TAK BERCACAT DAN TAK BERNODA

RENUNGAN HARIAN 1271 Kali Dibaca

Renungan Harian – Kamis, 22 Januari 2015. Tak Bercacat Dan Tak Bernoda.

Syalom saudaraku yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus. Setiap orang pasti selalu mengharapkan supaya keadaan hidup ini selalu baik, dan tidak ada seorangpun yang mengharapkan keadaan hidup ini berubah menjadi buruk, tetapi pada kenyataannya setiap saat keadaan hidup ini bisa berubah, baik keadaan dunia ini atau keadaan hidup setiap orang secara pribadi.

Keadaan dunia yang berubah bisa kita lihat terjadi akibat bencana alam, perang, dan lain sebagainya. Sementara keadaan hidup manusia bisa kita lihat perubahannya dalam hidup setiap orang mulai dari hura-hura, sakit penyakit, pembunuhan, sampai pada keadaan hidup rumah tangga terjadi perceraian, dan masih banyak hal lainnya yang bisa kita jumpai setiap hari.

Ini semua merupakan sebuah indikasi bahwa dunia ini tidak akan pernah berubah menjadi lebih baik, dan ini juga merupakan penggenapan dari firman Allah, bahwa dunia ini sedang lenyap dengan segala keinginannya.

Sebagai orang percaya sesungguhnya kita tidak boleh terpengaruh dengan apapun keadaan hidup ini, sebab kita harus terus mengarahkan fokus pandangan kita hanya kepada Tuhan dan terus menjalankan kehidupan ini dengan satu tujuan yaitu selalu menanti-nantikan langit baru bumi baru, dan saat menantikan semuanya itu kita harus didapatkan tetap berkenan dihadapan Tuhan.

Firman Tuhan kataka didalam, II Petrus 3:14 Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.

Dari kebenaran firman Tuhan ini, maka menjalani hidup sebagai orang percaya, kita seharusnya mengarahkan fokus hidup kita untuk menanti-nantikan Tuhan. Menanti-nantikan Tuhan berarti terus berharap kepada Tuhan, dan keadaan inilah yang akan membuat kita tetap bisa hidup dalam kerendahan hati, sebab orang yang menanti-nantikan Tuhan akan selalu menjaga hatinya untuk hidup berkenan dihadapan Tuhan.

Ingat firman Tuhan katakan bahwa “sambil menantikan semua ini, kamu harus berusaha” artinya harus ada perjuangan dalam kehidupan orang percaya supaya tetap bisa berkenan tidak bercacat dan tidak bernoda, sebab saat waktu itu tiba maka setiap kita harus didapatkan Tuhan tidak bercela.

Untuk mengalihkan fokus hidup dari cara hidup dunia yang bisa membawa kepada kebinasaan, kepada hidup hanya untuk menanti-nantikan Tuhan adalah sebuah keputusan yang membutuhkan perjuangan, karena kita tidak akan mampu tanpa pertolongan Tuhan, sebab sebagai manusia kita terbatas dalam segala hal.

Tak Bercacat Dan Tak Bernoda

Ilustrasi : Renungan Harian – Tak Bercacat Dan Tak Bernoda

Keterbatasan manusia adalah akibat dari manusia jatuh kedalam dosa, dan itulah yang membuat manusia telah kehilangan hikmat dan menjadi bodoh. Dalam keadaan seperti ini manusia memerlukan Tuhan dan tidak dapat hidup lepas dari Tuhan. Dalam keadaan dunia seperti sekarang ini maka setiap orang percaya harus lebih sungguh-sungguh lagi memiliki persekutuan dengan Tuhan yang lebih erat.

Dunia saat ini adalah dunia yang sudah semakin rusak dan materialistis, itu yang menjadi warna dunia saat ini. Itulah yang sering saya katakan bahwa sebagai orang percaya kita tidak boleh terikat dengan keadaan dunia ini, sebab apa yang dunia tawarkan saat ini adalah cara liciknya iblis untuk menyeret sebanyak mungkin manusia jatuh dalam percintaan dunia.

Itulah sebabnya firman Tuhan mengingatkan setiap kita, didalam Efesus 4:27 dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis. Didalam segala hal kita harus bisa mengontrol diri, baik dalam perkataan, perbuatan dan setiap tindakan kita dalam hidup ini, kita harus tetap berusaha supaya berkenan dihadapan Tuhan.

Tidak ada cara lain yang bisa membuat hidup kita bisa tetap berkenan dihadapan Tuhan selain, kita harus semakin melekat dengan Tuhan, kita harus semakin berakar kuat didalam Tuhan, supaya hidup yang kita jalani ini terus bertumbuh ke arah menjadi sempurna sama seperti Bapa di Sorga, supaya dunia tidak dapat menyeret kita jatuh dalam hawa nafsunya.

Orang yang berakar kuat didalam Tuhan tidak akan tergiur dengan apa yang dunia tawarkan saat ini, sebab sesungguhnya sebagai orang percaya kita harus sadar bahwa apa yang dunia tawarkan saat ini hanya akan menyeret kita kedalam kebinasaan kekal.

Kalau kita membiarkan hidup kita terikat dengan dunia, menjadi orang-orang yang hidup mencintai uang maka inilah yang akan menjadi akar dari segala kejahatan yang bisa kita lakukan.

Itulah yang firman Tuhan katakan didalam I Timotius 6:10 Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

Oleh sebab itu sebagai orang percaya pandanglah Tuhan, dan lepaskan diri kita dari segala keadaan hidup dunia yang bisa menyesatkan kita kepada kebinasaan, nantikanlah Tuhan setiap saat dalam hidup ini, dan berusahalah untuk tetap hidup berkenan tidak bercacat tidak bercelah dihadapanNya.

Sebagai orang percaya ingatlah selalu bahwa kita diberi, Kuasa Menjadi Anak-anak Allah.

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: , ,

Related For TAK BERCACAT DAN TAK BERNODA