PEMAHAMAN TENTANG KASIH KARUNIA ALLAH

RENUNGAN HARIAN 10506 Kali Dibaca

Saat manusia jatuh dalam dosa disitulah manusia telah kehilangan kemuliaan Allah, artinya keadaan manusia sudah tidak sama lagi atau sudah tidak sesuai dengan rancangan Allah semula, oleh sebab itu karena Allah tidak ingin manusia binasa akibat dosa maka Allah memberikan anaknya yang Tuhan datang sebagai penebus dosa, supaya manusia tidak binasa dalam api kekal.

Inilah yang dikatakan dalam Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Inilah Anugerah Allah yang luar biasa kepada manusia yang sering dalam pandangan kekristenan disebut sebagai kasih karunia. Karena pada dasarnya kata kasih karunia sama artinya dengan kata Anugerah. Anugerah yang Allah berikan ini hanya memiliki satu tujuan yaitu mengembalikan manusia pada rancanganNya semula.

Jadi bila berbicara tentang kasih karunia itu berarti berbicara tentang keselamatan manusia didalam Tuhan Yesus Kristus, sebab tanpa kasih karunia maka manusia pasti binasa.

Rencana Allah untuk mengembalikan manusia kepada rancanganNya semula supaya manusia bisa kembali membangun persekutuan dengan Tuhan, dan supaya manusia kembali mendapat tempat dihadapan Allah.

Sebagai orang percaya kita harus mengerti bahwa kasih karunia merupakan pemberian Allah kepada manusia yang memiliki nilai yang sangat tinggi, dan sangat dibutuhkan oleh manusia, dan tidak dapat dibandingkan dengan apapun. Oleh sebab itu manusia harus bersyukur senantiasa untuk kasih karunia yang Tuhan berikan.

Kenapa dikatakan pemberian yang sangat bernialai, karena pemberian ini adalah keselamatan dari Bapa diberikan kepada manusia didalam Tuhan Yesus Kristus. Itulah kenapa firman Tuhan katakan “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini,”

Artinya bukan dunia dalam bentuk bumi ini yang dikasihi Allah, sebab firman Tuhan katakan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, jadi maksud dari Allah mengasihi dunia, karena didalamnya manusia ciptaanNya hidup, oleh karenanya anugerah itu diberikan supaya setiap orang yang mau percaya kepada Allah didalam Tuhan Yesus Kristus bisa beroleh keselamatan.

Kenapa kasih karunia merupakan pemberian yang bernilai tinggi, karena keselamatan itu hanya bisa diberikan oleh Allah dan tidak ada orang lain yang bisa memberikannya, ini merupakan wujud nyata dari kasih yang Allah tunjukan kepada semua manusia ciptaanNya, tetapi tentu pemberian Allah ini harus diresponi oleh manusia sebagai penerima kasih karunia dari Allah.

Kenapa harus diresponi . . ? karena kasih karunia yang diberikan Allah tidak memandang kepada siapa yang akan menerima kasih karunia tersebut, apakah ia layak dan pantas atau tidak untuk menerima kasih karunia Allah. Artinya kasih yang Allah nyatakan itu adalah kasih yang sempurna tanpa memandang muka, persoalannya kita mau meresponinya atau tidak.

Kasih karunia yang Allah berikan juga adalah sebuah pemberian tanpa syarat, artinya yang menerima kasih karunia tidak perlu membayar, jadi Allah memberikan anakNya yang tunggal adalah kasih karunia yang luar biasa, sehingga tidak ada seorangpun yang bisa merasa bangga karena menerima kasih karunia.

Kalau kita mau belajar mengerti apa arti kehidupan yang sesungguhnya, maka kita akan tahu bahwa kasih karunia merupakan kebutuhan terutama dalam hidup manusia dan tidak ada kebutuhan yang lain dalam hidup ini yang melebihi kebutuhan manusia akan kasih karunia Tuhan.

Satu hal yang harus kita sadari bahwa kasih karunia yang diberikan Allah bukan hasil usaha atau hasil kerja keras manusia, tetapi Allah sendiri yang bertindak. Jadi Allah yang mengerjakan semua ini karena belaskasihaNya supaya manusia tidak binasa melainkan dapat memperoleh hidup yang kekal.

Jadi kasih karunia atau keselamatan didalam Tuhan Yesus Kristus itu merupakan harga mati yang tidak dapat diubah oleh apapun. Pertanyaannya sekarang, setelah manusia menerima kasih karunia yaitu keselamatan didalam TuhanYesus Kristus, apakah lalu bisa membuat manusia hidup sesuka hatinya . . ?

Kita akan temukan jawabannya pada postingan yang berikutnya . . . .

Kiranya kebenaran ini semakin membuat kita sebagai orang percaya semakin menghargai kasih karunia Allah. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: ,

Related For PEMAHAMAN TENTANG KASIH KARUNIA ALLAH