STANDAR KUALITAS HIDUP

RENUNGAN HARIAN 4853 Kali Dibaca

Renungan hari ini 4 Desember 2013 adalah, Standar Kualitas Hidup. Sahabat renunganhariini.com yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus, sebelum renungan ini dibaca, saya mengajak kita semua untuk berdoa terlebih dahulu.

Doa: Bapa didalam nama Tuhan Yesus Kristus, ajarlah kami untuk mengerti kebenaran FirmanMu lewat renungan ini, lebih dari apa yang dapat kami mengerti dengan pikiran kami, karena kami terbatas tetapi Engkau Allah yang tidak terbatas. Kuduskan kami dalam kebenaranMu ya Tuhan, dan biarlah kuasa kebenaranMu menguasai segenap hidup kami, agar kami memiliki kualitas hidup yang sesuai dengan apa yang Engkau kehendaki, didalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin.

Setiap manusia pasti memiliki standar kualitas hidup yang sesuai dengan apa yang ia bayangkan. Ada orang yang beranggapan bahwa standar kualitas hidup itu dilihat dari apa yang dimiliki oleh seseorang, baik itu pekerjaan, bisnis, rumah, mobil, deposito, serata fasilitas lainnya yang juga digunakan untuk kepentingan gaya hidup seseorang.

Pertanyaannya, apakah standar kualitas hidup yang seperti ini juga berlaku bagi orang percaya . . ?. Bila setiap orang percaya masih menginginkan standar kualitas hidup seperti ini, maka dapat dipastikan bahwa selama ini ia telah menerima pengajaran yang salah tentang kebenaran Firman Tuhan, dan dapat dipastikan juga bahwa apa yang diajarkan tentang kebenaran Firman Tuhan tersebut adalah, bagaimana caranya memanfaatkan Tuhan dengan kuasanya untuk pemenuhan ambisi pribadi mencapai segala keinginannya.

Setiap orang percaya yang berkata bahwa ia percaya kepada Yesus Kristus, maka ia juga harus memiliki sebuah standar kualitas hidup yang sama seperti Kristus. Mari kita lihat apa yang dikatakan Firman Tuhan didalam, Filipi 2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, 2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, 2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.

Yang menjadi penekanan penting di dalam kebenaran ini adalah setiap orang percaya harus memiliki pikiran dan perasaan Kristus, dan ini yang harus ditanamkan didalam kehidupan setiap orang percaya, sebab dengan memiliki pikiran dan perasaan Kristus maka pola pikir dan setiap tindakan yang ia lakukan dalam hidupnya tidaklah sama dengan anak-anak dunia, dan disinilah terletak perbedaaan standar kualitas hidup sebagai anak-anak Allah dan anak-anak dunia.

Memiliki pikiran dan perasaan Kristus akan membuat setiap orang percaya berbeda dengan dunia, seperti apa yang Firman Tuhan katakan dalam, Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. Jadi dalam hal ini bila seseorang mengenakan pikiran dan perasaan Kristus didalam hidupnya, maka yang dipikirkan olehnya hanyalah segala sesuatu yang baik, yang didapatkan berkenan kepada Allah, dan semuanya itu akan membawanya menuju kesempurnaan seperti yang Allah kehendaki. Itulah yang Firman Tuhan maksudkan dalam, Matius 5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.” Jadi standar hidup orang percaya itu adalah harus sempurna sama seperti Bapa di Sorga, dan standar hidup inilah yang Tuhan Yesus tunjukan selama Ia masih berada didunia dalam keadaanNya sebagai manusia.

Seseorang yang mau mengenakan pikiran dan perasaan Kristus didalam hidupnya maka ia akan menjadi pribadi yang tidak sombong, tidak tinggi hati, tidak gampang iri sama orang lain, tidak mementingkan diri sendiri, tetapi ia akan memberikan hidupnya menjadi roti yang terpecah dan anggur yang tercurah bagi banyak orang, sehingga dimanapun ia berada pribadi Kristus nampak didalam setiap tutur katanya, tindakannya, serta perbuatannya, dan semuanya itu yang membuat Bapa di Sorga dipermuliakan.

Untuk mengenakan pikiran dan perasaan Kristus dalam kehidupan setiap orang percaya bukanlah hal yang mudah, karena untuk menjadi pribadi yang sama seperti Kristus maka ada harga mahal yang harus dibayar, dan harganya adalah segenap hidup ini harus diserahkan sepenuhnya menjadi milik Allah, dan kalau sudah diserahkan sepenuh menjadi milik Allah berarti kita tidak berhak sedikitpun atas kehidupan yang kita miliki, sehingga setiap hari dalam menjalankan kehidupan ini, kita berjuang untuk melakukan segala sesuatu sesuai dengan apa yang Bapa kehendaki, baik itu didalam pekerjaan, usaha, bisnis, pelayanan, dll, semuanya itu kita lakukan dengan satu tujuan yaitu semua yang kita lakukan bisa menyukakan hati Bapa di Sorga. Inilah standar kualitas hidup yang harus dimiliki oleh setiap oarang percaya, karena jika kuarang dari ini berarti tidak sempurna seperti apa yang Bapa di Sorga inginkan.

Ingat pesan ini:

  1. Tanggalkan pola pikir dunia dan mulailah untuk mengenakan pikiran dan perasaan Kristus didalam hidupmu.
  2. Jangan lagi hidup serupa dengan dunia ini, karena serupa dengan dunia berarti diujung kehidupan akan binasa.
  3. Tidak ada cara lain untuk menjadi serupa dengan Kristus selain menyerahkan segenap hidupmu menjadi milik Allah dan berjuang untuk hidup sepanjang hari melakukan kehendak Bapa di Sorga. Amin.

Bersyukurlah kepada Tuhan jikalau engkau diberkati dengan renungan ini, dan jadilah berkat bagi semua orang yang engkau kasihi dengan memberikan link renungan ini. renunganhariini.com

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , , ,

Related For STANDAR KUALITAS HIDUP