TANGGUNG JAWAB ORANG PERCAYA

RENUNGAN HARIAN 5429 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan Harian KristenTanggung Jawab Orang Percaya. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Renungan hari ini berjudul “Tanggugng Jawab Orang Percaya”.

Saudaraku, kita harus mengerti bahwa sebagai orang percaya kita semua memiliki tanggung jawab, dimana nantinya diakhir hidup ini harus ada pertanggungan jawab dihadapan Tuhan. Dan itulah yang Firman Tuhan katakan.

Roma 14:12 Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah.

Jadi seluruh gerak hidup kita saat ini semuanya akan terekam menjadi sebuah file kehidupan yang tidak dapat disembunyikan oleh siapapun. Setelah nantinya kita berada dibalik kematian, maka file kehidupan kita di dunia itu harus kita pertanggung jawabkan dihadapan Tuhan, baik ataupun jahat.

Oleh sebab itu menjalankan hidup ini kita tidak bisa berlaku seolah-olah hidup ini tidak ada resiko sama sekali. Artinya hidup ini bukan gratis, tetapi ada harga yang harus dibayar. Harga yang harus di bayar itulah seperti yang firman Tuhan katakan diatas, bahwa “setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah”. Saya menggarisbawahi kata “akan” yang artinya kelak, atau nanti, semua itu pasti kita hadapi, jadi tidak ada satu orangpun yang dapat menghindardari akan hal ini.

Tanggung Jawab Orang Percaya

Renungan Harian Kristen | Tanggung Jawab Orang Percaya | renunganhariini.com

Ironisnya selama ini banyak orang percaya yang memahami bahwa anugerah yang diterima lewat kematian Yesus diatas kayu salib, itu sudah cukup menghindarkan manusia dari tanggung jawab, seakan-akan anugerah itu membebaskan manusia dari tanggung jawab, lalu kita bisa hidup sesuka hati kita.

Pemahaman seperti ini adalah pemahan yang keliru, atau harus saya tegaskan bahwa kalau ada orang percaya yang memiliki pemahaman seperti ini, maka itu adalah sebuah pemahaman yang salah.

Mengapa demikian?. Karena, justru oleh anugerah maka manusia ditempatkan pada tanggung jawab yang berat, bukan bebas merdeka, bukan hidup Cuma-cuma, bukan hidup gratis. Ingat firman Tuhan katakan setiap orang yang diberi banyak dituntut banyak.

II Korintus 5:9 Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya. 5:10 Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.

Jadi sekali lagi saya harus tegaskan bahwa seluruh gerak hidup kita ini akan terekam menjadi sebuah file kehidupan yang harus dipertanggungjawabkan di hadapan Allah.

Ini artinya bila kita menjalankan hidup ini mengikuti keinginan hati, pikiran, perasaan dan kehendak diri kita sendiri, maka pasti hidup kita tidak akan meungkin berkenan kepada Allah, dan itu artinya kita berada di jalur kebinasaan dalam kekekalan.

Apakah ada solusi untuk hal ini?. Mungkin itu yang menjadi pertanyaan bagi setiap kita. Dan saya harus katakan bahwa tidak ada solusi lain selain harus menjaga hidup supaya berkenan.

Berkenan Kepada Allah.

Hidup berkenan kepada Allah-pun adalah merupakan tanggung jawab orang percaya yang harus di jalankan selama ia masih menghirup nafas hidup di dunia ini. Itulah kenapa firman Tuhan katakan “Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya”.

Itulah sebabnya firman Tuhan katakan “kerjakanlah keselamatanmu dengan takut dan gentar”. Ini artinya mengerjakan keselamatan itu merupakan bagian dari tanggung jawab kita sebagai orang percaya.

Ingat, sebelumnya diatas sudah saya katakan bahwa orang yang diberi banyak di tuntut banyak.

Lukas 12:48 Tetapi barangsiapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan. Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut.”

Dari penjelasan ini kita bisa memahami bahwa ternyata anugerah itu membuat kita harus hidup sebagai anak-anak Allah yang bertanggung jawab atas kehidupan kekal yang telah Allah berikan lewat pengorbanan Kristus.

Harga Yang Harus Dibayar

Disinilah setiap orang percaya, atau setiap anak-anak Allah harus sungguh-sungguh menyadari bahwa ada harga yang harus dibayar, selama kita menjalankan hidup di dunia ini.

Berapa Harga Yang Harus Dibayar

Kalau pertanyaannya, berapa harga yang harus dibayar?. Saya harus jujur katakan bahwa harga yang harus kita bayar, nilainya adalah segenap hidup kita. Artinya dengan demikian, kita tidak berhak lagi atas segenap hidup kita, sebab segenap hidup kita saat ini harus kita bayarkan untuk menjadi miliki Tuhan, dengan cara hidup benar, hidup kudus, dan itu juga artinya selama kita hidup, kita harus bertanggung jawab menjaga hidup berkenan kepada Allah, hidup hanya untuk melakukan kehendakNya.

Jangan Lupa Baca Juga Renungan :

Orang-orang Yang Memiliki Tuhan Yesus

Kiranya kebenaran ini membuat kita semakin menyadari bahwa sebagai orang percaya kita memiliki tanggung jawab yang tidak boleh kita abaikan, jika kita ingin berkenan dihadapan Allah Bapa di Sorga. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Artikel by Frank Tutu | Copyright © 2015 – Original Content | renunganhariini.com

tags: ,

Related For TANGGUNG JAWAB ORANG PERCAYA