PERTOLONGAN KITA

RENUNGAN HARIAN 2123 Kali Dibaca

Renungan hari ini 31 Desember 2013 adalah “Pertolongan Kita”. Sebelum membaca renungan ini mari kita berdoa terlebih dahulu.

Doa: Bapa didalam nama Tuhan Yesus Kristus, kami sungguh mengucap syukur karena kasih setiaMu dalam perjalanan hidup kami sepanjang tahun ini. Ajar kami senantiasa untuk semakin mengerti akan kebenaran firmanMu ya Tuhan, sebab FirmanMu ya Tuhan kekuatan bagi kami, dan Engkaulah Allah pertolongan kami, dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa, haleluya. Amin.

Tanpa terasa kita sudah berada dipenghujung tahun 2013, dan akan segera memasuki tahun 2014. Satu hal yang pasti dan itu tidak dapat kita pungkiri, baik kita sadar ataupun tidak sadar bahwa kalau samapi saat ini kita masih tetap ada sebagaimana kita ada itu semua karena pertolongan Tuhan atas hidup kita, sebab Allah yang memberikan nafas hidup kepada kita tidak akan pernah meninggalkan perbuatan tanganNya.

Firman Tuhan katakan dalam Mazmur 124:8 Pertolongan kita adalah dalam nama TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi. Kebenaran ini harus menjadi sebuah pengakuan yang tidak bisa kita ingkari, sebab sebagai manusia kalau kita mau jujur dengan tulus kita akan mengakui bahwa kalau kita masih tetap ada sampai saat ini, itu semua tidak terlepas dari campur tangan pemeliharaan Tuhan.

Tentu didalam menjalani hidup disepanjang tahun 2013 ini ada begitu banyak persoalan, tantangan, masalah, yang kita hadapi, tetapi itulah sesungguhnya hidup itu, karena selama kita masih hidup di dunia ini, persoalan akan tetap ada, tantangan akan tetap ada, masalah akan tetap ada, dan kita tidak dapat menghindari semuanya itu. Kita bisa terlepas dari masalah hidup kecuali kalau kita sudah mati.

Mungkin sampai detik-detik pergantian Tahun ini masih ada persoalan, tantangan, dan masalah-masalah yang belum kunjung selesai juga, tetapi itu bukan berarti kita harus putus asa, sebab bila kita terus bersandar pada Tuhan, hidup dalam takut akan Tuhan, dan menyerahkan sepenuhnya kendali hidup kita dalam tangan Tuhan, maka apapun yang kita hadapi Tuhan akan tetap menyatakan pertolonganNya kepada kita.

Terkadang seringkali sebagai orang percaya kita merasa bahwa persoalan hidup yang kita hadapi begitu berat, sehingga rasanya kita tidak mampu lagi untuk menanggung semuanya itu, tetapi sebagai orang percaya kita tidak boleh lemah apalagi sampai menjadi kuatir. Kita harus tetap kuat untuk menghadapi apapun persoalan hidup yang datang, sebab Tuhan pasti akan memberikan kekuatan disaat kita lemah. Firman Tuhan katakan dalam Filipi 4:6 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur, artinya apa yang menjadi persoalan hidup harus kita serahkan semua dalam tangan Tuhan dan Tuhan akan menyatakan pertolonganNya tepat pada waktuNya. Jadi bukan waktu kita tetapi waktunya Tuhan.

Untuk menjadi tetap kuat didalam Tuhan, sebagai orang percaya janganlah memandang kepada persoalan yang kita hadapi, karena kalau kita memandang persoalan itu berarti kita melupakan Tuhan. Pandanglah kepada Tuhan yang masih memberikan nafas hidup ini kepada kita, dan ingatlah Firman Tuhan katakan dalam Filipi 4:13 Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku. Kalau kita bisa memiliki prinsip hidup seperti ini, maka inilah yang membuat kita menjadi orang-orang yang tidak pernah kehilangan pengharapan.

Ingat selalu janji Tuhan bahwa Ia akan setia menyertai kita sampai pada kesudahan zaman. Jadi kita harus tetap mengakui bahwa hidup kita ini hanya oleh karena kasih karunia Tuhan dan pemeliharaan Tuhan. Ini adalah pengakuan yang penting bagi setiap orang percaya, sebab tanpa pengakuan akan pemeliharaan Tuhan maka sesungguhnya kita tidak pernah menjadi orang percaya yang ber-Tuhan dengan benar, dan pengakuan ini juga harus tulus keluar dari hati kita bahwa pertolongan kita satu-satunya datangnya dari Tuhan yang menciptakan langit dan bumi.

Pengakuan kita akan pemeliharaan Tuhan yang sempurna akan membuat kita memiliki sikap hati yang benar dihadapan Tuhan, karena kita akan terus menyadari bahwa tanpa Tuhan kita tidak mampu berbuat apa-apa. Memang untuk memiliki sikap hati yang benar-benar tulus dihadapan Tuhan itu tidak mudah, karena selama ini hidup kita sudah terlanjur dipengaruhi oleh pola pikir dunia yang ada disekitar kita yang semakin fasik, artinya seringkali kita berada pada lingkungan orang-orang yang tidak sungguh-sungguh takut akan Tuhan, serta tidak perduli terhadap hukum-hukum Tuhan.

Ingat, bahwa dengan berlalunya satu tahun perjalanan hidup berarti kita harus semakin menyadari bahwa akhir zaman sudah semakin dekat, waktu Tuhan tinggal sebentar lagi. Diakhir zaman ini kefasikan akan semakin bertambah, dan hal ini akan semakin mempengaruhi iman percaya atau iman kristen yang murni dari banyak orang percaya. Ada banyak orang yang semakin mengarahkan fokus hidupnya hanya kepada perkara-perkara dunia, janganlah kita ikut tenggelam didalamnya sebab semua kehidupan seperti itu akan berakibat pada kebinasaan kekal.

Ingat bahwa hari-hari ini semakin jahat, dan itulah yang Firman Tuhan ingatkan kepada kita dalam Efesus 5:15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, 5:16 dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. 5:17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. Jadi yang terpenting dalam menjalani kehidupan ini adalah bagaimana kita bisa hidup dalam pemeliharaan Tuhan setiap hari penuh dengan ucapan syukur dan mau terus berusaha untuk mengerti apa yang menjadi kehendak Tuhan serta melakukannya.

Selama setahun ini bila kita harus hitung kebaikan Tuhan dalam hidup kita, maka sesungguhnya kita tidak akan pernah mampu untuk membalas kebaikanNya. Kalaupun ada persoalan, tantangan dan masalah, seringkali Tuhan izinkan itu terjadi dalam hidup kita, supaya kita semakin kuat didalam Dia. Tetapi kita juga harus memeriksa diri kita sendiri, sebab seringkali persoalan dan masalah itu terjadi akibat dari kita keinginan hati kita yang penuh dengan kedagingan, dan inilah yang menjadi pokok persoalan dan masalah dalam kehidupan orang-orang percaya.

Sebagai orang percaya atau orang kristen yang benar, kita harus berani untuk memilih tidak lagi menikmati dunia ini dengan segala kesenangan dan keinginannya, dan hanya mengarahkan fokus hidup kita terus tertuju kepada Tuhan, sebab kita tahu bahwa Dia tidak akan pernah meninggalkan kita. Firman Tuhan katakan dalam Roma 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Jadi kalau kita tahu bahwa Allah turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihi Dia, maka seharusnya tidak ada lagi yang perlu kita takutkan, tidak ada lagi yang harus membuat kita kuatir, karena bagi kita mungkin itu mustahil tetapi bagi Allah tidak ada yang mustahil.

Ingat pesan ini:

  1. Bersyukurlah senantiasa atas pemeliharaan yang sudah Tuhan nyatakan sepanjang tahun ini.
  2. Waktu ini adalah waktu dimana akhir zaman sudah semakin dekat, oleh sebab itu teruslah, melekat dengan Tuhan dan hiduplah takut akan Tuhan.
  3. Percaya bahawa apapun yang akan terjadi dengan hidup ini, bersama dengan Tuhan kita akan capak menanggung segala perkara.

Jikalau engkau diberkati dengan kebenaran ini, maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi. renunganhariini.com

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , , ,

Related For PERTOLONGAN KITA