PENGARUH DUNIA

RENUNGAN HARIAN 2184 Kali Dibaca

Renungan harian hari ini 6 Januari 2014 adalah “Pengaruh Dunia”. Sebelum membaca renungan ini Mari Kita berdoa.

Doa: Allah Bapa yang Maha Kudus, saat kami membaca renungan ini berikanlah kami mengerti akan kebenaran FirmanMu, supaya oleh kebenaran FirmanMu mata hati kami boleh diterangi sehingga kami bisa melihat arti kehidupan yang sesungguhnya, dan oleh FirmanMu Tuhan, kami boleh dilepaskan dari pengaruh dunia yang semakin jahat ini. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa, haleluya. Amin.

Sulitnya mengubah cara berpikir serta gaya hidup dunia yang sudah terlanjur dimiliki oleh setiap orang merupakan sebuah persoalan yang harus diperkarakan dengan sungguh-sungguh oleh setiap orang percaya, karena ini bukan sebuah hal yang mudah, sebab cara berpikir dan gaya hidup dunia ini sudah terlanjur terbentuk menjadi sebuah pola pikir dan gaya hidup yang permanen, akibat dari pembentukan yang salah yang sudah dimulai sejak seseorang masih kecil.

Bisa dibayangkan bahwa hasil dari pembentukan sebuah pola pikir serta gaya hidup yang salah selama puluhan tahun lalu kita harus merubahnya dalam sekejap mata itu bukanlah sebuah hal yang mudah, dan perlu perjuangan keras supaya pola pikir dan gaya hidup dunia ini bisa dimatikan.

Sebaliknya apabila seseorang yang ingin memiliki cara berpikir dan gaya hidup anak-anak dunia, maka ia tidak perlu perjuangan sama sekali, karena apa yang dilihatnya setiap hari apa yang didengarnya setiap hari, itu semuanya bisa secara otomatis mempengaruhi pola pikir dan gaya hidup seseorang untuk menjadi seperti anak-anak dunia jadi tidak perlu perjuangan keras.

Pertanyaannya kenapa begitu sulit untuk merubah cara berpikir dan gaya hidup dunia menjadi cara berpikir dan gaya hidup seperti Tuhan Yesus ?. Hal ini menjadi sulit karena orang percaya atau orang kristen sudah terlanjur memiliki standar berpikir yang salah. Misalnya, seseorang akan menganggap bahwa hidupnya itu wajar-wajar saja sebab setiap hari minggu ia sudah kegereja, mau makan ia berdoa, mau tidur berdoa, sehingga baginya rutinitas hidup seperti ini sudah cukup membuatnya menjadi anak Tuhan yang baik, padahal sesungguhnya belum.

Untuk menjadi seorang anak Tuhan yang bisa menyukakan hati Bapa di Sorga dalam perjalanan hidup setiap hari, perlu proses belajar yang panjang dimana setiap hari kita harus mengisi hati dan pikiran kita dengan kebenaran Firman Tuhan serta melakukan apa yang diperintahkan oleh Tuhan sesuai FirmanNya. Bila tidak demikian maka predikat sebagai anak Tuhan hanyalah bungkus luar saja dari keberadaan seseorang, tetapi sebenarnya isi didalamnya telah dicemari dengan penyesatan terselubung, mulai dari pola pikir hingga gaya hidup yang dimilikinya adalah produk dari iblis.

Kesadaran ini harus ada dalam diri setiap anak-anak Tuhan, karena mobilitas iblis bekerja diakhir zaman ini sangat tinggi untuk menyeret lebih banyak orang percaya masuk kedalam kegelapan, sebab setiap saat iblis terus berjalan seperti singa yang mengaum-aum untuk menelan siapa saja yang bisa ditelannya. Firman Tuhan katakan dalam 1 Petrus 5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Berjaga-jaga artinya kita mulai mengisi hati dan pikiran kita dengan kebenaran Kristus, terus secara intensif belajar Firman Tuhan lebih sungguh-sungguh dan melakukan Firman itu didalam hidup kita, kenapa demikian ?. Sebab manusia itu hidupnya bukan dari roti saja seperti apa yang dikatakan Tuhan Yesus di Matius 4:4 Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” Jadi setiap orang percaya harus memiliki kesadaran yang tinggi bahwa selama ia hidup di dunia ini, berarti ia sedang berada dalam ancaman bahaya yang bisa menyeretnya kedalam kebinasaan kapan saja bahkan setiap saat, itulah kenapa Tuhan mau supaya kita tetap sadar dan berjaga-jaga.

Setiap orang percaya yang tidak menyadari bahwa ia ada didalam bahaya selama ia hidup didunia ini maka hidupnya akan dengan mudah ditelan oleh iblis yaitu dengan cara ia akan diseret masuk kedalam cara berpikir dan gaya hidup dunia. Kalau sampai seseorang terseret masuk dalam cara berpikir dan gaya hidup dunia dan mata hatinya telah dibutakan oleh dunia sehingga ia tidak bisa lagi untuk bertobat, maka inilah yang disebut dengan menghujat Roh Kudus, artinya ia tidak bisa mendengar lagi suara Roh Kudus yang berbicara kepadanya lewat Firman Tuhan. Itulah sebabnya setiap orang percaya jangan merasa bahwa bila ia sudah beribadah setiap hari minggu di gereja, mau makan berdoa, mau tidur berdoa itu sudah cukup, ini adalah sebuah cara berpikir yang salah, dan kalau seseorang sudah terlanjur memiliki  cara berpikir yang salah maka ia tidak akan bisa berpikir seperti Allah berpikir, padahal setiap orang percaya setiap orang kristen atau anak-anak Allah dituntut untuk memiliki pikiran Kristus.

Orang-orang yang masih mau tenggelam dalam cara berpikir dan gaya hidup dunia sesungguhnya ia sama dengan orang yang hidup tetapi sebenarnya ia sudah mati, karena mata hatinya sudah tertutup sehingga pengertian akan kebenaran Firman Kristuspun menjadi gelap. Inilah yang dikatakan Firman Tuhan dalam Matius 6:23 jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu. Orang-orang seperti ini akan mendewakan harta, kekayaan, kehormatan, dan segala sesuatu yang dianggapnya bisa memberi kenikmatan hidup yang bisa ia nikmati setiap hari, padahal itu semua hanya akan berujung pada kebinasaan kekakal yang sangat tragis.

Ingat pesan ini:

  1. Berjuanglah senantiasa untuk terus mengenakan pikiran Kristus selama kita masih hidup didunia ini.
  2. Ingat bahwa selama kita masih hidup didunia ini, berarti kita ada didalam bahaya yang selalu mengancam setiap anak-anak Tuhan setiap saat.
  3. Teruslah berusaha untuk mengisi hati dan pikiran kita dengan kebenaran Kristus setiap hari, dan lakukan Firman itu dalam sepanjang langka kehidupan ini.

Jika engkau diberkati dengan kebenaran ini, maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi. renunganhariini.com

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , , ,

Related For PENGARUH DUNIA