ORANG-ORANG YANG MEMILIKI TUHAN YESUS

RENUNGAN HARIAN 2568 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan Harian KristenOrang-orang Yang Memiliki Tuhan Yesus. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Renungan harian hari ini berjudul “Orang-orang Yang Memiliki Tuhan Yesus”.

Saudaraku, bila saya memulai renungan ini dengan sebuah pertanyaan, “sudahkah engkau memiliki Tuhan Yesus?”. Maka sebagai orang percaya tentu semuanya akan menjawab “saya sudah memiliki Tuhan Yesus”.

Jawaban ini dikemukakan, karena kita merasa kita adalah orang kristen yang percaya kepada Allah di dalam Tuhan Yesus Kristus, dengan demikian kita bisa berkata bahwa kita sudah memiliki Tuhan Yesus Kristus.

Namun apakah benar demikian?. Hanya karena kita merasa bahwa kita adalah orang percaya, lalu dengan demikian kita secara otomatis telah memiliki Tuhan Yesus Kristus?.

Jika selama ini kita hidup hanya menuruti keinginan diri sendiri, melakukan kehendak kita sendiri, pergi ke gereja hanya karena kita merasa kita ini orang kristen, lalu melakukannya hanya sebagai rutinitas keagamaan, dan dengan demikian kita berkata kita sudah memiliki Tuhan Yesus dengan cara seperti ini, sesungguhnya kita keliru.

Saudaraku, ada satu hal yang perlu kita sadari dengan benar bahwa, orang-orang yang memiliki Tuhan Yesus adalah orang-orang yang hidupnya melakukan kehendak Allah Bapa di Sorga.

Ingat ini, orang-orang yang memiliki Tuhan Yesus tidak akan mungkin ditolak oleh Tuhan pada akhirnya. Tetapi pada kenyataannya saat Tuhan berterus terang, ada banyak orang percaya yang ditolak oleh Tuhan. Hal ini bisa kita lihat seperti yang firman Tuhan katakan;

Matius 7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. 7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? 7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

Orang-orang Yang Memiliki Tuhan Yesus

Renungan Harian Kristen | Orang-orang Yang Memiliki Tuhan Yesus | renunganhariini.com

Dari kebenaran ini jelas bahwa orang-orang yang ditolak oleh Tuhan ini, adalah orang-orang percaya, orang-orang yang mengaku percaya kepada Allah dalam Tuhan Yesus Kristus. Orang-orang yang tadinya begitu yakin dan merasa bahwa mereka telah memiliki Tuhan Yesus, tetapi sayangnya Tuhan Yesus tidak pernah merasa memiliki mereka.

Kenapa?. Karena Tuhan Yesus hanya mengenal orang-orang yang selama hidupnya, ia hanya melakukan apa yang menjadi kehendak Allah Bapa di Sorga. Orang-orang yang mau hidup sama seperti Tuhan Yesus hidup selama Ia berada di dunia.

Saudaraku, disinilah kita perlu untuk mengoreksi diri sebelum terlambat, sebelum nantinya Tuhan Yesus akan berterus terang dan berkata “Aku tidak pernah mengenal engkau”.

Jadi kalau kita merasa bahwa kita ini orang kristen, sudah menjadi aktivis dan melayani di geraja, atau bahkan menjadi pendeta, ini semua bukan jaminan bahwa kita telah dikenal oleh Yesus. Sebab pada kenyataannya orang-orang yang ditolak oleh Tuhan Yesus tersebut bukan orang-orang yang tidak mengenal Tuhan.

Kalau kita melihat kembali apa yang firman Tuhan katakan, Matius 7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? .

Kebenaran ini menunjukan bahwa orang-orang yang mencoba meyakinkan Tuhan dengan seluruh kegiatan kerohanian yang telah mereka lakukan selama masih hidup di dunia adalah orang-orang percaya, bukan orang yang tidak percaya. Tetapi bukan itu sesungguhnya yang Tuhan kehendaki, sebab yang Tuhan kehendaki adalah, Ia hanya berkenan kepada orang-orang yang melakukan kehendak Bapa-Nya di Sorga.

Jadi disini jelas, jika selama hidup di dunia ini kita tidak berusaha untuk hidup melakukan kehendak Allah Bapa di Sorga, maka kita tidak pernah memiliki Yesus, atau kita tidak menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat.

Kita harus mengerti bahwa kedatangan Tuhan Yesus itu memiliki satu tujuan, yaitu supaya manusia yang tadinya telah jatuh kedalam dosa dengan tidak melakukan kehendak Allah Bapa di Sorga, didalam Kristus manusia kembali mengalami pembaharuan dan dimampukan untuk bisa hidup melakukan kehendak Allah Bapa di Sorga, tentu tujuannya adalah supaya setiap orang yang melakukan kehendakNya dapat diselamatkan.

Selama ini banyak orang percaya disesatkan oleh pengajaran yang tidak tepat tentang konsep keselamatan didalam Kristus. Mereka memiliki konsep keselamatan itu hanya oleh anugerah, jadi tidak perlu memperhatikan perbuatan baik, karena perbuatan baik tidak menyelamatkan.

Memang benar, perbuatan baik tidak menyelamatkan, tetapi kita harus sadar bahwa setelah kita menerima keselamatan didalam Kristus, maka secara otomatis kita menjadi orang-orang yang berhutang, bukan kepada daging supaya hidup menurut keinginan daging, tetapi berhutang untuk hidup menurut Roh.

Roma 8:12 Jadi, saudara-saudara, kita adalah orang berhutang, tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging. 8:13 Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup. 8:14 Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.

Inilah yang menjadi kunci kebenaran yang harus kita pahami, bahwa sebagai orang yang percaya kita harus hidup menurut pimpinan Roh, supaya didalam pimpinan Roh, kita hidup hanya melakukan apa yang menjadi kehendak Allah Bapa di Sorga.

Jangan pernah berpikir bahwa dengan melakukan kegiatan rohani, itu berarti sudah melakukan kehendak Allah Bapa. Lalu dengan demikian sebagai orang percaya kita berhak menuntut Tuhan untuk menyelamatkan kita. Jika kita berpikir demikian kita salah.

Orang percaya harus memberi diri terus belajar dan mencari apa yang menjadi kehendak Allah dan hidup melakukan kehendakNya, barulah ia bisa berkenan keapda Allah Bapa di Sorga. Itulah kenapa kita harus hidup sama seperti Kristus hidup.

I Yohanes 2:6 Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.

Memiliki irama hidup sama seperti Kristus hidup, akan menggiring kita untuk semakin mengerti apa yang baik yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. Karena sampai pada titik yang terakhir setiap orang percaya harus menjadi sempurna sama seperti Allah Bapa di Sorga yang adalah sempurna.

Pertanyaannya sekarang, “mengapa banyak orang percaya tidak menyadari akan hal ini?”.

Jawabannya sederhana, karena selama ini mereka telah terlanjur memberi diri di asuh oleh dunia dengan didikan yang salah, dimana yang dunia ajarkan hanyalah hidup untuk menikmati dunia ini dengan segala kesenangannya. Jadi kalau menjadi orang Kristenpun itu hanya sekedar beragama, dan menjalankan hidup beragama hanya sebagai rutinitas, lalu kita merasa itu semua sudah cukup membuat kita menjadi orang kristen yang baik.

Padahal saat kita mengaku percaya kepada Yesus, setelah kita menjadi orang-orang tebusan, maka yang Tuhan Yesus ajarkan adalah;

Matius 11 :29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.

Sampai di taraf ini kita baru bisa menjadi anak-anak Allah yang hidup menyukakan dan menyenangkan hati Bapa di Sorga. Sampai di titik ini, kita baru bisa berkata kita telah memiliki Kristus, sebab kita hidup di dalam Dia dan Dia tinggal di dalam hidup kita, dan di akhir kehidupan nanti kita akan menjadi orang-orang yang berkenan kepadaNya.

Baca Juga Renungan :

Tidak Lagi Mengharapkan Kesenangan Dunia

Kiranya kebenaran ini mengubah kita semua, untuk semakin mengoreksi diri, benarkah kita sudah memiliki Kristus?. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Artikel by Frank Tutu | Copyright © 2015 – Original Content | renunganhariini.com

tags: ,

Related For ORANG-ORANG YANG MEMILIKI TUHAN YESUS