SETIAP ORANG PERCAYA HARUS HIDUP KUDUS

RENUNGAN HARIAN 2811 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan Harian – Setiap Orang Percaya Harus Hidup Kudus. Shalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan kita saat ini adalah; Setiap Orang Percaya Harus Hidup Kudus.

Saudaraku, untuk mencapai kesempurnaan seperti yang Allah Bapa di sorga kehendaki, maka setiap orang percaya harus hidup kudus. Dan ini merupakan harga mati yang tidak dapat ditawar lagi. Orang percaya harus mencapai standar kekudusan Allah.

Kenapa demikian?. Karena kekudusan Allah adalah kesempurnaan kebenaran di dalam seluruh hakikat Allah yang tak terbatas. Oleh sebab itu, apabila orang percaya tidak bisa mencapai standar kekudusan yang dikendaki oleh Allah, maka hidupnya akan menjadi tidak berkenan dihadapan Allah.

Tidak hidup dalam kekudusan Allah berarti bersalah di hadapan Allah. Dan yang perlu di ingat adalah, Allah sama sekali tidak pernah berkompromi dengan dosa. Itulah kenapa setiap kesalahan dan pelanggaran pasti akan mendapat hukuman. Firman Tuhan katakan dengan jelas di dalam;

Nahum 1:2 TUHAN itu Allah yang cemburu dan pembalas, TUHAN itu pembalas dan penuh kehangatan amarah. TUHAN itu pembalas kepada para lawan-Nya dan pendendam kepada para musuh-Nya. 1:3 TUHAN itu panjang sabar dan besar kuasa, tetapi Ia tidak sekali-kali membebaskan dari hukuman orang yang bersalah. Ia berjalan dalam puting beliung dan badai, dan awan adalah debu kaki-Nya.

Jadi kita tidak bisa bermain-main dengan hal yang satu ini. Sekalipun banyak orang menganggap bahwa Allah itu baik, Allah itu panjang sabar, Allah itu murah hati, tetapi bukan berarti, kebaikan, kesabaran, dan kemurahan hati-Nya itu  tidak ada batas waktunya. Sebab ada waktu dimana tidak ada kesempatan lagi untuk berubah bagi orang-orang yang tidak sungguh-sungguh menjaga kekudusan hidupnya.

Suatu saat nanti orang yang tidak menjaga kekudusan hidupnya akan terkejut apabila Allah pada akhirnya akan berterus terang dan berkata bahwa Allah tidak mengenal mereka. Dan itu akan dikatakan kepada setiap orang yang selama ini mengaku percaya kepada Allah, sudah melayani pekerjaan Tuhan, bahkan sudah menjadi pendeta sekalipun. Pada saatnya Allah akan berkata “Aku tidak mengenal engkau, enyahlah dari hadapan-Ku kamu semua pembuat kejahatan.”

Orang percaya yang tidak bisa menjaga kekudusan hidupnya sama dengan berbuat jahat di hadapan Tuhan. Itulah kenapa saya katakan diatas, untuk mencapai kesempurnaan Allah maka setiap orang percaya harus hidup kudus. Oleh sebab itu yang harus menjadi catatan penting bagi kita semua untuk tetap di ingat adalah, tidak ada kesempurnaan tanpa kekudusan. Setiap kita harus benar-benar menjaga hidup ini supaya tetap tinggal dalam kekudusan Allah. Jadi setiap perkataan, sikap, pikiran, perasaan, dan semua perbuatan kita, harus kudus seperti yang Allah Bapa kehendaki. Itulah kenapa firman Tuhan katakan di dalam;

I Petrus 1:15 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, 1:16 sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.

Setiap Orang Percaya Harus Hidup Kudus

Renungan Harian : Setiap Orang Percaya Harus Hidup Kudus | Renunganhariini.com

Dalam kebenaran ini dikatakan, kita harus kudus didalam seluruh hidup kita. Dan itu yang saya katakan tadi merupakan harga mati yang tidak bisa di tawar lagi. Kalau kita tidak bisa menjadi kudus dalam seluruh hidup kita, maka kita tidak mungkin berkenan kepada Allah.

Kebenaran firman Tuhan ini bukan sekedar ingin menggambarkan hakikat kebenaran Allah sebagai Allah yang kudus, tetapi juga merupakan panggilan kepada setiap orang percaya untuk hidup dalam keucian dan kekudusan sama seperti Allah Bapa di sorga yang tinggal di dalam kekudusan-Nya.

Sudah terlalu sering saya katakan dan kita harus tetap ingat adalah, Allah itu kudus, jadi Allah tidak bisa menyatu dengan segala sesuatu yang tidak kudus. Oleh sebab itu kalau kita tidak menjaga kekudusan hidup, maka mustahil kita bisa diterima oleh Allah dan menyatu dengan Allah.

Pertanyaannya sekarang adalah, mengapa begitu sulit bagi orang percaya untuk menjaga kekudusan hidupnya?. Padahal kita tahu bahwa hidup kudus itu adalah mutlak bagi setiap orang percaya.

Jika kita mengaku percaya kepada Allah, maka mutlak bagi setiap orang percaya untuk hidup kudus. Itulah yang saya katakan tadi sebagai harga mati yang tidak bisa ditawar lagi.

Orang percaya tidak bisa menjaga kesucian hidupnya untuk tetap tinggal di dalam kekudusan Allah adalah, karena hatinya masih dipenuhi dengan berbagai keinginan dan hawa nafsu diri. Dan keinginan itu masih mendominasi seluruh gerak hidup mereka. Itulah kenapa saya sering katakan bahwa kita harus berjuang sungguh-sungguh untuk melepaskan diri dari keterikatan terhadap berbagai keinginan diri.

Dengan melepaskan semua keinginan diri, maka fokus hidup kita tidak lagi tertuju kepada segala kesenangan dunia. Pada akhirnya kita hanya mengarahkan fokus hidup kita hanya kepada Allah dan Kerajaan-Nya, dan itulah yang membuat kita bisa menjaga seluruh gerak hidup kita supaya tetap kudus di hadapan Allah. Firman Tuhan katakan di dalam;

II Korintus 6:17 Sebab itu:  Keluarlah kamu dari antara mereka,  dan pisahkanlah dirimu dari mereka, firman Tuhan,  dan janganlah menjamah apa yang najis,  maka Aku akan menerima kamu. 6:18 Dan Aku akan menjadi Bapamu,  dan kamu akan menjadi anak-anak-Ku laki-laki dan anak-anak-Ku perempuan  demikianlah firman Tuhan, Yang Mahakuasa.”

Saudaraku, akhirnya sekarang kita bisa mengerti bahwa untuk benar-benar bisa diakui oleh Allah sebagai anak-Nya, maka kita tidak boleh menajiskan diri kita dengan perkara-perkara dunia yang tidak berkenan dihadapan Allah. Itulah kenapa firman Tuhan katakan, kita tidak boleh sama dengan dunia ini, tetapi kita harus berubah dalam seluruh hidup kita, supaya kita bisa mengerti apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Disini kita harus memahami bahwa tidak cukup bagi orang percaya hanya mengerti hukum-hukum dan peraturan-peraturan menurut standar moral umum saja, lalu kita berusaha tidak melanggar semuanya itu. Sebab untuk menjadi kudus di dalam seluruh hidup, setiap orang percaya dituntut untuk belajar memahami pikiran dan perasaan Kristus, supaya kita bisa hidup dan melakukan semua yang menjadi kehendak Allah Bapa di sorga.

Ingat saudaraku, mengambil keputusan untuk tetap hidup dalam kesucian dan kekudusan Allah memiliki tujuan yang pasti yaitu, supaya anugerah keselamatan yang telah kita terima di dalam Tuhan Yesus Kristus pada akhirnya bisa benar-benar menjadi nyata bagi kita. Dimana kita bisa mencapi tujuan iman kita yaitu keselamatan jiwa.

Orang percaya yang mau berjuang untuk hidup dalam kekudusan Allah demi mencapai tujuan imannya, maka dikekekalan nanti hidupnya akan terhindar dari penjara abadi. Sebab orang percaya yang ditemukan Allah berkenan dihadapan-Nya akan masuk ke dalam Kerajaan Allah dan tinggal di dalam kemuliaan Allah, yang telah disediakan oleh Allah Bapa di sorga, bagi orang-orang yang mengasihi Dia.

Menjaga kesucian hidup sama dengan hidup melakukan kehendak Allah Bapa di sorga. Dan orang yang terus hidup melakukan kehendak Allah akan mencapai kesempurnaan seperti yang Allah Bapa di sorga kehendaki.

Kiranya kebenaran ini membuat kita bisa mengambil keputusan tepat dalam hidup ini, untuk berjuang, tetap menjaga hidup ini terus tinggal didalam kesucian dan kekudusan Allah. Jadi yang perlu kita ingat adalah mutlak bagi orang percaya untuk hidup kudus dihadapan Allah. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca Juga : Menghayati Hidup Kekristenan Yang Benar

Renungan oleh Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2017 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: , ,

Related For SETIAP ORANG PERCAYA HARUS HIDUP KUDUS