SORGA ADALAH TANAH AIR ORANG PERCAYA

RENUNGAN HARIAN 1811 Kali Dibaca

Renungan Harian Sorga Adalah Tanah Air Orang Percaya. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Tema renungan kita hari ini adalah, Sorga Adalah Tanah Air Orang Percaya.

Orang percaya yang benar-benar mau mengikut Tuhan Yesus harus memiliki konsep berpikir yang yang benar. Selama ini banyak orang percaya yang memiliki konsep berpikir yang salah sehingga begitu mudahnya anak-anak Tuhan terjebak oleh tipu daya dunia.

Satu hal yang harus di pahami dengan benar dan harus digarisbawahi bahwa, dunia ini bukan tujuan kita, sebab sorga-lah yang menjadi tujuan kita, karena Sorga adalah tanah air orang percaya, kewargaan kita berasal dari sana.

Mari kita lihat apa yang firman Tuhan katakan di dalam, Filipi 3:20 Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat, 3:21 yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia, menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya.

Landasannya apa?. Landasannya adalah setiap orang yang menerima dan percaya Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat, maka segenap hidupnya telah menjadi milik Kristus, karena sudah ditebus dari kuasa kegelapan dan masuk pada terangNya yang ajaib.

Baca Juga Renungan

KELUAR DARI KEGELAPAN KEDALAM TERANGNYA

Konsep berpikir orang percaya yang salah

Selama ini banyak orang percaya yang memiliki konsep berpikir yang salah, dimana mereka berpikir bahwa kalau sudah menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat, maka Allah akan memelihara dan mencukupi kita dengan segala berkat-berkatNya, sehingga kita bisa hidup dalam kelimpahan dan bisa menikmati dunia ini dengan segala kesenangannya.

Kalau masih ada orang percaya yang berpikir seperti ini maka inilah konsep berpikir orang percaya yang salah. Dengan memiliki konsep berpikir sepeti ini maka pada akhirnya banyak orang percaya, atau banyak anak-anak Tuhan yang menjadi kecewa.

Kenapa Kecewa?

Karena mereka melihat ternyata hidup mereka setelah percaya kepada Tuhan Yesus, tidak lebih baik dari orang-orang yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus. Padahal mereka mau percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat dengan satu tujuan yaitu, supaya mereka diberkati, supaya ekonomi dipulihkan, supaya usahanya tidak bangkrut, supaya rumah tangganya tidak hancur, dan masih banyak lagi. Dan yang lebih konyol lagi banyak orang percaya yang berharap bahwa percaya kepada Tuhan Yesus supaya bisa hidup dalam kelimpahan berkat, serta bisa menikmati dunia ini, lalu kemudian mati masuk Sorga.

Sorga Adalah Tanah Air Orang Percaya

Ilustrasi : Renungan Harian Kristen | Sorga Adalah Tanah Air Orang Percaya | renunganhariini.com

Kalau pada akhirnya tidak terjadi sesuai dengan apa yang mereka harapkan, maka orang-orang seperti ini akan berdalih untuk membenarkan diri dengan mencomot ayat firman Tuhan dan berkata, “kan firman Tuhan sudah bilang, Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan”

Itulah kenapa seringkali saya katakan bahwa kita harus belajar firman Tuhan itu secara utuh, jangan sepotong-sepotong, supaya kita bisa mengerti maksud dari firman itu dengan benar. Sebab kalau landasannya itu adalah Yohanes 10,

Yohanes 10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Kemudian yang menjadi landasan penekanannya didalam ayat ini adalah kata, hidup dan kata, kelimpahan. Kedua kata ini harus dimengerti dengan benar, karena kata hidup dan kata kelimpahan yang dimaksudkan didalam ayat ini sebenarnya memiliki arti, hidup yang lebih berkualitas.

Dengan kata lain menjadi pribadi seperti yang Allah Bapa di Sorga kehendaki yaitu pribadi yang sama seperti Kristus dan menikmati segala kelimpahan itu bukan di dunia ini, tetapi nanti kelak didalam Kerajaan Bapa di Sorga, karena itu semua telah Allah sediakan didalam Soraga kepada orang-orang yang hidup berkenan dan melakukan kehendakNya serta mengasihi Allah.

Jadi kalau masih ada orang percaya yang berpikir demikian maka ini adalah konsep berpikir yang bukan saja keliru tetapi salah. Orang percaya harus memahami bahwa dunia ini adalah tempat hunian sementara dan bukan kekal, sebab hidup yang sesungguhnya itu, nanti setelah kita berada dibalik kematian.

Sampai disini, maka akan timbul pertanyaan lagi, bila demikian konsep berpikir kekristenan yang benar itu seperti apa?.

Konsep berpikir orang percaya yang benar

Setiap orang percaya harus berpikir bahwa setelah kita ditebus oleh Tuhan Yesus Kristus maka segenap hidup kita mutlak menjadi milik Tuhan. Menjadi milik Tuhan artinya, kita sudah tidak berhak lagi atas hidup kita, dan Allah berhak sepenuhnya atas seluruh keberadaan hidup kita, itulah sebabnya saat ini kalau kita masih hidup, maka kita harus menuruti segala perintah-Nya, dan hidup hanya untuk melakukan apa yang menjadi kehendakNya.

Kenapa kita tidak berhak atas hidup kita?

Firman Tuhan katakan didalam, I Korintus 6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Jadi jelas bahwa setiap orang percaya yang masih hidup didunia ini harus mempergunakan seluruh tubuhnya bahkan seluruh hidupnya hanya untuk hormat dan kemuliaan nama Tuhan dan tidak ada yang lain.

Itulah kenapa firman Tuhan ajarkan kepada kita supaya kita harus hidup mengenakan pikiran dan perasaan Kristus. Maksudnya supaya cara berpikir kita tidak lagi sama dengan cara berpikir orang-orang dunia pada umumnya, sebab kalau sama berarti kita masih serupa dengan dunia.

Itulah kenapa dikatakan didalam, Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Jadi yang mendapat penekanan penting disini adalah setelah ditebus, kita harus berubah. Perubahan yang terjadi didalam pembaharuan budi dan cara berpikir, kemudian akan membuat kita bisa mengerti apa yang menjadi kehendak Allah, dan kehendak Allah itulah yang kita lakukan terus menerus sampai Tuhan datang.

Kalau ada yang berpikir, lalu bagaimana dengan hidup kita sehari-hari?.

Percayalah janji Tuhan bahwa Ia akan menyertai kita sampai kepada kesudahan zaman, bahkan Ia sekali-kali tidak akan pernah meninggalkan kita, namun kita harus mengutamakan hidup melakukan kehendakNya diatas segala-galanya.

Matius 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. 6:34 Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.”

Jadi Kerajaan Allah harus menjadi fokus pencarian kita selama kita hidup di dunia ini dan bukan yang lain, sebab orang yang mencari Tuhan dan kebenaranNya maka ia akan dibenarkan didalam Allah, dan kebenaran Allah yang tetap didalam kita sebagai percaya akan menuntun kita sampai selama-lamanya, bahkan sampai kita tiba di Kerajaan Bapa di Sorga.

Jadi dunia ini bukan tujuan kita, bukan tanah air kita yang sesungguhnya, sebab Sorga adalah tanah air orang percaya yang mau sungguh-sungguh hidup dan menanti-nantikan Tuhan sampai Ia datang.

Baca Juga Renungan

TUHAN AKAN SEGERA DATANG

Kiranya kebenaran ini membuat kita semakin mengerti tujuan hidup kekristenan kita yang sesungguhnya. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin. renunganhariini.com

tags: ,

Related For SORGA ADALAH TANAH AIR ORANG PERCAYA