RENUNGAN HIDUP ORANG PERCAYA

RENUNGAN HARIAN 1407 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan Harian – Renungan Hidup Orang Percaya. Shalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan kita saat ini mengambil tema; Renungan Hidup Orang Percaya.

Saudaraku, pernahkah kita mengambil waktu khusus dan berdiam diri lalu merenung sejenak, sebenarnya hidup ini untuk apa?. Sebab tidak ada satu manusia-pun di muka bumi ini yang bisa merencanakan kelahirannya atau kehadirannya di dunia ini.

Setiap manusia ada di dunia ini, karena ia dilahirkan. Jadi tidak ada seorangpun yang tahu sebelumnya kalau nanti ia akan lahir ke dunia ini. Kalau kita mau merenung semuanya itu, maka kita akan menyadari bahwa, kita ada karena ada pribadi yang memiliki kuasa dan berkuasa, yang membuat kita ada, dan pribadi yang berkuasa itu adalah Allah.

Yang menjadi pertanyaannya sekarang, untuk apa kita ada, untuk apa kita dilahirkan, atau untuk apa kita diciptakan?. Sebab tidak mungkin kita diciptakan tanpa tujuan, atau tanpa alasan.

Itulah kenapa sangat penting bagi kita sebagai orang percaya untuk mengambil waktu dan merenung, mengambil waktu dan berdiam diri, untuk membangun persekutuan dengan Allah, lalu bertanya kepada Allah, apa yang Allah kehendaki dengan hidup kita.

Bila kita memiliki waktu saat teduh, dan merenung betapa dahsyatnya kejadian hidup kita ini, maka kita akan menemukan banyak hal yang akan membuat kita begitu kagum dan takjub terhadap kedahsyatan kuasa Allah.

Kita diciptakan begitu sempurna, dan semua elemen yang ada pada tubuh kita begitu sempurna dan di tata dengan sempurna. Pasti bukan tanpa tujuan kita diciptakan oleh Allah.

Kalau kita mau belajar  kebenaran firman Tuhan dengan sungguh-sungguh, maka kita akan mengerti tujuan Allah menciptakan kita, dan satu hal yang luar biasa adalah kita diciptakan segambar dengan Allah.

Renungan Hidup Orang Percaya

Renungan Hidup : Renungan Hidup Orang Percaya | Renunganhariini.com

Kejadian  1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

Dari kebenaran ini kita tahu bahwa, ternyata kita diciptakan menurut gambar Allah. Itulah kenapa dari semua ciptaan yang ada, manusia terlihat begitu sempurna, karena manusia diciptakan menurut gambar-Nya.

Jelas bahwa Allah menciptakan kita bukan tanpa tujuan, sebab Allah menciptakan kita supaya kita bisa menjadi rekan sekerja-Nya, untuk melakukan segala sesuatu yang baik sesuai dengan rencana-Nya.

Hal ini bisa kita lihat, saat manusia pertama diciptakan oleh Allah, maka Allah memberikan kepada manusia, kepercayaan untuk berkuasa atas apa yang Allah ciptakan di muka bumi ini.

Kejadian  1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

Jadi kita harus menyadari bahwa kalau kita ada di dunia saat ini, itu karena Allah memiliki rencana dalam hidup kita. Itulah kenapa kita harus berjuang untuk menemukan apa yang menjadi rencana Allah dalam hidup kita.

Seringkali kita tidak dapat mengerti apa yang menjadi rencana Allah dalam hidup kita, karena kita menjalankan hidup ini mengikuti apa yang menjadi kehendak diri kita sendiri, dan bukan apa yang menjadi kehendak Allah dalam hidup kita.

Untuk bisa mengerti apa yang menjadi rencana Allah dalam hidup kita, maka kita harus memiliki waktu khusus untuk berdiam diri, merenung, dan bergaul dengan Allah setiap hari disepanjang waktu hidup yang Allah berikan kepada kita.

Hal yang harus kita ingat adalah, orang yang tidak memberi diri bergaul dengan Allah, maka ia tidak akan dapat mengerti apa yang menjadi rencana Allah di dalam hidupnya.

Efesus  2:10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Jadi semua yang kita lakukan selama hidup di dunia ini, harus sesuai dengan apa yang Allah kehendaki, yaitu segala sesuatu yang baik. Sebab jika tidak, itu artinya kita telah keluar dari rencana Allah, dan hal itu sama dengan kita telah memberontak kepada Allah.

Setiap orang yang saat ini tidak mau hidup di dalam rencana Allah, tidak mau hidup melakukan akan kehendak Allah, maka pada akhirnya di kekekalan nanti, ia tidak akan bisa bersama-sama dengan Allah di dalam Kerajaan-Nya.

Sebab di dalam Kerajaan Allah nanti, hanya ada orang-orang yang hidup menurut rencana-Nya dan hidup melakukan kehendak-Nya sewaktu ia masih hidup di dunia ini.

Penting bagi kita untuk menyadari, bahwa jika Allah menghendaki supaya kita hidup melakukan segala sesuatu yang baik, maka sebaliknya kuasa kegelapan akan berjuang untuk menipu kita, supaya kita hidup melakukan segala sesuatu yang berlawanan dengan kehendak Allah. Oleh sebab itu kita harus berjaga-jaga setiap saat.

1 Petrus  5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Jangan lupa bahwa apa yang kita tabur itulah yang akan kita tuai, dan itu terus saya ingatkan dalam beberapa renungan sebelumnya. Jadi kalau kita memberi diri untuk hidup dalam kendali kuasa kegelapan saat ini, maka yang akan kita tuai adalah hidup dalam kegelapan abadi di kekekalan nanti, dan itu sangat tragis dan mengerikan.

Disini kita bisa mengerti bahwa pentingnya sebuah renungan hidup, berdiam diri dan mengambil waktu untuk saat teduh di hadapan Tuhan, supaya kita bisa memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan setiap hari, dan di saat seperti itulah kita bisa belajar mengerti akan kehendak-Nya dan mengucap syukur untuk semua yang sudah Allah kerjakan dalam hidup kita, sehingga kita bisa berkata seperti yang firman Tuhan katakan;

Wahyu  4:11 “Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan.”

Kiranya kebenaran ini semakin membuat kita untuk terus membangun persekutuan dengan Tuhan dari hari lepas hari sampai waktu Tuhan tiba bagi kita semua. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca juga : Hidup Sesuai Kehendak Allah

Artikel by Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2016 – Original Content | Renunganhariini.com

tags:

Related For RENUNGAN HIDUP ORANG PERCAYA