TERANG KEBENARAN

Sunday, December 15th 2013. | RENUNGAN HARIAN

terang kebenaranRenungan Hari Ini 15 Desember 2013 adalah, Terang Kebenaran. Sebelum membaca renungan ini mari kita berdoa bersama-sama.

Doa: Tuhan Yesus, saat kami membaca renungan ini, buatlah kami mengerti akan FirmanMu, supaya kami boleh hidup sesuai dengan FirmanMu, supaya kami boleh hidup dalam terang kebenaran, sama seperti Engkau yang Tuhan yang adalah terang. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa, Haleluya. Amin.

Bila saat ini seorang presiden dari sebuah negara membuat aturan dan perintah yang harus ditaati dengan konsekuensi, warga negara yang mentaati atau menuruti perintah dan aturan tersebut akan hidup dirumah yang nyaman dengan fasilitas hidup yang lengkap, dan yang tidak menuruti aturan dan perintah, harus hidup dibawah kolong jembatan yang begitu kotor dan kumuh dalam penderitaan yang luar biasa. Dapat dipastikan semua warga negaranya akan memilih untuk menuruti aturan dan perintah tersebut. Bagi setiap warga negara yang memilih untuk menuruti aturan dan perintah yang sudah ditetapkan oleh Prisiden, itu artinya ia menentukan pilihan yang tepat untuk hidupnya. Tentu semua orang menentukan pilihan yang tepat untuk kesenangan hidupnya karena pilihan itu telah nyata keadaannya, artinya bisa dilihat. Lalu bagaimana bila pilihan itu belum nyata keadaannya atau tidak terlihat secara nyata saat ini ?.

Sebenarnya setiap manusia saat ini sedang berada didalam situasi yang sama seperti gambaran diatas yaitu setiap manusia saat ini juga diperhadapkan dengan realitas hidup yang akan terjadi dimana diujung dari kehidupan ini setiap orang hanya memiliki dua kemungkinan, apakah ia akan masuk kedalam terang keabadian atau terbuang kedalam kegelapan abadi. Ini merupakan realitas hidup yang tidak dapat dihindari oleh siapapun dengan alasan apapun, sebab saat itu sudah tidak ada lagi kesempatan untuk mengubah segala sesuatu.

Realitas yang tidak dapat dihindari ini akhirnya menjadi pilihan untuk setiap manusia, dan tanpa disadari oleh setiap manusia, sebenarnya saat ini ia telah menentukan pilihannya apakah ia mau masuk kedalam terang keabadian atau masuk kedalam kegelapan abadi, karena pilihan itu sudah mulai ditentukan sekarang dan proses menentukan pilahan itu adalah bagaimana sesorang menjalani hidupnya sekarang, apakah saat ini ia memilih hidup takut akan Tuhan dan hidup dalam kebenaranNya, serta melakukan kehendakNya, atau ia memilih untuk hidup menurut keinginannya yang penuh dengan hawa nafsu dunia.

Untuk mengetahui pilihan mana yang sudah ditentukan oleh setiap orang percaya termasuk saudara dan saya maka saat ini mari kita jujur mengoreksi diri sendiri sesuai ketentuan berikut ini dan katakan dengan jujur kepada diri sendiri bahwa kita pantas berada dimana ?.

Sebelum melihat ketentuan yang berlaku untuk menentukan pilihan tersebut, maka saat ini saya ingin bertanya: “apakah saudara mengakui bahwa saat ini bahwa saudara adalah orang kristen atau orang percaya atau anak-anak Tuhan ?”, dapat dipastikan saudara akan menjawab “ya, atau amin”.

Sekarang pertanyaannya adalah “ percaya kepada siapa ?”, dapat dipastikan bahwa semua akan menjawab “percaya kepada Tuhan Yesus Kristus”. Bila demikian jawabannya maka Firman Tuhan katakan dalam 1 Yohanes 2:6 Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.

Ketentuannya adalah, wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup dan ciri dari kehidupan Kristus adalah;

  1. Kudus.
  2. Melakukan kehendak BapaNya di Sorga.
  3. Tidak mementingkan diri sendiri.
  4. Mau menderita bagi semua umat manusia.
  5. Penuh dengan belas kasihan.
  6. Tida mencintai dunia dengan segala isinya.
  7. Sempurna seperti Bapa di Sorga.
  8. Dll.

Ketentuan yang diatas adalah merupakan sebagian dari aturan dan perintah Tuhan yang wajib dituruti dan di lakukan oleh setiap orang percaya supaya boleh masuk kedalam terang kehidupan dan tidak boleh kurang, sebab bila kurang maka akan masuk kedalam kegelapan abadi, maka tentukan sendiri saat ini kira-kira sudah pantas atau belum engkau bisa masuk kedalam terang keabadian atau hidup kekal bersama Tuhan Yesus didalam kerajaan Bapa di Sorga.

Kebenaran ini seakan-akan menyudutkan setiap orang percaya atau orang kristen, tetapi sesungguhnya tidaklah demikian, karena apa yang merupakan perintah Tuhan tidak dapat diubah oleh siapapun, dan seharusnya kita bersyukur dengan kebenaran ini dimana Tuhan mau ingatkan kita semua sebagai orang percaya supaya memiliki cara hidup sama seperti Kristus hidup, sebab bila kurang dari standar yang sudah ditetapkan maka kita menjadi tidak sempurna, yang artinya kita juga tidak bisa masuk kedalam terang kehidupan abadi bersama dengan Tuhan.

Ingat standar kualitas hidup bagi setiap orang percaya atau orang kristen adalah sempurna sama seperti Bapa di sorga yang adalah sempurna, seperti yang dikatakan dalam Matius 5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.”

Selama ini banyak orang percaya atau orang kristen yang masih ingin menikmati dunia ini dengan segala isinya selalu berdali dengan berbagai macam alasan, salah satu alasan yang paling sering dikemukakan adalah “mana mungkin kita bisa hidup sama seperti Kristus , Dia kan Tuhan ?”. Keluar saat ini juga saudaraku dari setiap alasanmu, karena ketaatan Tuhan Yesus menuruti semua perintah BapaNya di Sorga dan melakukan kehendak BapaNya di Sorga, saat itu Tuhan Yesus ada didalam keadaan sebagai manusia biasa dan bukan sebagai Tuhan. Itulah yang Firman Tuhan katakan dalam Filipi 2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. 2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

Kalau Tuhan Yesus bisa, itu berarti semua orang percaya juga bisa hidup sama seperti Kristus hidup, persoalannya sekarang bukan bisa atau tidak bisa, tetapi apakah kita mau atau tidak mau dan itu yang menjadi persoalan, karena setiap orang percaya yang mau hidup sama seperti Kristus maka Allah Bapa disorga pasti memberikan kekuatan. Dan sebenarnya Firman Tuhan sudah menunjukan bagaimana caranya supaya setiap orang percaya bisa hidup sempurna. Didalam 1 Yohanes 2:5 Tetapi barangsiapa menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia. Jadi sekarang kita tahu bahwa untuk menjadi sempurna seperti Kristus itu caranya hanya satu yaitu hidup menuruti Firman Tuhan, kenapa tidak bisa sempurna karena tidak mau hidup sesuai Firman Tuhan.

Ingat pesan ini:

  1. Untuk bisa masuk didalam terang kehidupan di keabadian maka hiduplah sama seperti Kristus hidup.
  2. Tidak ada cara lain untuk menjadi sempurna sama seperti Kristus selain hidup menuruti FirmanNya.

Jika engkau diberkati dengan renungan ini, maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi. renunganhariini.com

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , , ,

Related For TERANG KEBENARAN