PENTINGNYA HIDUP DALAM KEBENARAN ALLAH

RENUNGAN HARIAN 864 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan Harian – Pentingnya Hidup Dalam Kebenaran Allah. Shalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan kita hari ini adalah, Pentingnya Hidup Dalam Kebenaran Allah.

Saudaraku, sebagai orang percaya kita harus menyadari bahwa hidup di dalam kebenaran Allah adalah harga mati yang tidak dapat ditawar. Ini artinya, setiap kita tidak boleh lagi hidup mengikuti keinginan hati dan pikiran kita sebagai manusia yang memiliki kehendak bebas, jikalau kita berkata dan mengaku percaya kepada Allah, di dalam Tuhan Yesus Kristus.

Kenapa demikian?. Karena kita harus ingat, manusia jatuh kedalam dosa pada mulanya, akibat dari ia tidak bisa mengontrol keinginan hati dan pikirannya yang memiliki kehendak bebas, sehingga pada akhirnya ia melakukan perbuatan yang melanggar perintah Allah. Dan itu sama dengan tidak hidup dalam kebenaran Allah.

Oleh sebab itu, sebagai orang percaya kita harus benar-benar menguasai diri, mengontrol keinginan hati dan pikiran kita atas kehendak bebas yang kita miliki. Maksudnya supaya apapun yang kita lakukan atau yang kita perbuat, semuanya sesuai dengan kehendak Allah, atau tetap berada dalam kebenaran Allah.

Kalau kita tidak mengontrol keinginan hati dan pikiran kita untuk tetap ada dalam kebenaran Allah, maka hal itu sama dengan kita telah melanggar perintah Allah. Dan hal itu juga sama dengan kita telah hidup diluar dari Allah. Dan orang yang hidup diluar Allah, sama halnya dengan hidup mengikuti perintah iblis.

Orang yang telah hidup melanggar perintah Allah, atau dengan kata lain hidup diluar dari Allah, maka ia tidak akan bisa menyatu dengan Allah. Itulah kenapa saat manusia jatuh ke dalam dosa manusia tidak boleh lagi ada bersama-sama dengan Allah, dan diusir oleh Allah. Firman Tuhan katakan di dalam;

Kejadian 3:23 Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil. 3:24 Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan

Disini kita bisa melihat dan mengerti bahwa, dosa tidak bisa menyatu dengan kebenaran. Atau dengan kata lain, karena Allah itu kudus maka IA tidak bisa menyatu dengan segala sesuatu yang tidak kudus.

Pentingnya Hidup Dalam Kebenaran Allah

Renungan Harian Kristen : Pentingnya Hidup Dalam Kebenaran Allah | renunganhariini.com

Namun demikian, oleh belas kasihan Allah, manusia mendapat kasih karunia Allah lewat karya keselamatan di dalam Tuhan Yesus Kristus. Tujuannya, supaya setiap orang yang percaya kepada Allah di dalam Tuhan Yesus Kristus tidak binasa melainkan memperoleh hidup yang kekal. Firman Tuhan katakan di dalam;

Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Kasih karunia keselamatan yang diterima oleh manusia lewat pengorbanan Tuhan Yesus Kristus harus diresponi dengan tindakan dan perbuatan yang nyata dalam seluruh gerak hidup kita. Artinya, kita harus kembali hidup dalam kebenaran Allah, hidup menuruti perintah Allah dan melakukan semua kehendak Allah.

Kalau kita benar-benar ingin diselamatkan di dalam Tuhan Yesus Kristus pada hari penghakiman Allah nanti, maka mulai saat ini kita harus rela menanggalkan kehendak bebas yang kita miliki, dan hidup hanya untuk melakukan kehendak Allah. Penurutan akan kehendak Allah sama dengan penundukan diri penuh dalam kedaulatan Allah.

Penundukan diri penuh terhadap kedaulatan Allah itu telah dinyatakan oleh Tuhan Yesus Kristus, selama IA hidup di dunia ini sebagai manusia. Saat Tuhan Yesus ada di dunia ini, apa yang Tuhan Yesus lakukan, semuanya IA lakukan menuruti kehendak Bapa-Nya di Sorga. Disinilah setiap kita sebagai orang percaya dituntut untuk memiliki gaya hidup yang sama seperti yang telah ditunjukan oleh Tuhan Yesus. Itulah kenapa firman Tuhan katakan di dalam;

Filipi 2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,

Kalau orang percaya tidak hidup sesuai dengan pikiran dan perasaan Kristus, maka ia hidup dengan pikiran dan perasaan iblis. Sebab tidak ada yang lain yang berkuasa di luar Tuhan Yesus sebagai penguasa kebenaran, selain iblis yang menjadi penguasa kegelapan bagi orang-orang yang masih mau hidup menikmati kesenangan dunia ini, atau tetap hidup dalam dosa.

Jadi disini kita harus sadar bahwa, dalam hidup ini hanya ada dua pilihan. Memilih Tuhan Yesus atau memilih iblis. Orang yang memilih Tuhan Yesus, harus hidup sama seperti Tuhan Yesus telah hidup. Jika kita tidak hidup sama seperti Tuhan Yesus telah hidup, itu artinya secara otomatis kita telah memilih hidup sama seperti iblis atau hidup dalam pemerintahan iblis.

Memilih Tuhan Yesus sama dengan memilih Sorga, sebaliknya memilih iblis sama dengan memilih neraka. Memilih Tuhan Yesus berarti harus hidup dalam kebenaran Allah. Sebaliknya jika kita tetap hidup dalam dosa itu artinya kita memilih mengikuti penguasa kegelapan yaitu iblis.

Itulah kenapa mulai saat ini, kita harus benar-benar menyadari bahwa, betapa pentingnya kita harus hidup dalam kebenaran Allah. Sebab tanpa kebenaran Allah maka kita tidak akan mungkin bisa menerima keselamatan di dalam Tuhan Yesus Kristus.

Kasih karunia yang kita terima didalam Tuhan Yesus Kristus memiliki tujuan yaitu, supaya kita bisa dikembalikan menjadi manusia seperti yang Allah Bapa di Sorga kehendaki. Atau dengan kata lain kita bisa dikembalikan menjadi manusia seperti rancangan Allah semula.

Disinilah kita diperhadapkan kepada dua pilihan, mau memilih keselamatan kekal atau memilih kebinasaan kekal. Pilihan hidup itu terletak pada keputusan diri kita pribadi lepas pribadi. Tetapi yang perlu di ingat, orang-orang yang saat ini lebih memilih untuk menikmati dunia ini dengan segala kesenangannya, sama dengan telah memilih kebinasaan kekal.

Oleh sebab itu, jika kita ingin benar-benar diselamatkan di dalam Tuhan Yesus Kristus, maka kita harus berani meninggalkan dunia ini dengan segala kesenangannya supaya kita bisa memperoleh keselamatan di dalam Tuhan Yesus Kristus. Kiranya kita semakin menyadari betapa pentinggnya tetap hidup didalam kebenaran Allah. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin

Baca juga : Mengejar Berkat Rohani Setiap Hari

Artikel by Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2016 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: ,

Related For PENTINGNYA HIDUP DALAM KEBENARAN ALLAH