PELITA HIDUP

RENUNGAN HARIAN 7738 Kali Dibaca

Renungan Harian Kristen – Syalom saudaraku yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus. Pelita Hidup akan menjadi tema renungan hari ini.

Terang akan menjadi tidak berarti jika mata seseorang tidak dapat melihat atau buta, dan itu artinya kegelapan akan meliputi seluruh hidupnya. Sebaliknya bila mata dalam keadaan baik atau bisa melihat, maka mata akan menerima cahaya untuk melihat, sehingga terang itu nampak dan kegelapan akan menjadi sirna.

Firman Tuhan katakan didalam, Lukas 11:33 “Tidak seorang pun yang menyalakan pelita lalu meletakkannya di kolong rumah atau di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian, supaya semua orang yang masuk, dapat melihat cahayanya. 11:34 Matamu adalah pelita tubuhmu. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu, tetapi jika matamu jahat, gelaplah tubuhmu. 11:35 Karena itu perhatikanlah supaya terang yang ada padamu jangan menjadi kegelapan. 11:36 Jika seluruh tubuhmu terang dan tidak ada bagian yang gelap, maka seluruhnya akan terang, sama seperti apabila pelita menerangi engkau dengan cahayanya.”

Dari kebenaran ini, Tuhan Yesus hendak berbicara tentang pelita tubuh dimana yang digunakan adalah analogi mata manusia. Disini kita diajarkan mengenai mata hati yang menjadi pelita tubuh manusia, dimana mata hati atau hati nurani ini akan memberi kemampuan kepada setiap kita untuk dapat memahami akan kehendak Allah.

Apabila mata hati kita sudah tidak mampu lagi menangkap atau mengerti apa yang menjadi kehendak Tuhan, maka yang terjadi adalah seluruh kehidupan kita akan menjadi rusak. Dengan demikian apa yang dapat dilakukan oleh kita kalau kita tidak mampu lagi untuk mengerti akan kehendak Allah, hal ini sama dengan pelita hidup yang padam, dan itu artinya kehidupan kita menjadi tidak berharga.

Lalu dimanakah mata hati manusia itu berada?. Mata hati manusia terletak didalam roh yang dari Allah, artinya roh yang diberikan Allah kepada kita. Roh yang dari Allah inilah yang akan memampukan kita atau memberi kesanggupan kepada kita untuk mengerti akan kehendak Allah, atau mengerti akan pikiran dan perasan Tuhan.

Pelita Hidup

Ilustrasi : Renungan Harian – Pelita Hidup

Itulah kenapa firman Tuhan katakan di dalam Amsal 20:27 Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya. Kata “roh” di dalam ayat ini, dalam teks aslinya adalah “nishmath” dan ini adalah kata yang sama dengan yang digunakan untuk “nafas hidup” yang ditulis didalam Kejadian 2:7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

Akar kata dari kata ini adalah “neshamah” yang dapat diterjemahkan atau diartikan nafas yang vital, atau inspirasi Ilahi. Kemudian kata “pelita” aslinya ditulis “ner” yang diterjemahkan pelita atau terang.

Kebenaran ini akan membawa kita kepada apa yang Paulus maksudkan didalam II Korintus 4:6 Sebab Allah yang telah berfirman: “Dari dalam gelap akan terbit terang!”, Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah kenapa selama ini hati nurani kita seperti tidak dapat berbicara apa-apa, atu tidak mendominasi kehidupan kita?. Penyebabnya hanya satu karena kita telah membiarkan jiwa kita terlalu lama terkontaminasi dengan hal-hal dunia atau filosofi dunia yang selalu bertentangan dengan kehendak Allah, yang pada akhirnya membuat mata hati kita menjadi buta, dan tidak dapat berbuat apa-apa.

Itulah kenapa perlu bagi setiap orang percaya untuk mengalami kelahiran baru, karena dengan mengalami kelahiran baru maka proses pembaharuan pikiran akan terus terjadi dalam hidup kita, sehingga kita akan dimampukan oleh kuasa Roh Kudus untuk membangun hubungan yang intim dengan Allah, jadi dalam hal ini roh yang ditempatkan Allah didalam kita itu kembali dibangkitkan dan diberi kesanggupan untuk berinteraksi dengan Allah.

Bila ini yang terjadi maka pelita hidup kita akan kembali menjadi terang dan kita dimampukan untuk mengerti apa yang menjadi kehendak Allah, apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Jangan lupa baca juga : Menanti Jawaban Doa Dari Tuhan

Dengan mata hati nurani kita yang menjadi terang, maka ini akan menjadi pelita hidup yang dapat menerangi setiap langkah kehidupan kita untuk Mencapai Tujuan Iman Percaya.

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: , ,

Related For PELITA HIDUP