang belum ku miliki, masih ada yang harus ku kejar, atau aku masih mau ini dan itu”, tetapi sebaliknya orang-orang seperti ini akan selalu memandang kepada Tuhan, serta berani untuk berkata “Tuhan Selain Engkau tidak ada yang kuingini di bumi, ku memilih untuk tidak lagi menikmati dunia ini, dan aku hanya mau menikmati Engkau dalam sepanjang sisa hari hidupku”.

Kalau dikatakan Sekalipun dagingku dan hatiku habis lenyap, gunung batuku dan bagianku tetaplah Allah selama-lamanya, itu artinya seberat apapun penderitaan, tantangan, persoalan dan masalah yang harus dialami selama kita berada di dunia ini, kita tetap percaya bahwa keadaan itu tidak akan mampu untuk mengubah keyakinan dan percaya kita kepada Allah, tetapi sebaliknya kita tahu bahwa dibalik penderitaan yang kita alami tersebut, maka dibelakang langi biru nanti kita akan menerima bagian yang tidak dapat binasa, yaitu hidup kekal bersama-sama dengan Allah Bapa di dalam KerajaanNya.

Terkadang disaat kita berusaha untuk hidup benar sesuai dengan apa yang Tuhan mau, yang kita temukan bukan jalan mulus tetapi sebaliknya jalan yang penuh dengan berbagai kerikil-kerikil kehidupan, sebaliknya orang yang hidup tidak sesuai dengan kehendak Tuhan malah kelihatannya jalan hidup mereka seperti tidak ada hambatan apapun bahkan hidup didalam kelimpahan, seringkali keadaan itu akan membuat kita merasa iri serta merasa Tuhan seperti tidak menolong kita. Janganlah mencurigai Tuhan sebab apa yang Ia rancangkan selalu mendatangkan kebaikan bagi orang-orang yang mengasihi Dia, percaya itu.

Kalau kita mau terus melekat kepada Tuhan, kalau kita mau terus masuk kedalam tempat kudusnya dan diam didalam hadiratNya, maka barulah kita mengerti apa yang sedang Tuhan kerjakan. Firman Tuhan katakan dalam Mazmur 73:18 Sesungguhnya di tempat-tempat licin Kautaruh mereka, Kaujatuhkan mereka sehingga hancur. 73:19 Betapa binasa mereka dalam sekejap mata, lenyap, habis oleh karena kedahsyatan!.

Ingat masa hidup kita didunia ini hanya tujuh puluh sampai delapan puluh tahun, dan ini bukanlah waktu yang lama tetapi ini waktu yang sangat singkat dibandingkan dengan kehidupan kekal yang akan kita jalani, oleh sebab itu setialah mengiring Tuhan sampai pada akhirnya. Tetaplah tempatkan Tuhan pada tempat yang terutama didalam kehidupan kita, maka akhirnya kita akan melihat indahnya kehidupan yang sesungguhnya.

Ingat pesan ini:

  1. Tuhan harus menjadi satu-satunya nilai tertinggi dalam kehidupan kita selama kita ada didunia ini.
  2. Jangan lagi ingini apapun di dunia ini, selain menginginkan Tuhan dan KerajaanNya.
  3. Walaupun hidup ini harus melewati berbagai kerikil-kerikil kehidupan, tetapi percayalah bahwa dibalik langit biru ada mahkota kemuliaan yang disediakan bagi orang yang hidup takut akan Tuhan.

Kiranya kebenaran ini memberkati kita semua, dan jika engkau diberkati dengan kebenaran ini maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi, renunganhariini.com. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , , , ,

Related For NILAI TERTINGGI