SUKAR MASUK KERAJAAN SORGA

RENUNGAN HARIAN 1915 Kali Dibaca

Renungan Harian Kristen – Minggu, 8 Maret 2015. Sukar Masuk Kerajaan Sorga.

Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Sukar masuk Kerajaan Sorga menjadi tema renungan kita hari ini. Kalimat “sukar masuk Kerajaan Sorga” ini diucapkan sendiri oleh Tuhan Yesus. Bila demikian bagaimana dengan pandangan orang-orang percaya yang memiliki prinsip bahwa setelah menerima kasih karunia Tuhan mereka pasti masuk Kerajaan Sorga?.

Kalimat yang diucapkan oleh Tuhan Yesus ini bukan tanpa alasan, sebab sebagai orang percaya bila kita tahu bahwa kita telah menerima kasih karunia Tuhan tetapi kita masih membiarkan diri kita terikat dengan berbagai kesenangan hidup, termasuk terikat dengan percintaan dunia dan dengan harta kekayaan maka inilah yang menjadi jerat yang membuat kita sulit masuk kedalam Kerajaan Sorga seperti yang Tuhan Yesus katakan.

Firman Tuhan katakan di dalam Matius 19:23 Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sukar sekali bagi seorang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga. 19:24 Sekali lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah.”

Perkataan Tuhan Yesus ini seharusnya menjadi peringatan buat semua orang pecaya yang saat ini mengantungkan hidupnya kepada kekuatan financial yang dimilikinya. Artinya ada orang-orang yang karena merasa hidup mereka berkecukupan membuat mereka berpikir bahwa dengan uang yang mereka bisa miliki apa saja yang mereka mau, mereka bisa melakukan apa saja yang mereka inginkan, dan akhirnya tanpa disadarinya, kebanggaan dan kesombongan akan selalu menghiasi kehidupan mereka serta menjadi nilai diri yang tinggi.

Dengan kekuatan financial atau harta atau kekayaan yang dimilikinya akan membuat orang-orang seperti ini seakan-akan tidak lagi memerlukan Tuhan, karena mereka merasa dengan uang mereka bisa membeli segalanya. Mereka merasa uang dapat menghindarkan mereka dari berbagai kesulitan hidup, bahkan dengan uang mereka dapat membangun relasi dengan orang-orang terpandang, dari pejabat sampai tingkat menteri, serta mereka akan dengan mudah mendapat penghormatan dari manusia.

Sukar Masuk Kerajaan Sorga

Ilustrasi : Renungan Harian Kristen – Sukar Masuk Kerajaan Sorga | renunganhariini.com

Orang-orang seperti ini akan cenderung meremehkan segala sesuatu, sampai-sampai merekapun meremehkan Tuhan namun tidak mereka sadari. Mereka merasa bisa menyogok Tuhan dengan memberikan sumbangan untuk membantu pekerjaan Tuhan, dan bahkan bila ada dalam sebuah keadaan yang sulit mereka berpikir bisa memanggil dan membayar pendeta yang top atau yang sudah terkenal untuk berdoa kepada mereka supaya persoalan yang mereka hadapi bisa terselesaikan atas pertolongan Tuhan.

Cara hidup seperti ini menggambarkan, mereka tidak perlu takut terhadap apapun dan terhadap siapapun, karena semuanya bisa diselesaikan dengan uang, jadi bagi mereka uang adalah segalanya, padahal mereka lupa uang bukan segalanya, sebab berapapun uang yang mereka miliki tidak dapat menebus mereka dari jerat dosa, tidak dapat membeli keselamatan.

Kalau gaya hidup ini terjadi dalam hidup orang percaya, maka ini gambaran dari hidup orang-orang yang tidak lagi takut akan Tuhan, oleh sebab itu bila ini yang sedang terjadi dalam kehidupan kita, bertobatlah sekarang juga. Ingat ada masa dimana uang tidak punya kekuatan apa-apa untuk menolong kita, uang tidak dapat menambah sehasta umur hidup kita kalau sudah waktu Tuhan tiba.

Itulah mengapa firman Tuhan katakan di dalam Lukas 12:5 Aku akan menunjukkan kepada kamu siapakah yang harus kamu takuti. Takutilah Dia, yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, takutilah Dia!

Jadi gaya hidup seperti ini bila terus dipertahankan oleh orang-orang percaya yang tidak takut akan Tuhan, maka mereka akan mati sebagai orang-orang yang hina dihadapan Tuhan, orang-orang yang tidak berharga dihadapan Tuhan, dan uang yang mereka miliki tidak dapat meloloskan mereka dari bencana yang maha dahsyat saat ada di penghakiman Tuhan, dimana mereka akan terbuang dari hadirat Tuhan untuk selama-lamanya.

Sebagai orang percaya kita harus menyadari akan hal ini mulai sekarang, dan mulailah merendahkan diri di hadapan Tuhan dalam pertobatan, supaya kita tidak binasa dalam kekekalan.

Jangan lupa untuk menyimak juga Renungan : PADAMU ADA PENGAMPUNAN

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: ,

Related For SUKAR MASUK KERAJAAN SORGA