SEPERTI ANAK KECIL

RENUNGAN HARIAN 2895 Kali Dibaca

Renungan hari ini 22 Desember 2013 adalah, Seperti Anak Kecil. Sebelum membaca renungan ini mari kita berdoa bersama-sama.

Doa: Tuhan Yesus saat renungan ini kami baca ya Allah, buatlah kami mengerti akan kebenaranMu, bagaimana kami harus hidup seperti seorang anak yang taat untuk melakukan kehendakMu dalam hari-hari hidup kami, dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa dan bersyukur, Haleluya. Amin.

Pola pikir antara manusia dewasa dan anak-anak tentu saja sangat jauh berbeda, karena manusia dewasa sudah memiliki pola pikir yang lebih matang dibanding dengan anak-anak yang masih kecil. Terkadang pola pikir yang dimiliki oleh seseorang yang sudah dewasa akhirnya terbentuk menjadi sebuah prinsip atau karakter yang sulit untuk diubah. Kalau seseorang yang sudah dewasa memiliki pola pikir yang baik maka karakter orang tersebut juga akan menunjukan sebuah kepribadian yang baik atau bermoral. Tetapi apabila yang terjadi adalah keadaan sebaliknya, maka ia akan menjadi seseorang yang berkarakter buruk atau tidak bermoral.

Setiap orang percaya atau orang kristen juga dituntut untuk memiliki kepribadian yang baik, dan kepribadian yang baik disini tentu tidak saja kepribadian dengan standar moral umum tetapi kepribadian yang sama dengan Kristus, atau memiliki standar moral khusus, atau dengan kata lain bisa dikatakan harus memiliki pribadi seperti Kristus, karena apabila seseorang tidak memiliki pribadi seperti Kristus atau tidak hidup sama seperti Kristus maka ia tidak akan masuk kedalam kerajaan Sorga.

Seseorang yang ingin memiliki pribadi seperti Kristus maka ia harus menjadi seperti anak-anak. Firman Tuhan katakan dalam Matius 18:1 Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: “Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?” 18:2 Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka 18:3 lalu berkata: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. 18:4 Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga.

Dari kebenaran ini ada pernyataan Tuhan Yesus yang harus diperhatikan dengan serius pada ayat yang ke 3 yaitu “jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.”

Bertobat dan menjadi seperti anak kecil artinya, anak yang mudah untuk di didik, anak yang mudah dibentuk, anak yang mudah diubah. Jadi kalau seorang  anak kecil itu  bisa diajar, di didik, dibentuk, atau diubah, supaya memiliki pribadi yang baik sesuai didikan orang tuanya, maka orang percaya atau orang kristen juga demikian, harus mau masuk dalam didikan Tuhan dalam hal ini belajar memberi hidupnya untuk menuruti Firman Tuhan, supaya bisa diubah dan bisa dibentuk  sesuai Firman Tuhan, dan orang yang mau dibentuk sesuai dengan Firman Tuhan maka ia akan memiliki Pribadi yang sama seperti Kristus, sebab hanya orang yang mau hidup sesuai Firman Tuhan saja yang akan mampu untuk hidup didalam ketaatan untuk melakukan kehendak Bapa di Sorga.

Bertobat artinya berbalik dan berubah, jadi seseorang harus berbalik menjadi seperti seorang anak kecil dimana ia mudah untuk dibentuk, ia mudah untuk di didik, dalam hal ini pola pikirnya harus diubah dan dibentuk kembali supaya ia bisa memiliki pikiran Kristus. Kedengarannya seperti konyol, “masa iya seorang yang sudah dewasa harus menjadi seperti anak-anak ?”, tetapi itulah yang Tuhan Yesus katakan, artinya bila seseorang ingin masuk kedalam kerajaan Bapa di Sorga maka ia tidak punya pilihan lain selain menjadi seperti seorang anak kecil yang mudah untuk dibentuk dan di ubah atau di baharui sesuai kehendak Tuhan.

Pernyataan Tuhan Yesus ini berlaku kepada semua manusia yang ingin masuk kedalam kerajaan Sorga, artinya didalamnya termasuk orang-orang percaya atau orang-orang kristen, jadi jangan merasa kalau sudah kristen lalu bisa langsung masuk Sorga. Kenapa harus berbalik atau berubah menjadi seperti seorang anak kecil ?, karena selama ini manusia pada umumnya termasuk didalamnya orang percaya atau orang kristen sudah terlanjur menerima didikan yang salah dari dunia, yang membuat pola pikir setiap manusia menjadi rusak, atau pola pikir yang sudah berorientasi hanya kepada kesenangan dunia dan segala keinginannya, dan akhirnya manusia lebih mencintai dunia dan apa yang ada didalamnya, dan tidak lagi mengarahkan fokus hidupnya kepada kerajaan Sorga.

Padahal Firman Tuhan katakan didalam 1 Yohanes 2:15 Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. 2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. 2:17 Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

Orang percaya atau orang kristen yang terlanjur menerima didikan yang salah dari dunia akan membuat ia tidak lagi memiliki kerinduan akan kerajaan Sorga, dan seluruh hidupnya hanya dipenuhi dengan berbagai keinginan serta keangkuhan hidup yang akan menghancurkan kehidupannya didalam kekekalan, dan waktu itu tidak lama lagi karena Firman Tuhan katakan saat ini, dunia ini sedang lenyap dengan segala keinginannya.

Bila saat ini engkau menyadari bahwa hidupmu sudah terlanjur menerima didikan yang salah dari dunia selama ini maka sekaranglah saat yang tepat untuk berbalik dan berubah menjadi seperti seorang anak kecil yang mau dibentuk sesuai dengan kehendak Tuhan, sebelum semuanya menjadi terlambat, dengan kata lain, berubahlah sebelum tidak ada lagi kesempatan untuk berubah atau sebelum engkau tidak bisa lagi  diubah.

Ingat pesan ini:

  1. Jadilah seperti seorang anak kecil yang mudah untuk dibentuk sesuai kehendak Tuhan.
  2. Keputusanmu hari ini untuk berbalik dan berubah serta memberi diri untuk masuk dalam didikan Tuhan akan menentukan hidupmu didalam kekekalan.
  3. Orang yang tidak berubah akan menerima dampaknya yaitu ia akan binasa pada akhirnya.

Kiranya kebenaran ini bisa menjadi berkat bagi semua orang yang saat ini mau berbalik dan berubah sesuai kehendak Tuhan.

Jika engkau diberkati dengan kebenaran ini, maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi. renunganhariini.com

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , , ,

Related For SEPERTI ANAK KECIL