TIPU DAYA DUNIA

RENUNGAN HARIAN 2596 Kali Dibaca

Renungan Harian Kristen – Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Tipu Daya Dunia, akan menjadi tema renungan kita saat ini.

Kalau kita mau membuka mata hati kita untuk melihat keadaan dunia saat ini, maka sesungguhnya kita akan melihat dengan begitu jelas bukti dan pengaruh yang sangat kuat dari kuasa kegelapan yang berusaha untuk menguasai kehidupan manusia.

Tentu hal ini terjadi karena iblis tahu benar bahwa waktunya untuk menghadapi penghakiman sudah sangat dekat, sehingga ia berusaha untuk menyeret bagitu banyak manusia supaya bisa menjadi sekutunya, dan pada akhirnya akan terbuang bersama-sama dengannya kedalam kerajaan kegelapan yaitu api neraka.

Pengaruh kuasa kegelapan yang begitu kuat tersebut terjadi di hampir seluruh bidang kehidupan manusia mulai dari, ekonomi, politik, sosial dan budaya, musik, sinematografi, dan lain-lain. Oleh sebab itu sebagai orang percaya kita harus sadar bahwa dizaman inilah kekuatan iblis atau kekuatan kuasa kegelan itu dilipatgandakan untuk lebih luas menjangkau manusia supaya manusia bisa menjadi pengikut kuasa kegelapan.

Tipu daya dunia yang dikuasai oleh iblis dilakukan dengan berbagai cara sehingga tanpa sadar ada begitu banyak orang yang terbuai oleh tipu daya dunia ini dan pada akhirnya tenggelam didalam kenikmatan dunia, dan mulai menyerahkan seluruh hidupnya dalam kekuasaan iblis. Ironisnya banyak anak-anak Tuhan atau orang percaya yang tidak menyadari akan hal ini, sehingga merekapun ikut terjerumus didalamnya, karena tipu daya yang iblis tawarkan adalah merupakan kenikmatan dunia, yang bagi banyak orang termasuk orang percaya dipandang sebagai sebuah realita hidup.

Melihat kenyataan ini, seharusnya sebagai orang percaya kita sadar bahwa kita sedang ditipu oleh kuasa kegelapan. Itulah kenapa sebelum hal ini terjadi, Firman Tuhan sudah mengingatkan kita untuk berjaga-jaga. Persoalannya karena kita lebih banyak membiarkan hati kita terikat dengan dunia ini sehingga kita tidak menyadari bahwa sesungguhnya kita telah tertipu oleh liciknya kuasa kegelapan. Seringkali banyak orang percaya tidak menyadari akan hal ini karena mereka tidak sungguh-sungguh menyelidiki akan kebenaran Firman Tuhan dengan tekun.

Firman Tuhan katakan di dalam, I Petrus 5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. 5:9 Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.

Kalau Firman Tuhan sudah mengingatkan kita untuk sadar dan berjaga-jaga, maka kita harus mulai mengoreksi diri, supaya tidak membiarkan hati dan pikiran kita terikat dengan dunia dan dengan segala kesenangannya.

Tipu Daya Dunia

Ilustrasi : Renungan Harian Kristen | Tipu Daya Dunia | renunganhariini.com

Di zaman modern saat ini, iblis tidak akan memanifestasikan dirinya menjadi bentuk tertentu atau sosok tertentu yang bisa dilihat oleh mata jasmani manusia, melainkan ia memakai cara yang berbeda untuk bisa menyeret manusia kedalam kebinasaan, yaitu dengan cara menawarkan berbagai kenikmatan dunia kepada manusia, dan pada umumnya manusia akan lebih memilih untuk hidup menikmati kesenangan dunia ini.

Cara-cara yang dipakai oleh iblis ini lalu membuat manusia, khususnya orang-orang percaya akan melupakan tujuan hidup yang benar, sehingga kenikmatan dunia akan menjadi impian banyak orang percaya, dan inilah yang akan membuat mereka sulit melepaskan diri dari jerat kuasa kegelapan ini.

Disini kita disadarkan bahwa sebagai orang percaya kita memiliki tujuan hidup yang berbeda yaitu, orang percaya harus hidup didalam persekutuan yang benar dengan Allah di dalam ketaatan penuh. Bahayanya banyak anak-anak Tuhan atau orang percaya yang menganggap hidup mereka sudah benar, karena mereka akan berpikir yang penting sudah ke gereja setiap hari minggu itu sudah cukup, dan menikmati dunia merupakan bagian dari realita hidup. Ini yang sering saya katakan, sangat mengerikan.

Kalau ada orang percaya seperti ini, maka dapat dipastikan bahwa ia akan lebih memilih mencintai dunia dari pada mengasihi Allah.

Sebagai orang percaya kita harus menyadari mulai saat ini bahwa, hidup didalam percintaan dunia adalah merupakan kejahatan dimata Allah. Sebab yang dinamakan kejahatan itu adalah ketika kita mulai menjauhkan diri dari tujuan hidup yang benar yaitu, persekutuan yang benar dengan Allah didalam ketaatan penuh.

Ingat firman Tuhan katakan didalam (Yakobus 4:4) bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah. Jadi orang yang memilih bersahabat dengan dunia ini maka ia telah menjadikan dirinya musuh Allah. Dan orang-orang seperti ini, mereka tidak akan pernah lagi mengharapkan dunia yang akan datang yaitu, langit baru dan bumi baru, sebab mereka sudah merasa nyaman menikmati dunia ini, dan itulah yang membuat mereka tidak lagi memiliki kerinduan untuk berjumpa dengan Tuhan Yesus Kristus didalam Kerajaan-Nya, karena mereka telah memiliki kekasih hati yang baru yaitu dunia ini dengan segala kesenangannya.

Meraka lupa akan kebenaran ini, I Yohanes 2:15 Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. 2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. 2:17 Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

Jadi saat ini kita harus menyadari bahwa tipu daya dunia sedang menyeret kita kedalam kebinasaan kekal. Kalau saat ini kita menyadari bahwa keadaan hidup kita sudah terlanjur mencintai dunia, maka berbaliklah kepada Tuhan saat ini juga dan bertobatlah sekarang juga sebelum terlambat.

Jangan lupa baca juga renungan: Panggilan Untuk Melayani Tuhan

Kiranya kebenaran ini memberkati kita semua. Amin.

tags:

Related For TIPU DAYA DUNIA