SEGENAP HIDUP KITA ADALAH IBADAH

RENUNGAN HARIAN 3491 Kali Dibaca

Renungan Harian – Rabu 21 Januari 2015. Segenap Hidup Kita Adalah Ibadah.

Syalom saudaraku yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus. Sampai saat ini ada begitu banyak orang termasuk orang percaya atau anak-anak Tuhan yang masih memisahkan antara ibadah kepada Tuhan dan aktivitas hidup setiap hari dalam hidup ini. Banyak orang masih beranggapan bahwa ibadah kepada Tuhan itu hanya merupakan bagian dari kehidupan.

Dengan pola pikir seperti ini maka pada akhirnya mereka juga membedakan antara kegiatan rohani seperti berdoa, ke gereja, menyanyikan lagu-lagu pujian dan penyembahan di gereja, itu adalah ibadah. Sedangkan kegiatan seperti rekreasi dengan keluarga, makan, olah raga, dan hal lain yang tidak ada kaitan langsung dengan Tuhan itu sebagai hal biasa.

Karena adanya pembedaan seperti ini maka pada akhirnya kita sering mendengar juga istilah kegiatan rohani dan kegiatan duniawi. Apabila masih ada orang percaya yang yang memiliki pola pikir seperti ini maka dapat dipastikan ia belum memahami benar akan kebenaran Allah yang sesungguhnya.

Firman Tuhan katakan didalam, Roma 12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

Mempersembahkan tubuh sebagai persembahan yang hidup artinya, didalam menjalani kehidupan ini apapun yang kita buat dalam aktivitas hidup kita sejak pagi hari hingga malam hari saat sebelum kita kembali beristirahat, semuanya itu harus merupakan ibadah kepada Tuhan. Sebab hidup sebagai orang percaya, selama kita masih ada di dunia ini dan menjalankan hidup ini, semuanya itu harus dipersembahkan untuk Tuhan, dan itulah ibadah kita kepada Tuhan.

Firman Tuhan katakan didalam I Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.

Pada ayat lain didalam, Kolose 3:17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

Segenap Hidup Kita Adalah Ibadah

Ilustrasi : Renungan Harian – Segenap Hidup Kita Adalah Ibadah

Artinya apapun yang kita lakukan sepanjang hari hidup kita, seharusnya semuanya itu kita lakukan untuk Allah, dan itulah ibadah yang sejati. Dengan menyadari bahwa seluruh gerak hidup kita adalah merupakan ibadah untuk Allah maka kita akan mawas diri didalam bertindak, baik itu didalam berkata-kata, didalam berpikir, dalam perilaku hidup, semuanya akan kita lakukan dengan penguasaan diri yang benar, karena semuanya itu harus berkenan dihadapan Allah.

Untuk membuka kembali cara berpikir kita dengan benar, maka mari sejenak kita melihat di dalam kitab kejadian dimana Allah memberikan kepercayaan kepada manusia untuk mengelola bumi ini dengan segala isinya, perintah ini merupakan perintah yang kudus dan rohani, dan tentu kepercayaan yang diberikan Allah itu harus dilaksanakan oleh manusia, dan pelaksanaannya merupakan sebuah ibadah kepada Allah.

Jadi dalam hal ini apapun yang kita kerjakan dan itu merupakan hal yang berkenan dihadapan Tuhan tidak boleh dipisahkan antara rohani dan duniawi, sebab penyelenggaraan hidup ini sepenuhnya harus merupakan ibadah kepada Allah.

Di dalam Roma 12:1, firman Tuhan mengatakan supaya kita mempersembahkan tubuh ini sebagai persembahan yang hidup, yang kudus, dan yang berkenan kepada Allah, dan itu merupakan ibadah kita yang sejati.

Mengerti akan kebenaran ini seharusnya sebagai orang percaya kita tidak boleh lagi melakukan segala sesuatu yang tidak berkenan dihadapan Allah, karena segenap hidup kita itu adalah ibadah, jadi seluruh tubuh kita harus kita gunakan hanya untuk kepentingan Tuhan semata-mata, dan bukan untuk kepentingan diri sendiri, dan inilah yang Tuhan Yesus tunjukan selama Ia hidup di dunia ini.

Sebagai orang percaya kita harus mau serius belajar akan kebenaran firman Allah sehingga kita bisa mengerti apa yang Tuhan mau, supaya kita bisa memiliki motivasi hidup yang benar yaitu segenap hidup kita hanya untuk Tuhan.

Kalau kita hidup saat ini hanya mengerjar segala sesuatu yang merupakan kesenangan dunia dengan segala hawa nafsu dunia, maka kita harus ingat firman Tuhan katakan, Apa Gunanya Harta Jika Jiwa Binasa.

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: , ,

Related For SEGENAP HIDUP KITA ADALAH IBADAH