SATU ROH

RENUNGAN HARIAN 1141 Kali Dibaca

Renungan harian hari ini 5 Januari 2014 adalah “SATU ROH”. Baiklah sebelum membaca renungan ini mari kita berdoa.

Doa: Bapa didalam Sorga, saat kami membaca renungan ini biarlah Engkau mengurapi kami dalam kuasa pengurapan Roh Kudus, agar kami boleh mengerti akan kebenaran FirmanMu, dan kami boleh tinggal tetap dalam FirmanMu, serta menjadi satu roh dengan Engkau ya Tuhan dan hidup melakukan kehendakMu. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa, Haleluya. Amin.

Kehidupan dunia diakhir zaman ini memiliki sebuah daya tarik yang begitu kuat dengan berbagai gaya hidup yang menarik hati setiap manusia, sehingga begitu banyak manusia terjerat didalam gaya hidup yang dunia tawarkan. Inilah sebenarnya cara iblis menipu dan menyeret setiap manusia untuk menjadi sekutunya yang akhirnya akan dibawa kedalam kebinasaan kekal, oleh sebab itu sebagai orang percaya atau anak-anak Tuhan harus memiliki kepekaan untuk membedakan mana tawaran yang berasal dari dunia dan mana tawaran yang berasal dari Tuhan, supaya kita tidak terjerat didalam tawaran dunia ini.

Setiap orang percaya atau orang kristen yang tidak pernah mau bersungguh-sungguh mengikatkan diri pada Tuhan dapat dipastikan akan tenggelam dalam tawaran dunia saat ini, sebab orang yang tidak mau mengikatkan diri pada Tuhan berarti ia tidak satu roh dengan Tuhan, sebaliknya karena ia tertarik dengan tawaran dunia maka secara tidak langsung ia telah mengikat dirinya dengan dunia sehingga pada akhirnya ia akan jatuh kedalam percintaan dunia, padahal Firman Tuhan katakan bahwa percintaan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah. Inilah kebenaran yang ditulis didalam Yakobus 4:4 Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.

Kebenaran ini seharusnya membuka mata hati setiap orang percaya yang saat ini sedang tenggelam dalam percintaan dunia untuk melihat bahwa hidupnya saat ini ada didalam bahaya yang bisa berakibat fatal untuk keadaan hidup yang sebenarnya didunia yang akan datang, karena hidup yang kita jalani saat ini adalah hidup yang sementara, hidup yang hanya memiliki batas waktu tujuh puluh sampai delapan puluh tahun, setelah itulah barulah kita masuk didalam kehidupan yang sesungguhnya.

Untuk masuk dalam kehidupan yang sebenarnya yaitu kehidupan setelah manusia berada dibalik kematian maka orang-orang yang telah memiliki ikatan dengan dunia termasuk didalamnya orang percaya atau orang kristen, tidak bisa masuk kedalam hidup yang disediakan Allah bagi orang-orang yang mengasihi Dia, kenapa ?. Karena hanya orang-orang yang satu roh dengan Tuhan yang bisa hidup bersama-sama dengan Tuhan dalam pemerintahanNya.

Untuk menjadi satu roh dengan Tuhan maka setiap orang percaya tidak punya pilihan lain selain harus mengikatkan dirinya dengan Tuhan, dan meninggalkan persahabatan dengan dunia. Sebab Firman Tuhan katakan dalam 1 Korintus 6:17 Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia. Ini artinya orang yang tidak mengikatkan dirinya dengan Tuhan tidak mungkin satu roh dengan Tuhan. Kalau sudah tidak satu roh dengan Tuhan bagaimana mungkin ia akan bisa tinggal bersama-sama dengan Tuhan, sebab satu roh dengan Tuhan berarti hidupnya harus  sesuai dengan keinginan Tuhan.

Orang yang terlanjur terikat dengan dunia akan semakin menjadi duniawi, dan dengan demikian ia akan sulit untuk mengikatkan dirinya dengan Tuhan, karena ia tidak dapat menerima apa yang berasal dari Allah sebab baginya hal itu merupakan sebuah kebodohan. Firman Tuhan katakan dalam 1 Korintus 2:14 Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani. 2:15 Tetapi manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain.

Setiap orang yang terikat dengan Allah akan dipandang sebagai orang bodoh oleh dunia ini, sebab orang-orang yang terikat dengan dunia akan selalu memiliki prinsip bahwa hidup ini hanya satu kali jadi harus dinikmati, padahal ia lupa kalau hidup hari ini bukanlah kehidupan yang sebenarnya, sebab kehidupan yang sebenarnya itu baru ada setelah setiap manusia berada dibalik kematian, dan sesungguhnya tanpa disadari oleh orang-orang yang terikat dengan dunia ini atau orang-orang yang terlanjur duniawi, dunia ini sedang lenyap dengan segala keinginannya, sebab semuanya itu bukan berasal dari Allah. Firman Tuhan katakan dalam 1 Yohanes 2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. 2:17 Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

Dengan mengerti kebenaran ini seharusnya kita menyadari mulai sekarang bahwa bila kita ikut tenggelam dalam berbagai keinginan yang dunia tawarkan maka sebenarnya kita ada didalam bahaya, dan bahaya itu akan membawa kita kepada kebinasaan kekal dimana setiap orang yang tidak satu roh dengan Tuhan akan mengalami penderitaan yang tak berujung, dan ini sangat mengerikan.

Kita harus bersyukur kalau saat ini Tuhan masih menegur kita lewat FirmanNya, karena segala sesuatu yang terjadi didalam hidup ini bukanlah sebuah kebetulan, tetapi semuanya itu adalah bagian dari peringatan Tuhan, karena Ia tidak mau ada satupun manusia yang binasa. Ingat bila kita mengakui kalau kita adalah orang percaya atau anak-anak Allah, seharusnya kita juga menyadari bahwa kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, seperti yang dikatakan Firman Tuhan dalam 1 Korintus 2:12 Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. Jadi kalau kita tahu sekarang apa yang dikaruniakan Allah bagi kita yaitu kehidupan kekal bersama dengan Tuhan Yesus Kristus dalam kerajaan Bapa di Sorga, maka hanya orang yang bodoh yang masih mau hidup bersahabat dengan dunia ini.

Ingat pesan ini:

  1. Tinggalkan dunia ini dengan segala keinginannya dan kembalilah kepada Tuhan sebelum semuanya menjadi terlambat.
  2. Sadarlah bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah.
  3. Orang yang tidak satu roh dengan Allah tidak akan mungkin hidup bersama-sama dengan Allah didalam kekekalan.

Jika engkau diberkati dengan renungan ini maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi. renunganhariini.com.

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , , ,

Related For SATU ROH