TANPA KESUCIAN KITA TIDAK BERKENAN MASUK SORGA

RENUNGAN HARIAN 1454 Kali Dibaca

Renungan HarianTanpa Kesucian Kita Tidak Berkenan Masuk Sorga . Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Tema renungan hari ini adalah, Tanpa Kesucian Kita Tidak Berkenan Masuk Sorga.

Saudaraku kita harus mengucap syukur karena kita diperkenankan untuk mengenal Tuhan yang hidup, yaitu Allah yang menciptakan langit dan bumi ini. Allah yang kita kenal dan kita panggil didalam nama Tuhan Yesus Kristus. Allah yang akan menghakimi setiap orang yang hidup dan yang mati dengan adil dan tidak memandang muka. Itulah sebabnya, tanpa kesucian Kita tidak berkenan masuk Sorga.

Hal ini saya kemukakan merujuk pada ucapan Tuhan Yesus yang diucapkan-Nya di dalam Matius 22:14 Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih.”

Perkataan Tuhan Yesus ini diucapkan saat Ia memberikan perumpamaan tentang, hal kerajaan Sorga. Bila kita lihat didalam Matius 22.

Matius 22:2 “Hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja, yang mengadakan perjamuan kawin untuk anaknya. 22:3 Ia menyuruh hamba-hambanya memanggil orang-orang yang telah diundang ke perjamuan kawin itu, tetapi orang-orang itu tidak mau datang.

Orang-orang yang telah diundang tersebut menunjuk kepada orang-orang Yahudi, sebab merekalah umat pilihan Allah, dan sebagai umat pilihan Allah sesungguhnya mereka juga sudah terlatih untuk memiliki moral yang baik, dan ini merupakan gambaran dari pakaian pesta yang harus dikenakan. namun didalam perumpamaan ini dikatakan bahwa orang-orang yang telah diundang itu tidak mau datang.

Bahkan dikatakan didalam, Matius 22:4 Ia menyuruh pula hamba-hamba lain, pesannya: Katakanlah kepada orang-orang yang diundang itu: Sesungguhnya hidangan, telah kusediakan, lembu-lembu jantan dan ternak piaraanku telah disembelih; semuanya telah tersedia, datanglah ke perjamuan kawin ini.

Dan bahkan dikatakan didalam, Matius 22:5 Tetapi orang-orang yang diundang itu tidak mengindahkannya; ada yang pergi ke ladangnya, ada yang pergi mengurus usahanya, 22:6 dan yang lain menangkap hamba-hambanya itu, menyiksanya dan membunuhnya.

Yang terjadi kemudian adalah Raja itu begitu marah dan menyuruh hamba-hambanya untuk pergi dan mengundang siapa saja yang mereka jumpai, seperti yang di katakan didalam, Matius 22:8 Sesudah itu ia berkata kepada hamba-hambanya: Perjamuan kawin telah tersedia, tetapi orang-orang yang diundang tadi tidak layak untuk itu. 22:9 Sebab itu pergilah ke persimpangan-persimpangan jalan dan undanglah setiap orang yang kamu jumpai di sana ke perjamuan kawin itu. 22:10 Maka pergilah hamba-hamba itu dan mereka mengumpulkan semua orang yang dijumpainya di jalan-jalan, orang-orang jahat dan orang-orang baik, sehingga penuhlah ruangan perjamuan kawin itu dengan tamu.

Tanpa Kesucian Kita Tidak Berkenan Masuk Sorga

Ilustrasi : Renungan Harian Kristen | Tanpa Kesucian Kita Tidak Berkenan Masuk Sorga | renunganhariini.com

Orang-orang yang dipersimpangan jalan disini, menunjuk kepada bangsa-bangsa lain dari belahan dunia ini, temasuk kita semua sebagai orang percaya yang telah percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat hidup kita.

Namun tentu supaya kita menjadi orang yang layak masuk dan bisa mengikuti pesta perjamuan kawin yang telah disediakan itu maka, setiap kita harus berjuang untuk bisa memiliki standar moral yang baik seperti yang Allah kehendaki, yaitu tinggal didalam kekudusan Allah, dan ini merupakan gambaran dari pakaian pesta yang harus kita kenakan pada pesta perjamuan kawin tersebut.

Sebab orang yang tidak menguduskan dirinya, sama dengan orang yang tidak mengenakan pakaian pesta, dan ia akan diusir keluar dari pesta itu.

Hal ini seperti yang digambarkan didalam Matius 22:11 Ketika raja itu masuk untuk bertemu dengan tamu-tamu itu, ia melihat seorang yang tidak berpakaian pesta. 22:12 Ia berkata kepadanya: Hai saudara, bagaimana engkau masuk ke mari dengan tidak mengenakan pakaian pesta? Tetapi orang itu diam saja. 22:13 Lalu kata raja itu kepada hamba-hambanya: Ikatlah kaki dan tangannya dan campakkanlah orang itu ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.

Jadi saat kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat hidup kita, maka itu merupakan respon yang baik terhadap anugerah kasih karunia yang Allah berikan, supaya kita juga dilayakkan untuk masuk ke pesta perjamuan kawin Anak Domba Allah.

Akan tetapi yang diperlukan kemudian adalah betapa kita harus berjuang untuk bisa tetap tinggal didalam kekudusanNya, supaya saat Ia datang, Ia menemukan kita ada dalam keadaan siap, dan telah mengenakan pakain pesta yaitu kita tetap ada didalam kekudusan Allah.

Baca Juga Renungan

MEMPERSIAPKAN DIRI MENANTI KEDATANGAN TUHAN

Persoalannya sekarang adalah, ada begitu banyak orang percaya yang tidak sungguh-sungguh meresponi undangan Allah atau panggilan Allah.

Hal ini bisa terlihat bahwa banyak anak-anak Tuhan saat ini terlalu sibuk dengan apa yang bisa mereka nikmati sebagai bentuk kesenangan dunia, sibuk membangun bisnis, mengurus usahanya, seperti yang firman Tuhan gambarkan diatas, sehingga tidak memiliki waktu sama sekali untuk mencari Allah dengan sungguh-sungguh, dan ini sama dengan tidak menghormati Allah.

Sebab orang yang menghormati Allah, akan lebih mengutamakan panggilan Allah dari pada berbagai kesibukan dunia lainnya yang dilakukannya selama ini. Orang yang menghormati Allah akan sungguh-sungguh mencari Allah dan memaksa dirinya supaya tetap hidup dalam kekudusan Allah, karena ia sadar bahwa anugerah itu tidak akan datang untuk kedua kalinya.

Orang-orang yang tidak menghargai panggilan Allah, sama dengan tidak menghormati Allah secara pantas, padahal Allah memanggil setiap kita karena Ia tidak ingin melihat ada manusia ciptaanNya binasa didalam kekekalan.

Saudaraku, undangan sudah disampaikan, maukah kita datang untuk menghadiri pesta perjamuan kawin itu ?. Jika kita mau, maka persiapkanlah diri mulai saat ini untuk menantikan kedatanganNya, sebab sedikit waktu lagi Ia akan datang dan Ia tidak akan menunda kedatanganNya, tetapai saat Ia datang adakah Ia menjumpai kita didalam keadaan siap untuk dibawa masuk kedalam KerajaanNya?.

Ingat, tanpa kesucian kita tidak berkenan masuk Sorga. Oleh sebab itu, tinggalkan dunia dengan segala kesenangannya dan datanglah kepada Tuhan saat ini juga, sebelum terlambat, sebab orang-orang yang terlambat akan dibuang kedalam kegelapan abadi.

Kiranya kebenaran ini menyadarkan kita semua untuk mempersiapkan diri menanti-nentikan Tuhan sampai Ia datang. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin. renunganhariini.com.

tags: ,

Related For TANPA KESUCIAN KITA TIDAK BERKENAN MASUK SORGA