TAKUT DAN GENTAR SELAMA HIDUP DI DUNIA

RENUNGAN HARIAN 1662 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan HarianTakut Dan Gentar Selama Hidup Di Dunia. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan kita hari ini adalah; Takut Dan Gentar Selama Hidup Di Dunia.

Saudaraku, sebagai orang percaya kita harus menyadari sungguh bahwa Allah itu tidak dapat menyangkal hakekatnya sebagai Allah yang adil. Allah yang akan menghakimi setiap manusia tanpa memandang muka.

Sangat penting untuk menyadari akan hal ini, supaya selagi kita masih hidup di dunia ini, kita bisa mengontrol diri, dalam sikap, perkataan, serta perbuatan, bahkan mengontrol seluruh gerak pikiran kita, supaya tetap selaras dengan apa yang Allah kehendaki.

Artinya selama kita hidup di dunia ini, kita harus benar-benar takut dan gentar terhadap hal yang satu ini, yaitu apakah kita sudah berkenan kepada Allah atau belum. Firman Tuhan katakan di dalam;

I Petrus 1:17 Dan jika kamu menyebut-Nya Bapa, yaitu Dia yang tanpa memandang muka menghakimi semua orang menurut perbuatannya, maka hendaklah kamu hidup dalam ketakutan selama kamu menumpang di dunia ini.

Dari kebenaran ini dapat terlihat jelas bahwa, Allah itu tidak dapat menyangkal hakekat-Nya sebagai Allah yang adil. Artinya sekalipun sebagai orang percaya kita memanggil-Nya dengan panggilan “Bapa” dan itu artinya kita adalah anak, tetapi saat ada di pengadilan-Nya nanti di dalam kekekalan, Allah akan tetap menghakimi dengan tidak memandang muka.

Allah tidak akan melihat, apakah kita sering memanggilnya dengan ucapan “Bapa” atau tidak. Allah juga tidak akan melihat kalau orang yang menghadap takhta pengadila-Nya itu seorang pendeta, majelis gereja, worship leader, singer, atau seorang pengerja gereja, atau bukan. Sebab yang akan dilihat oleh Allah adalah apa yang kita perbuat selama kita hidup di dunia itu sesuai dengan kehendak-Nya atau tidak.

Jadi bila di hadapan takhta pengadilan-Nya nanti, kita ditemukan oleh Allah tidak berkenan di hadapan-Nya, artinya tidak hidup menuruti perintah-Nya, tidak hidup melakukan kehendak-Nya, maka jelas kita tidak akan diterima di dalam Kerajaan-Nya. Dan itu artinya kita akan terbuang ke dalam kegelapan abadi.

Takut Dan Gentar Selama Hidup Di Dunia

Renungan Harian Kristen : Takut Dan Gentar Selama Hidup Di Dunia | renunganhariini.com

Itulah kenapa firman Tuhan telah mengingatkan kita “maka hendaklah kamu hidup dalam ketakutan selama kamu menumpang di dunia ini.” Itu artinya kita harus benar-benar memperhatikan cara hidup kita dengan benar, bahkan di dalam takut dan gentar, karena Allah itu sungguh sangat adil, dimana Allah tidak akan membiarkan orang yang bersalah bebas dari hukuman.

Kita harus menyadari bahwa, sebagai orang percaya yang memanggil-Nya dengan sebutan “Bapa”, kalau kita tidak hidup menuruti perintah-Nya, tidak hidup melakukan kehendak-Nya, itu artinya kita tidak menghormati dan tidak menghargai Allah sebagai Bapa, dan sebaliknya kita telah menyangkal Dia sebagai Allah.

Sebab kalau orang percaya tidak memiliki cara hidup sama seperti yang Allah kehendaki berarti, itu menunjukan kalau kita bukan anak-Nya, sebab anak akan hidup menuruti perintah Bapa.

Jadi sesungguhnya hidup kekristenan itu tidaklah mudah. Hidup kekristenan itu penuh dengan perjuangan. Berjuang untuk mendapatkan satu pengakuan dari Allah, dimana pada akhirnya, kelak nanti di hadapan takhta pengadilan-Nya, kita boleh di akui sebagai anak-Nya, dan Ia akan menjadi Allah kita, dan kita boleh tinggal di dalam Kerajaan-Nya, dan itulah yang menjadi tanda atau bukti, bahwa kita menjadi pemenang dari kehidupan yang kita jalani di dunia ini. Itulah yang dimaksudkan firman Tuhan di dalam;

Wahyu 21:7 Barangsiapa menang, ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Allahnya dan ia akan menjadi anak-Ku.

Saudaraku, kalau kita tidak hidup sesuai dengan apa yang Allah kehendaki, artinya kita menjadi bagian dari orang-orang yang tidak dikenal oleh Allah. Siapa saja orang-orang yang pasti tidak akan dikenal oleh Allah, atau tidak di akui oleh Allah sebagai anak-anak-Nya?. Firman Tuhan katakan di dalam;

Wahyu 21:8 Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua.”

Dari kebenaran ini kita bisa melihat, cara hidup kita saat ini ada dikategori orang-orang yang mana. Itulah yang membuat kita harus mengoreksi diri setiap saat, supaya kita bisa merubah cara hidup kita sesuai dengan cara hidup yang Allah kehendaki.

Sesungguhnya ini merupakan persoalan hidup yang serius yang harus kita perhatikan dan kita perjuangkan lebih dari pada persoalan apapun yang sedang kita hadapi saat ini.

Kenapa demikian?, sebab hal ini menyangkut masa depan hidup kita di dalam kekekalan nanti. Dan di kekekalan nanti hanya ada dua pilihan hidup yaitu, hidup menikmati indahnya Kerajaan Bapa di sorga dalam kemuliaan-Nya, atau terbuang dan tersiksa dalam api kekal sampai selama-lamanya. Itulah kenapa firman Tuhan katakan di dalam;

Efesus 5 :17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.

I Petrus 1:14 Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu,

Dari kebenaran ini kita bisa mengerti bahwa, seringkali karena hawa nafsu yang menguasai hati dan pikiran kita, membuat kita sulit untuk mengerti akan kehendak Tuhan, dan pada saat itulah setiap tindakan hidup kita akan membuat kita menjadi seperti orang bodoh, dan kalau hal ini tidak kita sadari mulai sekarang, maka akan berdampak buruk bagi masa depan kita di dalam kekekalan nanti.

Kiranya kebenaran ini menyadarkan kita untuk hidup takut dan gentar selama kita hidup di dunia ini, dan kita mau mengarahkan seluruh gerak hidup kita, untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca juga : Diselamatkan Di Dalam Tuhan Yesus Kristus

Artikel by Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2016 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: , ,

Related For TAKUT DAN GENTAR SELAMA HIDUP DI DUNIA