TIDAK BERSUNGUT-SUNGUT

RENUNGAN HARIAN 2901 Kali Dibaca

Renungan Harian Kristen – Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Tidak Bersungut-sungut akan menjadi topik renungan kita saat ini. Dalam menjalani hidup ini seringkali kita tidak menyadari kita lebih banyak mengeluh dan bersungut-sungut dari pada mengucap syukur. Cara hidup seperti ini sebenarnya sudah memberi gambaran bahwa kita mulai kalah dalam pertandingan iman yang diwajibkan, sebab sebagai orang percaya yang sadar bahwa hidup ini merupakan sebuah pertarungan maka apapun keadaan hidup yang kita hadapi, kita tahu bahwa inilah pertandingan yang harus kita lalui dan kita harus keluar sebagai pemenangnya.

Firman Tuhan katakan di dalam Filipi 2:14 Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan, 2:15 supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia, 2:16 sambil berpegang pada firman kehidupan, agar aku dapat bermegah pada hari Kristus, bahwa aku tidak percuma berlomba dan tidak percuma bersusah-susah.

Jadi apapun yang terjadi dalam hidup ini, kita harus tetap mengucap syukur dan bukan bersungut-sungut. Lalu sebenarnya apa yang membuat kita lebih banyak bersungut-sungut dari pada mengucap syukur?. Seringkali orang percaya bersungut-sungut karena apa yang diinginkannya tidak tercapai, apa yang ia mau tidak ia dapatkan, apa yang ia rencanakan gagal.

Hal-hal inilah yang membuat orang percaya lebih banyak bersungut-sungut. Kalau kita koreksi lagi maka semua hal yang dikejar hanyalah persoalan ambisi diri, persoalan keinginan hati, yang semuanya itu berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan jasmani dan kesenagan hidup.

Ini semua bisa terjadi karena iman percaya kita kepada Allah mulai goyah, dimana yang kita pandang adalah persoalan yang kita hadapi dan bukan memandang kepada Allah, sebab orang yang memandang persoalan hidupnya itu berarti ia tidak akan mampu melihat kuasa Allah, karena pada akhirnya persoalan itu menjadi lebih besar dan menutupi hati dan pikiran kita sehingga kita tidak bisa berpikir dengan jernih dan menaruh semua pengharapan dalam tangan Tuhan.

Tidak Bersungut-sungut

Ilustrasi : Tidak bersungut-sungut | renunganhariini.com

Akan menjadi berbeda jika ada persoalan yang kita hadapi, kita tetap memandang Allah karena kita tahu tidak ada sesuatu yang mustahil bagi Dia, kita tahu Dia-lah Allah yang sanggup melakukan segala perkara. Disinilah kita akan menjadi kuat, dan iman percaya kita semakin bertumbuh dan membuat kita bisa tetap berserah kepada Allah, menanti dengan setia petolongan Tuhan datang, karena Allah akan menolong selalu tepat pada waktunya.

Jadi bila pertolongan itu belum dinyatakan, kita harus sadar bahwa belum waktunya Tuhan, dan kita harus tetap bersabar menunggu waktu Tuhan dengan tetap berdoa dan mengucap syukur kepada Allah.

Firman Tuhan katakan di dalam Ratapan 3:26 Adalah baik menanti dengan diam pertolongan TUHAN.

Lalu bila kita periksa lagi kebenaran Firman Tuhan maka dikatakan di dalam Pengkhotbah 3:11 Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.

Kalau kita tetap diam dan terus mengucap syukur, sambil menantikan pertolongan Tuhan datang maka pengharapan itu tidak akan menjadi sia-sia, itulah kenapa firman Tuhan katakan mengucap syukurlah dalam segala hal.

Jadi saat ini sebagai orang percaya kita harus tetap sadar bahwa kita ada didalam pertandingan yang yang diwajibkan, oleh sebab itu kita harus berjuang untuk menang. Dan untuk menang kita harus mampu menjaga hati dan pikiran kita supaya tertuju kepada Tuhan sehingga kita tidak akan menjadi orang yang suka bersungut-sungut dengan keadaan hidup yang kita hadapi.

Ingatlah bahwa dunia ini bukan tujuan hidup kita, tetapi merebut hidup kekal itu yang menjadi tujuan hidup kita, supaya pada akhirnya kita tidak binasa di dalam kekekalan.

Jangan lupa untuk membaca juga : Pertandingan Yang Diwajibkan

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: ,

Related For TIDAK BERSUNGUT-SUNGUT