RENUNGAN HARIAN : BERHUTANG KEPADA TUHAN

RENUNGAN HARIAN 1616 Kali Dibaca

Sebagai orang percaya kita harus menyadari bahwa keselamatan yang kita terima dari Tuhan adalah sebuah anugerah yang sangat luar biasa, namun keadaan ini membuat kita juga harus menyadari bahwa sesungguhnya kita adalah orang yang berhutang kepada Tuhan karena Tuhan telah memberikan nyawa-Nya untuk menebus kita dari segala kesalahan dan dosa supaya kita bisa diselamatkan.

Karena kita ini orang yang berhutang kepada Tuhan maka selayaknya kita harus hidup hanya untuk Tuhan. Dalam Roma 8:12 Jadi, saudara-saudara, kita adalah orang berhutang, tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging. Kenyataannya dalam kehidupan kita sebagai orang percaya, setiap hari ada begitu banyak hal yang kita lakukan namun semuanya itu selalu berorientasi pada keinginan hati yang merupakan keinginan daging.

Sebagai orang berhutang tentu kita harus berjuang membayar seluruh hutang kita kepada Tuhan walaupun sesungguhnya sampai kita matipun kita tidak akan sanggup untuk membayar hutang kita kepada Tuhan, karena kita berhutang kepada Tuhan bukan berhutang uang atau barang, tetapi kita berhutang kepada Tuhan adalah hutang nyawa, dan itu tidak mungkin terbayarkan.

Ilustrasi:berhutang nyawa

Ingat hutang uang harus dibayar uang, bahkan bagi orang dunia hutang uang bukan saja dibayar sesuai jumlah hutang, tetapi hutang tersebut harus dibayar dengan bunganya.

Lalu bagaimana jika sekarang kita sadar sungguh bahwa kita berhutang nyawa kepada Tuhan. Tidak ada cara lain untuk membayar hutang kita kepada Tuhan selain dengan cara kita harus sepenuhnya hidup untuk Tuhan, artinya kita harus memberi segenap kehidupan kita ini menjadi milik Tuhan sepenuhnya.

Hidup yang sudah diberikan menjadi milik Tuhan artinya kita tidak lagi memiliki hak hidup bagi diri kita sendiri, kita tidak bisa lagi hidup menurut keinginan daging yang bisa memuaskan kita dengan berbagai macam hawa nafsu dunia, karena kita adalah orang berhutang kepada Tuhan yang harus membayar hutang kita dengan cara hidup menuruti apa yang menjadi kehendak Tuhan.

Ingat sekali lagi kita berhutang kepada Tuhan bukan berhutang uang, tetapi berhutang nyawa yang membawa kita kepada keselamatan, karena apa yang Tuhan Yesus lakukan lewat pengorbanan-Nya menjadikan kita sebagai orang-orang yang memiliki pengharapan didalam Tuhan untuk menerima keselamatan.

Firman Tuhan katakan didalam I Petrus 1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan, 1:4 untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.

Kalau kita menyadari akan hal ini bahwa tanpa pengorbanan-Nya kita akan menjadi orang-orang yang akan binasa di api kekal, maka kita sesungguhnya harus menghargai anugerah keselamatan yang Tuhan berikan kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya dengan cara hidup kita harus didapatkan benar dihadapan Tuhan.

Cara hidup yang benar artinya kita tidak lagi hidup sesuai keinginan diri kita sendiri tetapi kita harus hidup sesuai keinginan Tuhan, yaitu menuruti akan perintah-Nya serta senantiasa hidup melakukan kehendak-Nya.

Kalau saat ini kita hanya hidup untuk mengejar segala sesuatu yang merupakan keinginan hawa nafsu dunia maka mulai saat ini kita harus bertobat, tinggalkan semua cara hidup dunia dan kembali hidup sesuai kehendak Tuhan.

Mengejar apa yang yang dinamakan hawa nafsu dunia yang merupakan keinginan daging adalah sama dengan mengejar kesia-siaan, karena semuanya itu adalah fana. Orang percaya yang mau hidup hanya bagi Tuhan tanpa disadarinya, ia sedang mengejar suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga baginya.

Kiranya kebenaran ini membuka mata hati kita untuk semakin menyadari bahwa kita adalah orang yang berhutang nyawa kepada Tuhan dan mau berusaha untuk membayar hutang kita kepada Tuhan dengan cara menyerahkan seluruh hidup kita menjadi milik Tuhan, hidup hanya untuk Tuhan, sampai waktu Tuhan tiba bagi kita.

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: ,

Related For RENUNGAN HARIAN : BERHUTANG KEPADA TUHAN