TAK BERKESUDAHAN KASIH SETIA TUHAN

RENUNGAN HARIAN 12653 Kali Dibaca

Renungan Harian Kristen – Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. “Tak Berkesudahan Kasih Setia Tuhan” akan menjadi tema renungan kita saat ini.

Hidup sebagai orang percaya kita harus mengerti bahwa ada proses pendewasaan yang harus kita lalui dalam hidup ini, dan tentu proses pendewasaan ini akan mengubah kita menjadi pribadi seperti yang Tuhan kehendaki, dalam proses pendewasaan inilah kita akan melihat bahwa sesungguhnya tak berkesudahan kasih setia Tuhan dalam hidup kita.

Untuk mampu melihat akan kasih setia Tuhan yang tak berkesudahan itu maka orang percaya harus melihatnya sampai kepada hal yang paling mendasar yaitu, apabila saat ini kita masih menghirup nafas hidup, itu artinya kasih setia Tuhan itu begitu nyata dalam hidup kita, sebab nafas hidup ini milik Tuhan.

Ada begitu banyak orang percaya yang hanya mengukur kasih setia Tuhan dengan berkat-berkat yang mereka terima, barulah mereka bisa berkata “Tuhan itu baik” atau “Allah itu luar biasa”. Sesungguhnya bagi orang percaya berkat Tuhan tidak dapat diukur hanya semata-mata dalam bentuk berkat jasmani seperti, uang, makanan, pakaian, rumah, mobil, dan berbagai fasilitas hidup lainnya yang bisa dinikmati, namun yang terpenting adalah ketika orang percaya mampu melihat ada berkat-berkat kekal yang Tuhan sediakan bagi kita setiap hari, dimana kita harus berjuang untuk mencapainya.

Berkat-berkat kekal ini akan kita capai tentu lewat berbagai proses pendewasaan yang Tuhan izinkan itu terjadi dalam hidup kita, bahkan terkadang proses itu terasa begitu menyakitkan.

Tak Berkesudahan Kasih Setia Tuhan

Ilustrasi : Renungan Harian Kristen – Tak Berkesudahan Kasih Setia Tuhan | renunganhariini.com

Kalau kita baca dalam kitab Ratapan pasal 3 mulai ayat 1 dan seterusnya, maka kita akan menemukan bahwa didikan Tuhan itu berlangsung terus-menerus, bahakan pada Ratapan 3:17 Engkau menceraikan nyawaku dari kesejahteraan, aku lupa akan kebahagiaan. 3:18 Sangkaku: hilang lenyaplah kemasyhuranku dan harapanku kepada TUHAN.

Artinya rasanya hidup yang dijalankan begitu menyakitkan, karena tidak ada lagi kesejahteraan, tidak ada kebahagian, bahkan hidup yang dijalani rasanya seperti orang yang tidak lagi memiliki pengharapan kepada Tuhan. Bahkan dikatakan dalam Ratapan 3:20 Jiwaku selalu teringat akan hal itu dan tertekan dalam diriku.

Jadi disaat orang percaya mulai menaruh hati hanya kepada perkara-perkara yang fana selagi masih hidup didunia ini, maka yang dirasakan adalah jiwa akan selalu merasa tertekan.

Akan menjadi berbeda jika kita mulai merubah cara pandang kita terhadap semua itu, dimana kita tidak lagi membiarkn diri kita terikat dengan berbagai kesenangan dunia yang fana dan sementara tetapi mulai mengarahkan hati kita hanya tertuju kepada perkara-perkara kekal yang disediakan Tuhan. Kalau ini yang kita lakukan maka kita akan mampu melihat kasih setia Tuhan tidak berkesudahan.

Firman Tuhan katakan di dalam Ratapan 3:21 Tetapi hal-hal inilah yang kuperhatikan, oleh sebab itu aku akan berharap: 3:22 Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, 3:23 selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu! 3:24 “TUHAN adalah bagianku,” kata jiwaku, oleh sebab itu aku berharap kepada-Nya.

Jadi sebagai orang percaya kita harus tetap menyadari bahwa proses pendewasaan dan pembentukan yang Tuhan lakukan bagi setiap kita, selalu baru setiap hari, itulah sebabnya kita harus tanamkan didalam hati dan pikiran kita setiap saat bahwa, tidak ada yang lain yang kita ingini di dunia ini selain hanya menginginkan Tuhan saja. Itulah yang akan membuat kita mampu berkata “Tuhan adalah bagianku”

Rahmat Tuhan yang selalu baru setiap hari harus membuat kita terus belajar sungguh-sungguh untuk mengerti apa yang Tuhan mau bagi hidup kita apa yang Tuhan kehendaki, karena setiap hari ada hal-hal yang selalu baru yang Tuhan kehendaki supaya kita melakukannya dalam hidup kita, artinya bila hari ini kita tidak dapat mencapai apa yang Tuhan inginkan maka besok hal yang sama tidak mungkin terulang lagi.

Itulah kenapa betapa pentingnya orang percaya harus terus menambatkan hatinya hanya kepada kehendak Tuhan semata-mata dan bukan kepada dunia dengan segala kesenangannya.

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: ,

Related For TAK BERKESUDAHAN KASIH SETIA TUHAN