SELAIN ENGKAU TIDAK ADA YANG KU INGINI DI BUMI

RENUNGAN HARIAN 1967 Kali Dibaca

Renungan Harian Kristen – Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, “Selain Engkau Tidak Ada Yang Ku Ingini Di Bumi” akan menjadi tema renungan kita hari ini. Ungkapan ini adalah merupakan kerinduan pemazmur kepada Tuhan, yang ditulis didalam Mazmur 73:25 Siapa gerangan ada padaku di sorga selain Engkau? Selain Engkau tidak ada yang kuingini di bumi. 73:26 Sekalipun dagingku dan hatiku habis lenyap, gunung batuku dan bagianku tetaplah Allah selama-lamanya.

Kalau kita baca secara lengkap Mazmur 73 ini maka kita akan menemukan sebuah fragmen kehidupan yang begitu indah dimana dimulai dengan sebuah pengakuan oleh pemazmur bahwa “Sesungguhnya Allah itu baik bagi mereka yang tulus hatinya, bagi mereka yang bersih hatinya”. Ini tentu sebuah pengakuan yang jujur berdasarkan pengalaman hidup bergaul dengan Allah.

Tetapi yang terjadi selanjutnya adalah ketika ia melihat kehidupannya tidak semujur orang-orang fasik, orang-orang yang tidak takut akan Tuhan. Mulai timbul rasa cemburu dalam hati pemazmur dimana ia berkata “Tetapi aku, sedikit lagi maka kakiku terpeleset, nyaris aku tergelinci” ia mengatakan ini karena ia melihat kenapa orang-orang yang tidak takut akan Tuhan itu hidupnya begitu enak.

Kalau kita melihat di dalam Mazmur 73:4 Sebab kesakitan tidak ada pada mereka, sehat dan gemuk tubuh mereka; 73:5 mereka tidak mengalami kesusahan manusia, dan mereka tidak kena tulah seperti orang lain.

Itulah yang menjadi alasan kuat kenapa pemazmur begitu cemburu, karena ia melihat dengan kacamata manusia bahwa orang-orang ini tidak pernah sakit, badan mereka gemuk, hidup mereka tidak pernah susah, dan bahkan kelihatannya mereka tidak pernah kena tulah.

Kecemburuan yang timbul di dalam hati pemazmur inilah yang seringkali juga timbul di dalam hati banyak anak-anak Tuhan atau orang percaya pada umumnya. Seringkali mereka berpikir “kenapa saya sudah setia mengiring Tuhan, sudah hidup takut akan Tuhan, tapi taraf hidup saya tidak pernah berubah” pertanyaan ini yang selalu muncul dari dalam hati banyak anak-anak Tuhan, seolah-olah Tuhan tidak menyatakan pertolongan.

Pada akhirnya ada banyak anak-anak Tuhan yang berpikir bahwa ternyata hidup dalam pengiringan akan Tuhan tidak ada bedanya dengan orang-orang dunia, bahkan orang-orang dunia mereka bisa menikmati hidup ini sesuka hati mereka. Apa saja yang mereka mau mereka bisa buat, sampai-sampai menyakiti orang lain dengan sikap mereka, itu sudah menjadi hiasan kehidupan yang menyenangkan bagi mereka. Pesta pora menjadi kenikmatan hidup yang begitu menyenangkan.

Gaya hidup seperti ini yang seringkali diingini oleh anak-anak Tuhan, sehingga pada akhirnya banyak juga anak-anak Tuhan yang terjebak lalu ikut tenggelam dengan gaya hidup dunia yang menyesatkan dan mereka berpikir ini adalah sebuah realitas hidup yang wajar.

Selain Engkau Tidak Ada Yang Ku Ingini Di Bumi

Ilustrasi : Renungan Harian Kristen – Selain Engkau Tidak Ada Yang Ku Ingini Di Bumi | renunganhariini.com

Dari kisah pemazmur tadi pada akhirnya ia bisa melihat dan menyadari bahwa ternyata orang-orang yang tidak takut akan Tuhan itu tidak akan lolos dari hukuman Tuhan. Dan itu ia temukan setelah ia mulai datang kepada Tuhan dalam tempat kudus Allah.

Firman Tuhan katakan dalam Mazmur 73:16 Tetapi ketika aku bermaksud untuk mengetahuinya, hal itu menjadi kesulitan di mataku, 73:17 sampai aku masuk ke dalam tempat kudus Allah, dan memperhatikan kesudahan mereka. 73:18 Sesungguhnya di tempat-tempat licin Kautaruh mereka, Kaujatuhkan mereka sehingga hancur. 73:19 Betapa binasa mereka dalam sekejap mata, lenyap, habis oleh karena kedahsyatan!

Ini artinya orang-orang yang hidupnya hanya mencintai dunia dengan segala kesenangannya, yang tidak pernah berpikir lagi bahwa hidup di dunia ini suatu saat nanti akan berakhir, mereka akan terkejut oleh kedahsyatan murka Allah, dan itu akan Allah nyatakan dihadapan penghakimanNya.

Ingat firman Tuhan katakan bahwa kita semua akan menghadap Takhta pengadilan Allah, jadi yang menjadi pesan Tuhan lewat kebenaran ini adalah, jangan ikut tenggelam dalam pesta pora dunia, jangan ikut hanyut dalam kenikmatan dunia, jangan pernah iri dan cemburu bila saat ini kita menlihat mengapa orang lain hidupnya lebih baik dari kita yang hidupnya takut akan Tuhan.

Sebagai orang percaya kita harus tetap bersyukur karena walaupun kita tidak bisa menikmati kesenangan dunia ini, kita tidak memiliki segala sesuatu seperti yang orang-orang dunia miliki, tetapi kita memiliki Allah yang hidup didalam Tuhan Yesus Kristus yang akan menjadi pembela kita di hadapan Bapa di Sorga, asal kita mau tetap hidup takut akan Allah.

Itulah kenapa pada akhirnya setelah pemazmur menyadari semuanya ia bisa berkata seperti yang di katakan dalam Mazmur 73:25 Siapa gerangan ada padaku di sorga selain Engkau? Selain Engkau tidak ada yang kuingini di bumi. 73:26 Sekalipun dagingku dan hatiku habis lenyap, gunung batuku dan bagianku tetaplah Allah selama-lamanya.

Artinya apapun yang akan terjadi dalam hidup ini, apapun yang sedang kita alalmi saat ini kita akan tetap percaya bahwa Ia tetaplah Allah yang setia yang tidak pernah meninggalkan anak-anaknya, sebab bagi anak-anak Tuhan seharusnya tidak ada lagi yang diinginkan di dunia ini selain kita harus mengingini Tuhan saja lebih dari apapun yang ada di dunia ini, sehingga kita bisa berkata “Selain Engkau tidak ada yang kuingini di bumi”.

Kiranya kebenaran ini menyadarkan kita supaya kita bisa tetap hidup takut akan Tuhan sampai waktu Tuhan datang menjemput kita semua.

Jangan lupa untuk membaca juga : Hidup Sesuai Keinginan Tuhan

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: ,

Related For SELAIN ENGKAU TIDAK ADA YANG KU INGINI DI BUMI